Di Depan Jokowi, Sudirman Ungkap Daerah Terisolir di Tengah Makassar

Lakkang cuma bisa diakses dengan perahu

Makassar, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berkunjung ke Sulawesi Selatan untuk sejumlah agenda hari ini, Kamis (18/3/2021). Salah satunya meresmikan Kolam Regulasi Nipa-nipa.

Kolam ini terletak di wilayah perbatasan tiga daerah, yakni Kota Makassar, Kabupaten Maros, dan Kabupaten Gowa. Penampungan air ini jadi salah satu upaya menanggulangi banjir di Kota Makassar.

Presiden meresmikan Kolam Regulasi Nipa-nipa didampingi Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Pada kesempatan itu Sudirman sekaligus menyampaikan perkembangan sejumlah proyek strategis di daerahnya.

"Hari demi hari kami melihat pembangunan yang Bapak Presiden lakukan," kata Sudirman pada sambutannya.

Baca Juga: Diresmikan Jokowi, Proyek Bandara Toraja Potong Tiga Bukit

1. Sudirman curhat soal daerah terisolir di tengah Makassar

Di Depan Jokowi, Sudirman Ungkap Daerah Terisolir di Tengah MakassarDaerah delta Lakkang di tengah Makassar. Google Maps

Dalam sambutannya, Sudirman menceritakan rencana Pemerintah Provinsi menggarap sejumlah proyek di Sulsel. Salah satunya membuka akses bagi Lakkang, daerah terisolasi di tengah Kota Makassar.

Lakkang merupakan delta di Kecamatan Tallo. Wilayah perkampungan warga di Lakkang dikelilingi aliran Sungai Tallo. Untuk mengakses daerah itu dari kawasan lain di Makassar, harus menempuh jalur sungai dengan rakit.

"Jadi di tengah Makassar ada pulau di tengah kota, namanya Lakkang," kata Sudirman.

2. Pemprov ingin membangun akses jalan menuju Lakkang

Di Depan Jokowi, Sudirman Ungkap Daerah Terisolir di Tengah MakassarWakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Asrhawi Muin

Sudirman kemudian mengungkapkan rencana Pemprov bersama Pemerintah Kota Makassar untuk membuat akses jalan inspeksi kanal dari dan menuju Lakkang. Dia berharap pemerintah pusat ikut membantu.

"Sehingga bisa langsung mengakses ke pulau itu, sehingga mereka tidak jadi terisolasi di tengah kota Makassar," ucapnya.

3. Presiden resmikan sejumlah infrastruktur di Sulsel

Di Depan Jokowi, Sudirman Ungkap Daerah Terisolir di Tengah MakassarPesawat mendarat di Bandara Buntu Kubik Tana Toraja, Rabu (30/9/2020). Humas Pemprov Sulsel

Presiden Joko "Jokowi" berkunjung ke Sulsel selama satu hari. Presiden diagendakan meresmikan sejumlah infrastruktur serta meninjau vaksinasi massal, di Kota Makassar dan Tana Toraja.

Tiba di Bandara Toraja, Presiden langsung meninjau fasilitas terminal bandara tersebut serta meresmikannya. Dari sana dia meninjau vaksinasi massal di Puskesmas Ge’tengan yang terletak di Kecamatan Mengkendek.

Dari Toraja, Presiden Jokowi dan rombongan menuju Makassar. Presiden meninjau vaksinasi massal di Hotel Dalton. Agenda kegiatan kemudian dilanjutkan dengan peresmian kolam regulasi Nipa-Nipa, di perbatasan Makassar dengan Gowa dan Maros.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Vaksinasi di Sulsel Hari Ini

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya