Renovasi Stadion Mattoanging Segera Masuk Lelang Konsultan

Lelang konstruksi ditargetkan mulai pada Februari 2020

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga, mulai mempersiapkan pelaksanaan renovasi Stadion Mattoanging Makassar. Sebagai persiapan, Dispora telah mengajukan agar segera digelar lelang tender manajemen konstruksi.

Kepala Dispora Sulsel Andi Arwin Azis mengatakan, dokumen lelang diajukan melalui Biro Pembangunan Pemprov. Lelang ini bertujuan sebagai rekrutmen konsultan proyek.

"Kami berharap proses itu sudah mulai berjalan, sehingga tidak menunggu lama untuk lelang konstruksi," kata Arwin usai mengikuti rapat evaluasi di DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Rabu (8/1).

1. Lelang konstruksi ditarget jalan pada Februari

Renovasi Stadion Mattoanging Segera Masuk Lelang KonsultanKadispora Sulsel Andi Arwin Azis. IDN Times/Aan Pranata

Lelang manajemen konstruksi digelar untuk mencari konsultan yang bertugas sebagai perencana renovasi Stadion Mattoanging. Konsultan antara lain melaksanakan studi kelayakan, pemilihan desain, hingga penyusunan rencana pembangunan atau master plan.

Tugas pertama konsultan, kata Arwin, adalah mempersiapkan lelang tender pelaksana konstruksi. Lelang rencananya digelar terbuka pada Februari 2020.

"Kita berharap mulai proses lelang konstruksi di akhir Februari atau awal Maret. Sehingga diharapkan, sudah ada pemenangnya di akhir Maret," ucap Arwin.

2. Desain awal masih bisa berubah

Renovasi Stadion Mattoanging Segera Masuk Lelang KonsultanDesain awal renovasi Stadion Mattoanging Makassar. Dok. IDN Times/Istimewa

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah pernah membagikan melalui Instagram desain awal renovasi Stadion Mattoanging. Desain yang dikerjakan Yori Antar menunjukkan perubahan drastis wajah stadion kandang PSM Makassar.

Menurut Arwin, desain awal yang terinspirasi kapal pinisi, merupakan acuan renovasi stadion. Desain itu masih bisa berubah, seiring masukan dari konsultan kelak atau pun pihak lain.

Yang pasti, stadion bakal dirancang memenuhi standar olahraga internasional. Misalnya untuk lapangan sepak bola, bakal mengacu pada standar FIFA dan AFC.

"Metode yang kita terapkan mengacu pada 'desain-bid-build'. Di mana desain awal bisa berubah, karena banyak masukan yang mempengaruhi," Arwin menerangkan.

Baca Juga: Terinspirasi Kapal Pinisi, Begini Desain Renovasi Stadion Mattoanging

3. Gugatan YOSS tidak menghalangi persiapan renovasi

Renovasi Stadion Mattoanging Segera Masuk Lelang KonsultanSahrul Ramadan/IDN Times

Jelang renovasi Stadion Mattoanging, Pemprov Sulsel digugat oleh Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) selaku pengelola lama sarana tersebut. YOSS, melalui Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), menolak hak pengelolaan stadion dicabut sepihak oleh Pemprov.

Kadispora memastikan gugatan tersebut tidak menghambat persiapan renovasi. Pihaknya mengacu pada surat keputusan Gubernur, tentang pengelolaan stadion. SK itu pula yang menjadi dasar dalam pengajuan anggaran renovasi.

"Dasar kami untuk dasar pengerjaan di sana sudah jelas. Untuk gugatan juga bersifat administrasi, dan sudah disiapkan di Biro Hukum."

4. Dewan segera bahas gugatan YOSS

Renovasi Stadion Mattoanging Segera Masuk Lelang KonsultanKantor DPRD Sulsel. IDN Times/Aan Pranata

DPRD Sulsel, sebelumnya menerima surat aduan dari YOSS yang meminta renovasi Stadion Mattoanging ditunda. YOSS berharap sengketa hukum diselesaikan lebih dahulu.

Wakil Ketua Komisi E Ince Langke mengatakan, aduan itu segera diteruskan kepada Pemprov. Dewan akan meminta klarifikasi instansi yang berwenang soal gugatan hukum yang dihadapi. Sehingga, renovasi yang direncanakan tidak menemui kendala di kemudian hari.

"Kita akan rapat membahas secara mendalam di Komisi A dan E, berharap persoalan stadion selesai dengan baik. Sekarang kita tunggu jadwalnya dari pimpinan," kata Ince.

Baca Juga: DPRD ke Pemprov: Jernihkan Status Stadion Mattoanging Sebelum Renovasi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya