Comscore Tracker

MIWF Mencari 5 Penulis Kawasan Timur Indonesia, Kamukah?

MIWF akan kembali digelar pada 24-27 Juni 2020

Makassar, IDN Times - Festival sastra terbesar di Indonesia timur, Makassar International Writers Festival (MIWF) akan kembali digelar pada 24-27 Juni 2020. Bertepatan dengan perayaan satu dekade, MIWF kembali akan membuka program unggulan, yaitu mencari llima penulis dari kawasan timur Indonesia (KTI).

“Setiap tahun kami mengundang bakat-bakat dari Indonesia Timur ke MIWF untuk menjadi tamu khusus festival. Ini adalah peluang menjadi tamu khusus kami,” kata Direktur MIWF, Lily Yulianti Farid pada siaran pers yang diterima Jumat (21/2).

Baca Juga: MIWF Mengecam Razia Buku di Makassar

1. Program ini terbuka untuk penulis muda

MIWF Mencari 5 Penulis Kawasan Timur Indonesia, Kamukah?MIWF mencari 5 Penulis KTI. Dok. MIWF

MIWF membuka seleksi program Penulis KTI bagi masyarakat umum. Syaratnya, warga negara Indonesia berusia 17-35 tahun, dan berasal dari wilayah KTI yang meliputi Sulawesi, Papua, Nusa Tenggara, Maluku, dan Kalimantan.

Peserta seleksi harus pernah menulis karya sastra berupa puisi, cerpen, novel, naskah drama, atau skenario film. Bentuknya berupa buku, kumpulan tulisan yang diterbitkan di media massa, atau kumpulan naskah yang belum terbit.

Lily mengatakan, penulis yang karyanya sudah diterbitkan dalam bentuk buku, dapat mengirimkan ke Panitia Penulis KTI MIWF, di Jalan Bonto Nompo Nomor 12 A Makassar, Sulawesi Selatan. Sedangkan penulis yang belum menerbitkan buku, bisa mengirimkan lima naskah sastra terbaiknya.

“Karya dikirimkan melalui email dengan alamat infoemergingwriters@gmail.com, dengan menuliskan subjek email “karya penulis Indonesia Timur MIWF 2020,” Lily menerangkan.

2. Penulis terpilih diundang dan terlibat di MIWF 2020

MIWF Mencari 5 Penulis Kawasan Timur Indonesia, Kamukah?Flickr/Rumata Artspace

Panitia MIWF menerima pengiriman karya sejak 13 Februari hingga 30 April 2020. Lima penulis yang terpilih akan diumumkan pada 6 Mei 2020 di media sosial MIWF, serta dihubungi melalui email dan telepon.

Penulis terpilih yang berdomisili di luar Makassar, akan ditanggung biaya transportasi dan akomodasinya selama MIWD 2020 berlangsung.

3. MIWF memasuki tahun kesepuluh

MIWF Mencari 5 Penulis Kawasan Timur Indonesia, Kamukah?Flickr/Rumata Artspace

MIWF di bawah naungan Rumata’ Artspace, merupakan festival literasi yang mendatangkan sejumlah penulis baik regional, nasional hingga internasional dengan berbagai kegiatan yang diperuntukkan bagi warga secara terbuka.

MIWF menawarkan beragam program yang menghubungkan penulis, seniman, aktivis, penerbit, pembaca, kaum muda, dan khalayak umum. Semua acara bisa kamu akses secara gratis, meski beberapa di antaranya tersedia dengan kuota terbatas.

Seperti tradisi sejak awal digelarnya MIWF di tahun 2011, MIWF selalu memilih penulis muda dari kawasan timur Indonesia untuk ambil bagian dalam perayaan tahunan. 

Baca Juga: Tahun Kesembilan, MIWF Usung Tema "People"

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya