Comscore Tracker

Nurdin Abdullah: Ada Menteri asal Sulsel

Nurdin isyaratkan calon menteri asal Sulsel itu tokoh agama

Makassar, IDN Times - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berencana mengumumkan daftar kabinet menteri pada Senin (21/10). Sejauh ini belum ada keterangan resmi soal siapa saja yang ditunjuk Presiden Jokowi sebagai menteri pada periode kedua.

Jelang pengumuman, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah membocorkan soal kemungkinan pejabat menteri. Dia mengisyaratkan bakal ada tokoh asal daerahnya yang bakal ditunjuk oleh Jokowi untuk mengisi kabinet.

"Insya Allah ada. Tokoh agama," kata Nurdin saat diawancarai wartawan usai pelantikan pimpinan DPRD Sulsel di Makassar, Senin (21/10).

Baca Juga: Bupati Minahasa Selatan Datangi Istana

1. Baru satu bocoran menteri asal Sulsel

Nurdin Abdullah: Ada Menteri asal SulselANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Nurdin Abdullah tidak mengungkapkan siapa tokoh asal Sulsel yang dimaksud. Dia juga enggan menyebutkan inisial.

Menurut informasi yang diterima Nurdin, sejauh ini baru ada satu tokoh Sulsel yang kemungkinan bakal masuk kabinet Jokowi. "Baru satu. Tunggu saja, tokoh agama," ucapnya.

2. Nama Syahrul Yasin Limpo juga ramai disebut

Nurdin Abdullah: Ada Menteri asal SulselInstagram/SyahrulYasinLimpo

Selain tokoh agama yang diisyaratkan Nurdin Abdullah, Syahrul Yasin Limpo juga ramai disebut bakal masuk kabinet Jokowi. Syahrul menjabat Gubernur Sulsel periode 2008-2018, dan kini berstatus kader Partai NasDem.

Soal kemungkinan itu, Nurdin Abdullah enggan berkomentar banyak. "Alhamdulillah, kita doakan," kata Nurdin saat ditanya soal peluang Syahrul.

3. Di periode sebelumnya sempat ada dua menteri asal Sulsel

Nurdin Abdullah: Ada Menteri asal SulselIDN Times/Kementan

Tokoh Sulsel selalu mengisi kabinet menteri pada sejumlah periode pemerintahan. Termasuk pada periode pertama Jokowi, tahun 2014-2019.

Pada periode pertama, Sulsel diwakili satu orang, yakni Amran Sulaiman yang bertugas sebagai menteri pertanian. Sempat ada dua orang Sulsel saat Idrus Marham ditunjuk sebagai menteri sosial, namun dia tidak lama menjabat. Idrus terseret kasus korupsi.

Baca Juga: Hukuman Idrus Marham Diperberat Jadi 5 Tahun Penjara 

Baca Juga: Tanpa El Nino, Makassar Capai Suhu Tertinggi Sepanjang Sejarah

Topic:

  • Irwan Idris
  • Ita Lismawati F Malau

Just For You