Comscore Tracker

Capaian Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Sulsel Baru 8,6 Persen

Capaian vaksinasi tertinggi tercatat di Kabupaten Soppeng

Makassar, IDN Times - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan mencatat capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun di daerahnya sudah 8,64 persen dari target.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sulsel Husny Thamrin mengatakan, capaian tertinggi tercatat di Kabupaten Soppeng, yakni 67,72 persen.

"Kemudian disusul oleh Kota Palopo 47,61 persen dan Luwu Timur 41,38 persen. Ada juga daerah yang capaiannya masih sangat minim, bahkan belum sampai 1 persen," kata Husny dikutip dari Antara, Selasa (25/1/2022).

Baca Juga: 8.102 Siswa SD di Makassar Telah Disuntik Vaksin COVID Dosis Pertama

1. Capaian vaksinasi di 10 kabupaten belum sampai satu persen

Capaian Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Sulsel Baru 8,6 Persenilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Terdapat sebanyak 10 kabupaten yang cakupan vaksinasi anaknya belum mencapai satu persen. Yakni Kabupaten Enrekang, Sidrap, Barru, Sinjai, Selayar, Kota Parepare, Bulukumba, Maros dan Tana Toraja.

Meski demikian, Husny optimis capaian vaksinasi di daerah-daerah akan terus meningkat, sebab beberapa daerah yang cakupannya masih minim mulai berinovasi untuk menggaet warga ikut suntik vaksin.

"Kami yakin, setiap daerah punya kreatifitas dalam menjangkau sasaran. Seperti Palopo yang menghadirkan pahlawan kartun spiderman agar anak-anak tidak begitu ketakutan saat disuntik," katanya.

2. Sebanyak 8.102 Siswa SD di Makassar Telah Disuntik Vaksin COVID Dosis Pertama

Capaian Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Sulsel Baru 8,6 PersenIlustrasi antrean untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Muhyiddin Mustakim mengatakan, ribuan siswa Sekolah Dasar (SD) di daerahnya telah menjalani vaksinasi dosis pertama.

Vaksinasi untuk siswa SD di Makassar, kata Muhyiddin, telah berlangsung selama empat hari dan belum menyentuh seluruh sekolah.

"Baru beberapa sekolah dan memang kita baru mulai itu sejak hari Kamis (20/1) kemarin. Tapi progresnya cukup bagus karena sampai hari ini sudah ada 8.102 anak yang divaksin," kata Muhyiddin, Senin.

Muhyiddin menjelaskan, penyuntikan vaksin untuk siswa di Makassar selama empat hari terakhir, memang menyasar anak kelas I hingga VI atau umur 6-11 tahun.

Pemerintah Kota Makassar menggelar vaksinasi untuk siswa SD, setelah mereka merampungkan kegiatan serupa untuk siswa SMP pada akhir 2021 lalu atau sebelum pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

3. Vaksinasi untuk menguatkan imunitas anak

Capaian Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Sulsel Baru 8,6 PersenIlustrasi anak-anak (IDN Times/Sunariyah)

Penyuntikan vaksin bagi anak sekolah yang digencarkan pemerintah kota, kata Muhyiddin, bertujuan untuk menguatkan imunitas anak.

"Program vaksinasi ini berjenjang dan untuk siswa SMA dan SMP selesai, kembali menyasar anak-anak kita di tingkat SD demi menguatkan imunitas anak-anak," katanya.

Baca Juga: IDI Makassar Minta Dokter Tersangka Pemalsu Suket COVID Ditindak Tegas

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya