Comscore Tracker

Nelayan Barru Dukung Ganjar Nyapres, Singgung Program Asuransi

Program Ganjar di Jateng diharapkan menjangkau lebih luas

Makassar, IDN Times - Kelompok relawan Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan melanjutkan penggalangan dukungan masyarakat pesisir untuk kandidat calon presiden Ganjar Pranowo. Mereka menggelar deklarasi dukungan di pesisir Matene, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Rabu (10/8/2022).

Wakil Sekretaris Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel Muhammad Arafah mengatakan, deklarasi dihadiri seratusan nelayan asal berbagai desa di Barru. Mereka hadir menyatakan dukungannya bagi Ganjar agar mencalonkan diri pada Pemilihan Presiden 2024.

"Para nelayan mendukung karena sudah mengenal Ganjar sebagai sosok pemimpin yang sangat memperhatikan nasib nelayan, khususnya nelayan kecil di pelosok daerah," kata Arafah dalam keterangannya, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: Relawan Mak Ganjar Zikir Doakan Ganjar Pranowo Jadi Presiden

1. Nelayan tertarik program asuransi

Nelayan Barru Dukung Ganjar Nyapres, Singgung Program AsuransiGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Arafah mengatakan, kelompok nelayan tertarik dengan kepemimpinan Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah. Di sana, Ganjar menginisiasi program jaminan asuransi kecelakaan bagi nelayan, baik di darat maupun di laut. Kata Arafah, sekitar 10 ribu nelayan Jawa tengah sudah terjangkau Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) dari Pemprov Jawa Tengah.

"Bapak Ganjar Pranowo selalu berupaya mencari solusi untuk kesejahteraan nelayan. Hal ini terbukti dari kebijakan yang diterapkannya saat memimpin Jawa Tengah," kata Arafah.

2. Berharap program asuransi menjangkau lebih luas

Nelayan Barru Dukung Ganjar Nyapres, Singgung Program AsuransiNelayan di pesisir Matene, Kecamatan Tanete Rilau, Barru, memakai kaos dukungan untuk Ganjar Pranowo sebagai kanddiat calon presiden. (Dok. Istimewa)

Menurut Arafah, program asuransi nelayan hanya salah satu bukti kepedulian Ganjar Pranowo kepada masyarakat. Dia pun berharap program-program seperti itu bisa menjangkau lebih luas.

Arafah mengatakan deklarasi dukungan di kalangan nelayan bakal berlanjut di daerah lain di Sulsel. "Ke depan, kami akan terus mengkonsolidasikan dukungan bagi sosok Bapak Ganjar ke nelayan-nelayan lainnya yang berada di pesisir Sulawesi Selatan," ucap Arafah.

3. Nelayan mengeluhkan harga jual anjlok

Nelayan Barru Dukung Ganjar Nyapres, Singgung Program AsuransiIlustrasi hasil tangkap nelayan. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Dalam gelaran deklarasi tersebut, panitia membagikan paket sembako  bagi para nelayan. Salah satu nelayan, Ashar (52) menyebut bantuan itu jadi pelipur lara, sebab nelayan menghadapi anjloknya harga jual hasil melaut mereka belakangan ini

"Rajungan misalnya. Harga normal itu kita jual Rp90 ribu per kilo. Namun beberapa bulan terakhir harganya anjlok jadi hanya Rp 20 ribu perkilo," ujarnya.

Baca Juga: Bawaslu Sulsel Ungkap Cara Cegah Pelanggaran ASN saat Pemilu 2024

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya