Ditangkap, Pria Ini Jauh-jauh dari Makassar ke Toraja untuk Curi Motor

Pelaku butuh waktu sepuluh hari untuk mengintai sasaran

Makassar, IDN Times - Ada ungkapan bahwa kejahatan bisa terjadi karena ada niat si pelaku. Seperti pria satu ini, yang betul-betul niat mencuri. Tak tanggung-tanggung, dia rela menempuh perjalanan 295 kilometer untuk menunaikan rencana jahatnya.

Adalah AAW, warga Jalan Perumnas Antang, Kota Makassar, yang ditangkap polisi karena dugaan pencurian sepeda motor. Lokasi pencurian berjarak 7 jam perjalanan dari Makassar, tepatnya di Makale, Tana Toraja.

1. Pelaku ditangkap tanpa perlawanan

Ditangkap, Pria Ini Jauh-jauh dari Makassar ke Toraja untuk Curi MotorDok. IDN Times/Istimewa

Kepala Sub Bagian Humas Polrestabes Makassar Kompol Alex Dareda mengatakan, AAW ditangkap di Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar, oleh tim tabungan Resmob Polres Tana Toraja, yang dibantu Tim Khusus Polda Sulsel dan Resmob Polsek Panakkukang, Sabtu (12/10). Keberadaannya di Makassar terpantau setelah membawa kabur satu unit sepeda motor jenis 'matic' di Toraja.

AAW diringkus saat tengah berada di depan Rumah Sakit Siloam. Dia tidak berkutik saat aparat mengungkapkan alasan penangkapan.

"Pelaku berhasil diamankan tanpa perlawanan," kata Alex di Makassar, Sabtu (12/10).

2. Pelaku butuh waktu sepuluh hari mengintai sasaran

Ditangkap, Pria Ini Jauh-jauh dari Makassar ke Toraja untuk Curi MotorIDN Times/Sukma Shakti

Menurut keterangan awal, AAW mengakui perbuatannya mencuri sepeda motor. Sebelum beraksi, dia berangkat dari Makassar dan tiba di kamar indekos temannya, di Jalan Starda Baru, Kecamatan Makale, Toraja.

Pelaku berada selama sepuluh hari di Toraja. Selama itu, dia berkeliling mengintai rumah warga yang sunyi. Dia pun beraksi saat menemui sasaran berupa sepeda motor yang terparkir di halaman sebuah rumah.

"Pelaku langsung masuk di halaman rumah mengambil motor dengan menggunakan kunci T, tanpa sepengetahuan korban," ucap Alex.

Baca Juga: Polda Sulsel Gagalkan Pengiriman Sabu via Pesawat Terbang

3. Polisi membawa pelaku kembali ke Toraja

Ditangkap, Pria Ini Jauh-jauh dari Makassar ke Toraja untuk Curi MotorIDN Times/Sukma Shakti

Usai ditangkap di Makassar, pelaku kini dibawa ke Kantor Polres Tana Toraja untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Polisi juga masih menginterogasi pelaku seputar motitf dan modusnya mencuri sepeda motor.

Soal barang bukti motor 'matic' merah yang dibawa kabur, polisi juga masih mendalami keterangan pelaku. Diduga motor sudah dijual atau sengaja disembunyikan.

Baca Juga: Curi Laptop Warga Pinrang, TNI Gadungan Diringkus Timsus Polda Sulsel 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya