Petugas Basarnas Makassar Dilatih Operasi Bawah Air

Peningkatan kemampuan pertolongan dan pencarian

Makassar, IDN Times - Sebanyak 25 personel Basarnas Makassar mengikuti Latihan Satuan Under Water Rescue, dalam rangka peningkatan kemampuan dalam operasi pertolongan dan pencarian di bawah air. Kegiatan berlangsung di Pulau Samalona, Makassar, selama tiga hari, dari tanggal 23 hingga 25 Oktober 2023.

Kepala Kantor Basarnas Makassar Mexianus Bekabel menjelaskan bahwa program ini sangat penting, terutama bagi para rescuer. Pelatihan operasi pertolongan dan pencarian di bawah air jadi salah satu agenda rutin Basarnas Makassar.

"Program ini ditujukan terkhususnya kepada para rescuer karena nantinya ketika mereka dihadapkan pada situasi kecelakaan kapal dengan korban berada di dalam air, maka mereka wajib mengetahui tindakan apa yang mesti di kerjakan," ujar Mexianus saat menutup kegiatan, Rabu (25/10/2023).

Baca Juga: Basarnas Evakuasi Pendaki Cidera dari Gunung Bawakaraeng

1. Basarnas sekaligus menguji peralatan penyelamatan

Petugas Basarnas Makassar Dilatih Operasi Bawah AirBasarnas Makassar menggelar pelatihan untuk meningkatkan kemampuan rescuer dalam melakukan pertolongan dan pencarian di bawah air. (Dok. Basarnas Makassar)Basarnas Makassar menggelar pelatihan untuk meningkatkan kemampuan rescuer dalam melakukan pertolongan dan pencarian di bawah air. (Dok. Basarnas Makassar)

Mexianus mengatakan, selama tiga hari, rescuer Basarnas Makassar mendapatkan berbagai pelatihan. Di antaranya operasi pengangkatan korban di dalam air, peningkatan skill, serta penggunaan peralatan penyelamatan, seperti fish finder dan aqua eyes.

"Dan semua giat telah dilaksanakan dengan baik, semua personel telah melaksanakan giat tersebut dan peralatan telah di uji fungsikan dan tidak ada kendala saat pelaksanannya," tutup Mexianus.

2. Rescuer jadi ujung tombak operasi SAR

Petugas Basarnas Makassar Dilatih Operasi Bawah AirKepala Kantor Basarnas Makassar Mexianus Bekabel. (Dok. Basarnas Makassar)

Mexianus mengatakan, latihan dilakukan secara berkala sebagai bagian dari tugas Basarnas menghadapi pelaksanaan operasi SAR. Latihan berguna untuk meningkatkan kualitas personel Basarnas, khususnya para Rescuer yang memang menjadi ujung tombak pelaksanaan operasi sar.

"Kita melaksanakan latihan guna meningkatkan kualitas personel sehingga dalam pelaksanaan operasi bisa berjalan cepat, tepat, handal, dan aman," lanjutnya.

3. Basarnas Makassar sering jalankan operas penyelamatan di air

Petugas Basarnas Makassar Dilatih Operasi Bawah AirBasarnas Makassar menggelar pelatihan untuk meningkatkan kemampuan rescuer dalam melakukan pertolongan dan pencarian di bawah air. (Dok. Basarnas Makassar)

Kepala Operasi dan Siaga Basarnas Makassar Andi Sultan mengatakan, pelatihan melibatkan 25 personel, terdiri dari 22 peserta dan tiga panitia. Mereka berasal dari pegawai dan rescuer di Kantor Sar Makassar, Pos Sar Bone, Unit Siaga Sar Bantaeng dan Unit Siaga Sar Parepare.

"Peserta yang hadir gabungan dari Kantor Sar Makassar, Pos Sar, dan Unit Siaga Sar yang memang sering diterjunkan melaksanakan operasi sar, khususnya pencarian di bawah air", terang Sultan.

Sultan juga melaporkan bahwa Latihan Satuan Under Water Rescue ini sengaja dipilih berdasarkan intensitas kejadian kondisi membahayakan manusia yang ditangani Basarnas Makassar selama ini. "Sesuai dengan data pelaksanaan operasi sar, kondisi membahayakan manusia yang ditangani Basarnas Makassar didominasi kejadian orang tenggelam yang memang membutuhkan keterampilan penyelaman di bawah air," urai Sultan.

Baca Juga: Hujan di Makassar usai Kemarau Panjang, BMKG: Masih Musim Transisi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya