Ini Posisi Paling Diminati Para CPNS Pemkot Makassar  

Pemkot menyediakan 32 jabatan dengan 526 alokasi formasi

Makassar, IDN Times - Pendaftaran seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) secara nasional bakal ditutup pada 24 November 2019. Hingga Kamis (21/11), jumlah pendaftar untuk lingkup Pemerintah Kota Makassar sudah berkisar delapan ribu orang.

Pendaftaran seleksi CPNS dibuka secara daring lewat portal https://sscasn.bkn.go.id. Pelamar mendaftar dengan memilih jenis formasi jabatan sesuai kualifikasi pendidikan, lokasi tes, dan data lain.

“Data hari ini, delapan ribu orang yang mendaftar. Yang ‘submit’ empat ribu lebih,” kata Kepala Bidang Perencanaan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDMD) Pemkot Makassar Abdul Kadir Masri kepada IDN Times di Makassar, Kamis (21/11).

Baca Juga: Catat! Ini Passing Grade Agar Lulus Seleksi CPNS 2019

1. Formasi guru kelas paling diminati, statistisi kurang pendaftar

Ini Posisi Paling Diminati Para CPNS Pemkot Makassar  IDN Times/Sukma Sakti

Pada seleksi penerimaan CPNS tahun 2019, Pemkot Makassar menyediakan 526 alokasi formasi. Formasi terbuka untuk 32 posisi jabatan dengan jumlah alokasi beragam.

Kadir mengatakan, sejauh ini jabatan guru kelas jadi formasi yang paling diminati pendaftar. Posisi ini memang menawarkan alokasi terbanyak, yakni 218 orang.

“Jumlahnya saya kurang hafal. Yang paling sedikit pendaftarnya itu jabatan statistisi, dengan alokasi satu formasi,” ucap Kadir.

2. Masa pendaftaran CPNS di Pemkot Makassar diperpanjang

Ini Posisi Paling Diminati Para CPNS Pemkot Makassar  (Ilustrasi) IDN Times/Arief Rahmat

Pendaftaran seleksi CPNS secara nasional dibuka mulai 11 November. Sesuai jadwal, pendaftaran ditutup 24 November. Panitia kemudian mengumumkan hasil seleksi administrasi pada 16 Desember 2019.

Kadir mengatakan, khusus seleksi CPNS Pemkot Makassar pendaftaran diperpanjang. Sebab pendaftaran di instansi ini mulai dibuka tanggal 12 November, atau terlambat satu hari dibandingkan jadwal nasional. 

“Berarti kita maju satu hari, sampai tanggal 25,” katanya.

3. Seleksi CPNS digelar tiga tahap

Ini Posisi Paling Diminati Para CPNS Pemkot Makassar  (Warga mencoba menjawab soal saat mengikuti simulasi Computer Assisted Test (CAT) dalam sosialisasi seleksi CPNS 2019 pada hari bebas kendaraan, di Denpasar, Bali, Minggu (3/11/2019) ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Menurut pengumuman penerimaan CPNS tahun 2019 yang dikeluarkan BKPSMD Makassar, seleksi akan digelar dalam tiga tahap. Seleksi administrasi yang diumumkan 16 Desember akan dilanjutkan dengan masa sanggah, pada 17-19 Desember.

Berikutnya, seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan metode bantuan komputer atau computer assisted test (CAT). Seleksi pada Februari 2020 ini berbobot 40 persen dari penilaian.

Adapun yang terakhir berupa seleksi kompetensi bidang (SKB) dengan metode yang sama. Bobotnya 60 persen, digelar pada Maret 2020. Menurut jadwal, pengumuman akhir seleksi CPNS Pemkot Makassar berlangsung pada April 2020.

Informasi lengkap seputar seleksi penerimaan CPNS bisa kamu unduh di laman resmi BKPSMD Pemkot Makassar, pada alamat https://bkpsdmd.makassar.go.id/seleksi-penerimaan-cpns-2019-lingkup-kota-makassar/.

4. Berikut formasi seleksi penerimaan CPNS lingkup Pemkot Makassar

Ini Posisi Paling Diminati Para CPNS Pemkot Makassar  BKPSDM Kota Makassar
Ini Posisi Paling Diminati Para CPNS Pemkot Makassar  BKPSDM Kota Makassar

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya