Comscore Tracker

Perluasan Bandara H Aroeppala Selayar Diusul Masuk PEN

Perluasan bandara untuk mendukung pengembangan pariwisata

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memasukkan perluasan Bandara H Aroeppala Kabupaten Selayar sebagai salah satu usulan Proyek Strategis Nasional.

Perluasan bandara itu berupa penambahan runway atau landasan pacu. Saat ini runway sepanjang 1.950 meter dan direncanakan menjadi 2.400 meter.

"Perluasan Bandara Aroeppala yang diusulkan masuk kedalam PSN ini jika disetujui akan menambah jumlah PSN yang sudah ada di Sulsel sebelumnya, yakni Makassar New Port dan Kereta Api," kata Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah, dikutip dari  laman Pemprov Sulsel, Sabtu (16/10/2021).

Baca Juga: 5 Spot Wisata Pantai di Pulau Selayar, Mirip Durdle Door Beach Inggris

1. Perluasan bandara agar pesawat jenis Boeing bisa mendarat

Perluasan Bandara H Aroeppala Selayar Diusul Masuk PENRunway Bandara H Aroeppala Selayar. Dok. Istimewa

Arafah menerangkan, usulan perluasan Bandara H Aroeppala Selayar akan ditinjau oleh Kementerian Perhubungan. Terdapat master plan yang merupakan pengambaran secara global rencana pengembangan ada induk, baik jangka pendek, menengah, dan panjang.

Bandara H Aroeppala diresmikan pada tahun 2000 sebagai bandara kelas III. Runway-nya berukuran 1.950 x 30 meter, dengan terminal seluas 2.268 meter persegi. Sejauh ini bandara bisa dimasuki pesawat jenis Cassa 212 dan ATR-72. Terdapat dua rute penerbangan Makassar-Selayar, yakni dengan maskapai Wings Air dan Transnusa. 

"Target perpanjangan ini adalah agar pesawat jenis Boeing bisa masuk," kata Arafah.

2. Estimasi anggaran belum diketahui

Perluasan Bandara H Aroeppala Selayar Diusul Masuk PENBandara H Aroeppala Selayar. Dok. Pemprov Sulsel

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyebutkan bahwa prosesnya sejauh ini masih terkait rencana proses hibah tanah atau lahan dari Pemprov ke Pemerintah Pusat. 

"Untuk anggaran belum ada estimasi karena kita masih koordinasi. Tugas kita sementara ini adalah menyerahkan lahan yang akan dipakai perluasan," katanya.

3. Perluasan bandara bisa mendukung pengembangan pariwisata

Perluasan Bandara H Aroeppala Selayar Diusul Masuk PENinstagram/ceritajahe

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Sulsel, Andi Darmawan Bintang menerangkan, salah satu tujuan dari perluasan ini adalah mendukung Selayar sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sulsel. 

"Pengembangan Bandara Selayar itu memang salah satunya untuk tujuannya kepariwisataan. Di mana kita kembangkan, termasuk mendukung KEK. Untuk menunjang itu dan mempercepat pembangunan inftarstuktur," jelasnya.

Pembangunan ini diusulkan masuk sebagai bagian dari PSN, sehingga menjadi bagian dari tanggung jawab Pemerintah Pusat. Dngan asumsi mengurangi beban daerah untuk pembangunan infrastruktur.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Selayar yang Memanjakan Liburanmu

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya