Polisi Olah TKP Kebakaran KM Umsini di Pelabuhan Makassar

Penumpang diberangkatkan secara berangsur

Intinya Sih...

  • Polisi melakukan olah TKP di KM Umsini selama 7 jam untuk penyelidikan kebakaran.
  • Olah TKP fokus di area Dek 3 KM Umsini, sementara penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan.
  • PT Pelni Makassar secara berangsur memberangkatkan penumpang dengan kapal pengganti setelah kebakaran, dengan barang penumpang yang aman.

Makassar, IDN Times - Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara di Kapal Motor (KM) Umsini, di Dermaga Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Senin (10/6/2024). Olah TKP dilakukan selama 7 jam sejak pukul 09.00 WITA sampai 16.00 WITA.

Olah TKP ini dilaksanakan oleh Tim Laboratorium Forensik Polri Cabang Makassar, Inafis Polda Sulsel, dan Satreskrim Polres Pelabuhan sebagai bagian penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran KM Umsini.

1. Polisi amankan sampel di Dek 3 KM Umsini

Polisi Olah TKP Kebakaran KM Umsini di Pelabuhan MakassarGaris polisi di sekitar KM Umsini di Pelabuhan Makassar dicabut, Senin (10/6/2024). IDN Times/Faisal Mustafa

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Makassar, Iptu Firman mengatakan olah TKP berfokus di sekitar area Dek 3 KM Umsini. “Karena di situ mulanya percikan api. Mesin kapal ada di situ,” ucapnya.

Namun, Firman belum mau terburu-buru menduga penyebab kebakaran. “Kita tunggu saja hasil teman-teman Labfor dan Inafis. Karena kami (Polres Pelabuhan) sifatnya mendampingi saja,” ujarnya.

2. Polisi agendakan pemeriksaan ABK kapal

Polisi Olah TKP Kebakaran KM Umsini di Pelabuhan MakassarKasat Reskrim Polres Pelabuhan Makassar, Iptu Firman. IDN Times/Faisal Mustafa

Firman melanjutkan, dalam proses penyelidikan juga pihaknya akan memeriksa anak buah kapal (ABK) dan kapten.

“Utamanya yang ABK di bagian mesin dan kapten kapal. Hari ini kita sudah mulai periksa,” katanya.

Baca Juga: Kronologi Kebakaran KM Umsini Angkut 1677 Penumpang di Makassar

3. Penumpang berangsung diberangkatkan

Polisi Olah TKP Kebakaran KM Umsini di Pelabuhan MakassarPenumpang KM Umsini. IDN Times/Faisal Mustafa

Sementara itu, Kepala Cabang PT Pelni Makassar Muhammad Jabir mengatakan, pihaknya secara berangsur mulai memberangkatkan penumpang dengan beberapa kapal pengganti.

“Kemarin kita sudah berangkatkan kurang lebih 400 penumpang dengan kapal DLU (Dharma Lautan Utama). Jadi sisa 1200 penumpang lagi. Insha Allah besok akan diberangkatkan dengan KM Labobar tujuan Kijang dan KM Dorolonda tujuan Jakarta,” jelasnya.

Dia memastikan seluruh barang penumpang telah aman. Proses pengambilan barang juga diperketat dibantu petugas dari Polri dan TNI. “Kami jamin aman,” tandas Jabir.

Baca Juga: KM Umsini Terbakar, Pelabuhan Makassar Tetap Beroperasi dan Aman

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya