1300-an Personel Gabungan Amankan Konser Sheila on 7 di Makassar

16 titik parkiran disiapkan, contra flow tol diberlakukan

Intinya Sih...

  • Sebanyak 1300 personel gabungan akan amankan konser Sheila on 7 di Makassar pada Sabtu (10/8/2024) malam.
  • 16 titik parkiran disiapkan di sekitar area konser untuk mengakomodir kendaraan penonton yang mencapai 25.000 orang.
  • Pengalihan arus dan pengaturan lalu lintas dilakukan untuk kelancaran aktivitas pejalan kaki dan penonton.

Makassar, IDN Times - Sebanyak 1300-an personel gabungan dari Polri, TNI, Dishub, Damkar, Basarnas dan unsur pemerintah akan membantu kelancaran gelaran konser Sheila on 7 di Sport Center Plasa Telkom pada Sabtu (10/8/2024) malam.

Kepala Bagian Operasional Polrestabes Makassar, AKBP Darminto menyatakan tim pengamanan dari kepolisian terdiri dari Satuan Brimob, Samapta, Satuan Lalu Lintas, Satuan Intelkam, Satuan Reserse, dan lainnya ikut terlibat dalam pengamanan.

“Kita juga di back up Polda Sulsel dan Dinas jajaran Pemkot Makassar. Total semua itu sekitar 1300 lebih personel. Kami ingin memastikan kegiatan ini berjalan dengan aman dan lancar sehingga pengunjung juga dapat menikmati dalam kondisi nyaman” katanya kepada IDN Times, Jumat (9/8/2024).

1. Sebanyak 16 titik parkiran disiapkan

1300-an Personel Gabungan Amankan Konser Sheila on 7 di MakassarBand Sheila on 7 sukses mengawali rangkaian tur bertajuk "Tunggu Aku Di" dengan mengguncang Stadion Palaran Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (28/7/2024). (IDN Times/Nina)

Kasat Lantas Polrestabes Makassar, Kompol Mamat Rahmat menambahkan, untuk mengakomodir kendaraan penonton  yang disebut mencapai 25.000 orang ini, pihaknya telah menetapkan 16 titik-titik parkiran di sekitar area konser.

Adapun titik tersebut antara lain di MAN 2 Kota Makassar, Hotel Claro, Hotel Four Points by Sheraton, Sultan Alauddin Hotel & Convention, Pascasarjana UNM, Parkiran Aula Amanagappa UNM, Kantor BPN Makassar, Gedung Bulog Kanwil Sulselbar, Kantor Pos Makassar, Goro Arena, dan Ramayan.

“Selain area privat atau gedung pemerintah maupun swasta. Kita juga siapkan pinggir jalan-jalan untuk parkiran seperti Jalan Boulevard, Jalan Hertasning, Jalan Raya Pendidikan, Jalan Pengayoman, dan Jalan Yusuf Dg Ngawing. Semuanya ada 16 titik,” papar Mamat.

2. Skema rekayasa lalin, jalan tol keluar di UNM ditutup

1300-an Personel Gabungan Amankan Konser Sheila on 7 di MakassarSeorang mahasiswa berorasi menolak komersialisasi di UNM. (IDN Times/ Faisal Mustafa)

Mamat mengatakan, contra flow atau pengalihan arus akan dilakukan di jalan keluar tol di depan UNM. “Jadi nanti semua pengendara pengguna tol itu keluar di dekat kantor Ditlantas Polda Sulsel,” katanya.

Hal ini bertujuan untuk melancarkan aktivitas pejalan kaki atau penonton yang memarkir kendaraan di belasan kantong parkir yang disediakan. “Nanti ada 157 personel lantas Polrestabes dan Polsek yang mengatur di sana,” papar Mamat.

3. Polisi jamin tidak ada kemacetan

1300-an Personel Gabungan Amankan Konser Sheila on 7 di Makassarilustrasi macet (pexels.com/vladfonsark)

Mamat mengatakan, untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan, pihaknya akan memasang tali pembatas di area sekitar pintu masuk penonton.

“Dan kita akan clear kan dari parkira yang depan Telkom dan Hotel Mercure. Kita bentangkan tali sepanjang SMK Telkom ke Selatan itu digunakan dua lajur untuk pejalan kaki penonton, dua lajur lagi untuk arus kendaraan dari arah Gowa maupun sebaliknya,” paparnya.

Dia menjamin, arus lalu lintas akan mengalir seperti biasa. “Kita upayakan tidak ada kemacetan. Meskipun tentunya ada kepadatan mengingat jumlah penonton yang 25 ribu orang itu tidak sedikit. Kita usahakan skema rekayasa lalu lintas kita berjalan efektif,” tukas Mamat.

Sesuai informasi di akun Instagram @antara.suara, area venue konser tur Tunggu Aku Di Makassar Sheila On 7 dibuka mulai pukul 15.00 WITA. Konser akan dibuka dengan penampilan Kapal Udara pada pukul 17.15 WITA.

Dilanjutkan dengan sajian musik Good Morning Everyone pada pukul 18.40 WITA. Puncaknya adalah penampilan Sheila On 7 yang dijadwalkan pada pukul 20.00 WITA.

Baca Juga: Campur Aduk Perasaan Kapal Udara Jadi Opener Sheila on 7 di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya