Ada Simulasi Tes CPNS di Car Free Day, Warga Makassar Antusias

Peserta bisa merasakan langsung pengalaman mengikuti CAT

Makassar, IDN Times - Ada pemandangan berbeda di kawasan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD), di Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (17/11). Puluhan orang duduk berderet pada salah satu stan, dan tampak serius memandangi layar laptop di hadapan masing-masing.

Mereka merupakan peserta simulasi ujian berbasis alat bantu komputer atau computer assisted test (CAT). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulsel bekerja sama Kantor Regional IV Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Makassar menyelenggarakannya dalam rangka sosialisasi seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019.

Kepala Kantor Regional V BKN Makassar Harun Arsyad mengatakan, CAT merupakan metode ujian seleksi CPNS pada tes seleksi kompetensi dasar (SKD). Tes ini menentukan lulus atau tidaknya peserta ke tahap selanjutnya, berdasarkan nilai ambang batas atau passing grade.

"Kita lihat di sini masyarakat sangat banyak kemudian momennya juga sangat tepat. Simulasi agar masyarakat mengetahui CAT, dan bagaimana pelaksanaan CAT," kata Harun di Makassar, Minggu (17/11).

1. Masyarakat rasakan langsung pengalaman mengikuti CAT

Ada Simulasi Tes CPNS di Car Free Day, Warga Makassar AntusiasSimulasi CAT di kawasan car free day Makassar. IDN Times/Aan Pranata

Simulasi CAT di CFD Sudirman dibuka secara graris bagi masyarakat umum. Bagi yang berminat ikut, bergantian dapat kesempatan menghadapi soal CAT di hadapan laptop. Panitia menyediakan laptop yang terkoneksi dengan server soal, layaknya pelaksanaan tes seleksi CPNS.

Simulasi dibuka sejak pukul 6 hingga 10 Wita. Setiap peserta diberi kesempatan menjawab 25 soal selama 15 menit. Hingga ditutup, simulasi diikuti sekitar 160 orang.

2. Pemprov Sulsel buka 195 formasi

Ada Simulasi Tes CPNS di Car Free Day, Warga Makassar AntusiasIDN Times/Arief Rahmat

Pendaftaran seleksi CPNS dibuka sejak 11 November 2019. Di Sulsel, dibuka sebanyak  4.093 formasi. Jumlah itu tersebar untuk instansi pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota di 24 daerah.

Untuk Pemerintah Provinsi Sulsel, tersedia 195 formasi. Sedangkan untuk kabupaten/kota jumlahnya variatif. Pemerintah Kota Makassar dapat alokasi kuota terbesar, yakni 526 formasi. Jumlah itu disusul formasi untuk Pemerintah Kabupaten Bulukumba, yakni 243 orang, lalu Pemerintah Kabupaten Soppeng 230 orang. Kuota terkecil ada di Pemerintah Kabupaten Pinrang, yakni 59 formasi.

Kepala Bidang Perencanaan dan Informasi ASN BKD Sulsel Taufik Akbar mengatakan, simulasi akan kembali digelar di tempat berbeda. Masyarakat bisa sekaligus memperoleh berbagai informasi seputar seleksi CPNS 2019, termasuk hambatan yang sering ditemui peserta.

"Registrasi peserta adalah kendala yang sering dihadapi oleh para pelamar," ucap Taufik.

Baca Juga: Kemenag Sulsel Buka 193 Formasi Penerimaan CPNS 2019, Ini Rinciannya

3. Warga antusias menghadapi simulasi ujian

Ada Simulasi Tes CPNS di Car Free Day, Warga Makassar AntusiasIDN Times/Sukma Shakti

Sejumlah pengunjung stan simulasi menyatakan senang karena bisa merasakan pengalaman mengikuti CAT. Salah satunya diungkapkan Siti Sarianti, warga Panakkukang. Dia menyebut simulasi ini sebagai kesempatan berharga dalam persiapannya mengikuti seleksi CPNS.

"Lumayan, menambah wawasan untuk ujian CPNS nanti kalau lulus," katanya.

Sri mengatakan, saat ini dia tengah mempersiapkan dokumen persyaratan sembari memperbarui wawasan untuk mengikuti ujian. "Persiapannya baru latihan-latihan sendiri di rumah, otodidak saja."

Baca Juga: Catat! Ini Passing Grade Agar Lulus Seleksi CPNS 2019

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya