Sempat Menghilang Sehari, 4 Pendaki Gunung Soputan Sulut Ditemukan

Para pendaki tersesat dan kehabisan makanan

Manado, IDN Times – Empat orang pendaki Gunung Soputan asal Desa Watimomor, Kecamatan Kakas Barat, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut), sempat tersesat saat hendak turun gunung. Empat orang tersebut adalah Kenzi Suot (19), Patrik Kaeng (18), Dekat Deranda (18), dan Dirly Maidoka (19).

“Keempat korban dikabarkan mendaki Gunung Soputan pada Selasa, 5 April 2022,” kata Kepala Seksi Operasi Badan SAR Nasional (Basarnas) Manado, Jandry S Paendong, Kamis (7/4/2022).

Jandry menambahkan, pihaknya mengerahkan 7 personil tim penyelamatan Kantor Pencarian dan Penyelamatan (KPP) Manado, 6 personil tim penyelamatan Kantor SAR Amurang, pemerintah Desa Silian, pemerintah Desa Pinabetengan, keluarga korban, dan masyarakat sekitar.

1. Korban tersesat dan kehabisan logistik

Sempat Menghilang Sehari, 4 Pendaki Gunung Soputan Sulut DitemukanBasarnas Manado bersiap mencari 4 pendaki yang hilang di Gunung Soputan, Kamis (7/4/2022). Dok. Humas Basarnas Manado

Keempat korban yang masih remaja diketahui naik Gunung Soputan pada Selasa, 5 April 2022. Keempatnya berencana turun gunung pada Rabu, 6 April 2022.

Namun, salah satu orangtua korban mendapat kabar dari sang anak melalui telepon genggam bahwa dirinya tersesat dan kehabisan logistik.

“Sampai pagi tadi korban tidak bisa dihubungi karena keterbatasan jaringan atau baterai HP yang sudah habis,” ujar Jandry. Usai mendapatkan laporan, pihak Basarnas Manado langsung menuju ke Gunung Soputan dan mencari para korban dari hutan pinus.

2. Basarnas Manado ajak pendaki lain mencari korban

Sempat Menghilang Sehari, 4 Pendaki Gunung Soputan Sulut DitemukanBasarnas Manado bersiap mencari 4 pendaki yang hilang di Gunung Soputan, Kamis (7/4/2022). Dok. Humas Basarnas Manado

Tim pencarian dibagi ke dalam beberapa jalur. Tim penyelamatan Kantor SAR Manado dan tim penyelamatan Kantor SAR Amurang naik dari jalur Desa Pinabetengan. Lalu, tim penyelamatan KPP Manado naik dari jalur pendakian di Desa Silian.

Sedangkan tim penyelamatan KPP Manado lainnya bersama masyarakat dan keluarga korban menuju tempat parkir motor para pendaki. Selama melakukan pencarian, Basarnas Manado juga meminta pendaki lain agar turut mencari para korban.

“Kami berkoordinasi dengan pendaki lain agar selama perjalanan mereka juga turut mencari,” tutur Jandry.

Baca Juga: Penampakan Letusan Gunung Soputan di Sulawesi Utara

3. Para korban ditemukan di tempat terpisah

Sempat Menghilang Sehari, 4 Pendaki Gunung Soputan Sulut DitemukanEmpat pendaki yang hilang di Gunung Soputan berhasil ditemukan, Kamis (7/4/2022). Dok. Humas Basarnas Manado

Kepala Basarnas Manado, Suhri N Sinaga, mengatakan bahwa keempat pendaki ditemukan dalam keadaan selamat di tempat terpisah. Lebih tepatnya, Kenzi Suot terpisah dari ketiga temannya di atas Gunung Soputan.

“Saat pencarian, pada sekitar pukul 07.45 Wita tim mendengar suara dari Kenzi Suot yang terpisah dari ketiga orang temannya,” jelas Suhri.

Berdasarkan petunjuk dari Kenzi, akhirnya tim pencarian behasil menemukan tiga korban lainnya yang turun sekitar pukul 08.10 Wita. Agar kejadian tersebut tak terulang, Suhri mengimbau kepada para pendaki agar tetap solid selama perjalanan.

“Kami mengimbau ke para pendaki agar mempersiapkan semua kebutuhan kebutuhan yang akan di bawa ke gunung sehingga waktu di atas tidak kekurangan bahan makanan dan tidak harus terpisah satu sama lain,” tutup Suhri.

Baca Juga: Gunung Soputan Bergeliat, Warga Minahasa Tenggara Diimbau Waspada

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya