Satu Jembatan di Gorontalo Ambruk, Jalan Trans Sulawesi Terputus

Mobil tidak bisa melintasi jemabatan, akses ke Sulut putus

Gorontalo, IDN Times - Jembatan penghubung antara Desa Tombulilato dengan Desa Pelita Jaya, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, ambruk. Akibatnya, satu-satunya akses Jalan Trans Sulawesi menuju Sulawesi Utara itu tak bisa dilalui kendaraan.

“Jembatan ambruk ini pas kejadian tanggal 1 Agustus pagi, hujan memang cukup lebat membuat jembatan longsor sebagian,” kata Letda Inf Djen Maksud, PLH Danramil Bone Pantai 1304-05, kepada IDN Times, Selasa (4/8/2020).

1. Mobil tak dapat melintasi jembatan

Satu Jembatan di Gorontalo Ambruk, Jalan Trans Sulawesi TerputusIDN Times/Elias

Djen juga mengatakan, sebelumnya memang diupayakan membuat jembatan darurat dari pohon kelapa untuk mempermudah kendaraan roda empat melintas. Namun jembatan yang dibuat oleh warga bersama TNI/Polri kembali rusak akibat banjir susulan.

“Sehingga aktivitas masyarakat terputus, baik warga yang dari Sulawesi Utara yang mau ke Gorontalo begitupun sebaliknya,” kata Djen.

2. Hanya pejalan kaki dan sepeda motor yang dapat melintas

Satu Jembatan di Gorontalo Ambruk, Jalan Trans Sulawesi TerputusWarga memindahkan barang bawaan melintai jemabtan ambruk di Gorontalo, Selasa (4/8/2020). IDN Times/Elias

Setelah jembatan darurat pertama ambruk, Djen mengatakan pihaknya yang dibantu warga kembali membuat jembatan darurat dari bambu. Sehingga akses jalan hanya bisa dilewati pejalan kaki dan sepeda motor.

“Kalau pejalan kaki dan kendaraan roda dua masih bisa lewat karena masih ada tebing sedikit dengan jembatan bambu. Tapi kalau roda empat memang sama sekali tidak bisa,” tuturnya.

Djen menuturkan, saat ini warga yang melintas masih harus memanfaatkan jembatan bambu, sambil menunggu pembuatan jembatan sementara agar mobil bisa melintas.

Baca Juga: Akar Masalah Banjir Gorontalo: Tambang Liar hingga Alih Fungsi Lahan  

3. Warga harus berganti kendaraan untuk melanjutkan perjalanan

Satu Jembatan di Gorontalo Ambruk, Jalan Trans Sulawesi TerputusJembatan di Gorontalo ambruk, Selasa (4/8/2020). IDN Times/Elias

Lebih jauh Djen mengatakan, penumpang dari arah Gorontalo ke Sulawesi Utara maupun sebaliknya harus transit dan berpindah kendaraan untuk tetap melanjutkan perjalanan. 

“Kalau penumpang bisa berganti mobil, cuma kalau mobil pribadi yang ingin melintas tidak bisa, banyak mobil pribadi yang berbalik arah,” katanya.

Sementara itu, Ardi, warga Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara, mengatakan akses jalan putus sangat menyulitkan. Apalagi harus memindahkan barang bawaan ke mobil yang lainya.

“Ini jembatan putus bukan hanya di sini tapi di Bolaang Mongondow selatan juga banyak yang putus. Ndak tau nantinya di sana seperti apa, seperti di sini atau tidak,” keluh Ardi.

Baca Juga: Banjir dan Longsor di Gorontalo, Total Kerugian Materiel Rp38 Miliar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya