Musim Haji, Pertamina Jamin Pasokan Avtur di Bandara Hasanuddin

40 kelompok terbang jemaah akan melalui Embarkasi Makassar

Makassar, IDN Times - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi, menjamin pasokan avtur untuk penerbangan haji tahun 2019 dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan. Bandara ini akan mulai memberangkatkan jemaah haji secara bertahap pada Minggu (7/7). 

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR VII Hatim Ilwan mengatakan, terdapat 40 penerbangan dari Makassar menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi selama musim haji tahun 2019. Pemberangkatan berlangsung hingga 6 Agustus 2019. Sedangkan periode kepulangan jemaah berlangsung antara 17 Agustus hingga 16 September mendatang.

“Insya Allah kami siap memenuhi kebutuhan avtur untuk penerbangan musim haji tahun ini,” kata Hatim melalui siaran pers yang diterima IDN Times di Makassar, Jumat (5/7).

Baca Juga: 18 Ribu Calon Haji Siap Berangkat via Embarkasi Hasanuddin Makassar

1. Pasokan avtur khusus untuk penerbangan haji mencapai 8 ribu kilo liter

Musim Haji, Pertamina Jamin Pasokan Avtur di Bandara HasanuddinIDN Times/ Helmi Shemi

Dalam menjaga ketersediaan avtur di Bandara Hasanuddin Makassar, Pertamina menyiagakan Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara (DPPU).  Terdapat empat tangki timbun avtur dengan total kapasitas 14.250 kilo liter. 

Ketahanan pasokan juga semakin aman dengan status DPPU, yang sudah terintegrasi dengan Terminal BBM Makassar. Khusus terminal ini, tersedia empat unit tangki timbun dengan kapasitas masing-masing mencapai 2 ribu KL.

Pada tahun ini DPPU Hasanuddin akan menyiapkan pasokan avtur khusus kebutuhan penerbangan haji sekitar 8.070 KL. Jumlah itu disiapkan untuk penerbangan keberangkatan dan kepulangan. "Jumlahnya mengalami kenaikan hampir lima persen jika dibandingkan musim haji tahun lalu yang konsumsinya mencapai 7.708 KL,” kata Hatim. 

2. Sebelas unit mobil tangki avtur disiagakan

Musim Haji, Pertamina Jamin Pasokan Avtur di Bandara HasanuddinANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Hatim menjelaskan bahwa DPPU Hasanuddin beroperasi selama 24 jam untuk melayani kebutuhan avtur pesawat. Depot didukung sebelas unit mobil tangki avtur yang berfungsi sebagai penghubung atau 'bridger'. Kesebelas unit mobil tangki Avtur tersebut masing-masing memiliki kapasitas 16 KL (satu unit), kapasitas 24 KL (sembilan unit), serta satu unit berkapasitas 21 KL.

Hatim menyampaikan terima kasih kepada Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan yang akan memberangkatkan jemaah haji dari Embarkasi Makassar. Sebab maskapai dianggap menunjukkan kepercayaan untuk selalu menggunakan produk Pertamina guna memenuhi kebutuhan bahan bakar pesawatnya.

“Kami juga mendoakan supaya seluruh jemaah haji menjadi haji mabrur dan kembali ke Tanah Air dengan selamat,” ujarnya.

3. Tahun ini 18 ribu jemaah haji berangkat melalui Bandara Hasanuddin

Musim Haji, Pertamina Jamin Pasokan Avtur di Bandara HasanuddinIDN Times/Aan Pranata

Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Embarkassi Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan, siap menyambut musim haji 1440 Hijriah tahun 2019. Tahun ini Embarkasi Hasanuddin akan menampung total 18.171 calon haji dari delapan provinsi di Indonesia bagian timur.

Embarkasi Hasanuddin bakal memberangkatkan jemaah haji secara berkala dalam 40 kloter. Selain Sulsel, jemaah berasal dari Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

"Hari ini kita telah melaksanakan apel siaga dalam rangka persiapan pemberangkatan haji Embarkasi Hasanuddin Makassar. Baik sarana, prasarana, dan sistem, seratus persen siap. Tinggal menunggu hari H," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan Anwar Abubakar kepada wartawan di Makassar, Rabu (3/7).

Baca Juga: Jemaah Haji Sulsel Belum Bisa Rekam Biometrik

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya