Lowong 3 Tahun, Gubernur Lantik Wakil Bupati Barru

Mantan Sekda Nasruddin AM dipilih lewat paripurna DPRD

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Selasa (17/9) resmi melantik Nasruddin AM sebagai Wakil Bupati Kabupaten Barru untuk sisa waktu periode jabatan 2016-2021. Jabatan Wakil Bupati Barru sebelumnya lowong sejak 6 September 2016.

Nasruddin merupakan mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Barru. Dia pensiun dini pada Agustus 2019 setelah terpilih menjadi Wakil Bupati lewat sidang paripurna di DPRD setempat.

Pelantikan Nasruddin digelar di Gedung Islamic Center Barru, disaksikan Bupati Barru Suardi Saleh. Gubernur membacakan sumpah jabatan bagi Wabup sesuai amanah dari Kementerian Dalam Negeri.

"Saya Gubernur Sulawesi Selatan atas nama Kementerian Dalam Negeri saya melantik Nasruddin AM sebagai Wakil Bupati Barru," kata Gubernur lewat keterangan pers yang diterima IDN Times, Selasa (17/9).

1. Wabup akan menjabat hingga Februari 2021

Lowong 3 Tahun, Gubernur Lantik Wakil Bupati BarruIDN Times/Istimewa

Posisi Wabup Barru kosong sejak 6 September 2016 karena pejabat saat itu Suardi Saleh dilantik sebagai Bupati. Suardi menggantikan Idris Syukur yang diberhentikan setelah dijatuhi hukuman penjara dalam kasus tindak pidana korupsi.

Masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Barru dimulai sejak 17 Februari 2016. Itu artinya Bupati dan Wabub bakal menjabat hingga 17 Februari 2021, sesuai masa kerja lima tahun.

"Mari kita sama-sama mengawal pemerintah kabupaten Barru ini. Karena setelah dilantik Wakil Bupati Barru ini, bisa menambah energi baru bagi kabupaten Barru,” ucap Gubernur.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Kunjungi Lokasi Banjir di Kabupaten Barru

2. Nasruddin dipilih mayoritas Anggota DPRD Barru

Lowong 3 Tahun, Gubernur Lantik Wakil Bupati BarruIDN Times/Istimewa

Nasruddin AM dipilih sebagai Wakil Bupati lewat rapat paripurna di DPRD Barru, 15 Agustus 2019. Dia dipilih oleh 18 dari total 25 Anggota DPRD.

Saat pemilihan, Nasruddin unggul dibandingkan kandidat lain Rusdi Hidayat Jufri, yang memperoleh tiga suara. Sedangkan empat orang tidak hadir.

3. Pemda Barru diminta maksimalkan potensi pariwisata

Lowong 3 Tahun, Gubernur Lantik Wakil Bupati BarruIDN Times/Istimewa

Pada pelantikan Wabup, Gubernur Nurdin Abdullah mengajak seluruh pemangku kebijakan untuk mendukung penuh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Barru. Dia menyebut Barru sebagai daerah dengan banyak potensi pariwisata. Pemerintah Daerah diharapkan membangun kolaborasi untuk menghadirkan investasi, guna mendorong pembangunan infrastruktur yang berujung peningkatan wisatawan.

“Barru ini harus menjadi daerah destinasi wisata. Mari pak bupati dan pak wakil bupati kita kolaborasi untuk menghadirkan investasi yang lebih besar lagi. Untuk mewujudkan itu maka kita harus bekerja kolaborasi,” kata Nurdin.

Baca Juga: Banjir Landa Barru, Satu Warga Tewas

Baca Juga: Gubernur Sulsel Kunjungi Lokasi Banjir di Kabupaten Barru

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya