Puncak Arus Mudik Lewat Tol Manado Bitung Diprediksi Terjadi 18 April

PT JMB perkirakan kenaikan jumlah kendaraan 8,5%

Manado, IDN Times – PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) memprediksi puncak arus mudik Lebaran di Jalan Tol Manado Bitung, Sulawesi Utara, terjadi pada 18 April 2023. Pengendara yang melintas di Jalan Tol Manado Bitung diperkirakan naik 8,5%.

“Kalau arus balik kami perkirakan tidak terlalu banyak seperti arus mudik,” jelas Direktur PT JMB, Florysco Partogi Siahaan, Minggu (15/4/2023).

Jumlah kendaraan pada arus mudik Lebaran tahun 2022 sebanyak 5.914 kendaraan. Jumlah tersebut hanya naik 5% dari kondisi normal yang sejumlah 2% secara total.

1. Tidak ada lonjakan berarti

Puncak Arus Mudik Lewat Tol Manado Bitung Diprediksi Terjadi 18 AprilBeberapa kendaraan melintas di Jalan Tol Manado Bitung/Dok. PT Jasamarga Manado Bitung

Siahaan  memprediksi tidak ada lonjakan jumlah kendaraan secara berarti. Tahun ini, jumlah kendaraan yang melintas di Tol Manado Bitung hanya naik menjadi 6.149 kendaraan.

Proyeksi lalu lintas harian di Jalan Manado Bitung pun masih di angka 5 ribu kendaraan. “Dasar untuk membuat proyeksi arus mudik di Jalan Tol Manado Bitung adalah 2% dari arus harian rata-rata yang jumlahnya sekitar 5 ribuan," sambungnya.

Untuk itu, masyarakat tidak perlu khawatir akan mengalami kemacetan panjang ketika melewati Jalan Tol Manado Bitung. PT JMB juga sudah menyediakan rest area bagi pengendara yang melintas.

2. Karakter traffic Sulut di musim liburan justru menurun

Puncak Arus Mudik Lewat Tol Manado Bitung Diprediksi Terjadi 18 AprilJalan Tol Manado-Bitung (Dok. PT Jasa Marga (Persero))

Siahaan menyebut, salah satu penyebab tak ada lonjakan adalah kondisi arus lalu lintas di Sulut yang cenderung menurun di musim liburan. Hal itu bisa jadi disebabkan masyarakat yang memilih menetap di rumah atau hanya berpergian di dalam kota.

Meski arus lalu lintas diperkirakan tak terlalu ramai, masyarakat yang akan mudik diminta dalam kondisi fit.

“Kami berharap pengemudi maupun kendaraannya dalam keadaan fit. Selalu berhati-hati, patuhi rambu lalu lintas, kecepatan, dan jangan lupa sebelum masuk tol mengisi BBM dan saldo e-Toll," tuturnya.

3. Tidak ada kenaikan tarif tol

Puncak Arus Mudik Lewat Tol Manado Bitung Diprediksi Terjadi 18 AprilToL Manado-Bitung (Dok. Kementerian PUPR)

Siahaan mengatakan, selama arus mudik lebarang, tarif Tol Manado Bitung tetap seperti biasa. Untuk kendaraan kecil, dikenakan biaya Rp 44 ribu.

“Kemudian kendaraan golongan II dan III Rp 66 ribu, kendaraan golongan IV dan V Rp 88 ribu,” tutupnya.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya