Pecahkan Rekor, Lifter Rahmat Erwin Raih Emas SEA Games

Rahmat pertajam rekor angkatannya di Olimpiade Tokyo

Makassar, IDN Times - Lifter asal Sulawesi Selatan Rahmat Erwin Abdullah menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di SEA Games Vietnam 2021. Dia memastikan jadi yang terbaik di nomor 73 kilogram putra.

Rahmat Erwin meraih medali emas usai mencatatkan skor tertinggi pada partai final yang digelar di Hanoi Sports Training and Competition Center, Vietnam, Sabtu (21/5/2022). Dia unggul atas wakil Thailand, Anucha Doungsri yang harus puas dengan medali perak, serta lifter Malaysia yang meraih medali perunggu.

Baca Juga: Trio Karateka Sulsel Turut Sumbang Emas SEA Games untuk Indonesia

1. Rahmat Erwin pecahkan rekor SEA Games

Pecahkan Rekor, Lifter Rahmat Erwin Raih Emas SEA GamesLifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah melakukan angkatan clean and jerk dalam kelas 73 kg Putra Grup B Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang, Rabu (28/7/2021). Rahmat Erwin Abdullah berhasil meraih medali perunggu dengan total angkatan 342 kg. (ANTARA FOTO/NOC Indonesia)

Rahmat Erwin menjadi jawara setelah mencatatkan total angkatan 345 kilogram. Dia mencatat masing-masing angkatan 155 kg snatch dan 190 kg pada clean and jerk.

Rahmat mempertajam rekornya pada SEA Games 2019 lalu. Saat itu dia mencatat angkatan 145 kg snatch dan 177 kg pada clean and jerk. Angkatan Erwin kali ini bahkan melebihi catatannya saat meraih medali perunggu pada Olimpiade Tokyo 2020.

2. Para atlet Sulsel penyumbang medali emas

Pecahkan Rekor, Lifter Rahmat Erwin Raih Emas SEA GamesTrio karateka Sulsel meraih medali emas di SEA Games Vietnam. (Dok. Istimewa)

Di SEA Games Vietnam, sejumlah atlet asal Sulsel turun mewakili Indonesia dan dijagokan meraih medali. Beberapa di antaranya bahkan sudah mempersembahkan emas.

Duo atlet sepak takraw Sulsel, yakni Muhammad Herdiansyah Muliang dan Rusdi dulu mempersembahkan emas. Mereka mewakili Indonesia di nomor double putra. Lalu ada atlet dayung Anwar Tarra menyumbang tiga emas.

Medali emas turut disumbangkan trio karateka Sulsel, yakni Albiadi, Andi Tomy Aditya Mardana, dan Andi Dasril Dwi Dharmawan. Mereka jadi yang terbaik di nomor kata beregu putra.

"Kami optimis masih ada atlet-atlet Sulsel yang akan memberikan kontribusi medali terhadap tim indonesia di Sea Games Vietnam," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel Andi Arwin Aziz.

3. Dispora Sulsel upayakan bonus bagi atlet peraih medali

Pecahkan Rekor, Lifter Rahmat Erwin Raih Emas SEA GamesTimnas sepak takraw Indonesia yang diperkuat atlet Sulsel meraih medali emas di SEA Games Vietnam. (Dok. Istimewa)

Arwin menuturkan, Dispora Sulsel sementara mempersiapkan usulan bonus bagi atlet paraih medali pada ajang Sea Games Vietnam. Bonus akan diusulkan sekaligus setelah pelaksanaan SEA Games.

"Kami sementara menunggu hasil akhir dari pelaksanaan SEA Games. Sehingga pengusulan dilakukan secara sekaligus. Karena pada SEA Games sebelumnya di Manila, Pemprov Sulsel memberikan bonus atlet peraih medali. Diserahkan oleh Gubernur Andi Sudirman Sulaiman yang kala itu masih menjadi Pelaksana Tugas," kata Arwin.

"Bapak Gubernur juga sudah memberikan arahan agar senantiasa memberikan perhatian kepada atlet-atlet yang berprestasi di tingkat nasional maupun internasional," ucap Arwin.

Baca Juga: Sukses Raih Emas SEA Games 2021, Eko Yuli Tantang Juniornya

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya