Pesawat Smart Air Tergelincir Keluar Runway di Ilaga Papua Tengah

Para penumpang berjumlah 12 orang sudah dievakuasi

Puncak, IDN Times – Pesawat Smart Air PK-SNJ dilaporkan tergelincir saat mendarat di Bandara Aminggaru, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, Senin (5/2/2024) pagi.

Informasi yang dihimpun IDN Times, pesawat yang dipiloti oleh Captain Ilman itu terbang dari Bandara Mozes Kilangin Timika sekitar pukul 6.59 waktu setempat menuju Bandara Aminggaru. Pesawat tersebut diketahui memuat cargo (bama campuran) seberat 260 kilogram dan penumpang sebanyak 12 orang.

Pada pukul 07.29 WIT, saat melakukan pendaratan, pesawat tampaknya mendarat dengan tidak sempurna hingga akhirnya keluar jalur runway dan mengalami kerusakan.

Informasi lainnya menyebut, saat ini, pesawat Smart Air PK-SNJ masih berada di Bandara Aminggaru Ilaga. Sedangkan para penumpang dilaporkan selamat dan sudah dievakuasi ke Bandara Aminggaru, Ilaga.

Untuk diketahui, identitas 12 penumpang yang ikut terbang bersama Pesawat Smart Air PK-SNJ yakni Dr. Yofri, Denius, Putu, Yulius, Obet Kariota, Irince, Melince, Weta, Kior, Melianus Tabuni, Julinus, dan Erina Murib.

Di samping itu, dari sebuah video amatir yang menangkap kejadian tersebut, terlihat kepulan asap membumbung dari badan pesawat yang telah berada di luar jalur runway.

Kapolres Puncak, Kombes Pol I Nyoman Punia, saat dikonfirmasi membenarkan kabar tentang insiden tergelincirnya pesawat Smart Air PK-SNJ ini. Namun dia belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut.

"Benar mas," jawabnya singkat via pesan WhatsApp, Senin (5/2/2024) siang.

Baca Juga: Kontak Tembak di Papua Tengah, 2 Anggota KKB Ditangkap dan 1 Tewas

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya