2 Pembobol ATM di Gowa Ditembak Polisi, 2 Masih Buron

Pelaku bobol Rp72 juta uang korban dari ATM

Makassar, IDN Times - Pihak kepolisian menembak 2 pelaku pembobol mesin ATM di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kedua pelaku yakni, HN (27) dan AS (45) sebelumnya ditangkap di wilayah Palu, Sulawesi Tengah, pada 16 Desember 2023.

Kasus ini dirilis Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Komang Suartana di Kantor Polres Gowa, pada Rabu siang (27/12/2023). Kata Komang, dua pelaku ini terpaksa ditembak karena berusaha kabur dan lawan petugas.

"Kita sudah ungkap empat nama pelaku, tapi di sini yang baru kita tangkap dua pelaku dan dua pelaku lainnya masih dalam pencarian oleh tim Resmob Polda dan Polres Gowa," ungkap Komang kepada wartawan di Gowa.

1. Pelaku melancarkan aksinya November-Desember 2023

2 Pembobol ATM di Gowa Ditembak Polisi, 2 Masih BuronPelaku pembobol ATM di Kabupaten Gowa ditangkap polisi, Rabu (27/12/2023). IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Berdasar laporan, ada 3 kasus pembobolan mesin ATM yang dilakukan para tersangka. Tanggal 13 dan 30 November 2023 pelaku membobol mesin ATM BRI di Jalan Sultan Hasanuddin. Kemudian tanggal 9 Desember 2023 mesin ATM BRI di Jalan Kacong Daeng Lalang, Gowa.

"Dari kasus-kasus ini semua ada laporannya dari masyarakat (korban), ini juga berdasar pada undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik yang jadi dasar penangkapannya," ujar Komang.

2. Polisi beberkan modus para pelaku

2 Pembobol ATM di Gowa Ditembak Polisi, 2 Masih BuronPelaku pembobol ATM di Kabupaten Gowa ditangkap polisi, Rabu (27/12/2023). IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Modus para pelaku, kata Kombes Komang, pelaku tempelkan lembaran pemberitahuan Call Centre palsu di dalam ruang mesin ATM yang diduga mesin tersebut alami gangguan.

"Jadi perannya para pelaku singkatnya bisa kita jelaskan ada yang stand by di lokasi itu, jadi jika dia (pelaku) lihat kartu korban ada tertelan maka dia langsung arahkan korban untuk hubungi call centre yang dipasang di pojok kanan mesin ATM," jelas Komang.

"Kita harap modus pelaku ini bisa diketahui masyarakat luas, agar apabila berasa saat mau menarik yang di ATM dan mengalami kendala seperti itu agar menghubungi call Centre yang resmi dari bank itu," lanjutnya.

Baca Juga: Video Viral Warga Gowa Tangkap-Hajar Pria Diduga Penculik Anak-Anak

3. Pelaku curi uang Rp72 juta

2 Pembobol ATM di Gowa Ditembak Polisi, 2 Masih BuronPelaku pembobol ATM di Kabupaten Gowa ditangkap polisi, Rabu (27/12/2023). IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Komang menambahkan, kerugian para korban dari total 3 lokasi mesin ATM itu sekitar Rp72 juta. Sementara barang bukti yang diamankan yakni, berbagai kartu ATM, lem Korea, stiker call centre Bank BRI palsu, STNK motor, batre ponsel, obeng plat, 4 unit ponsel, helm, dompet, dan uang Rp4 juta.

"Untuk lokasi pertama itu Rp17,8 juta, itu yang di (Jalan) Hasanuddin, lalu lokasi kedua itu sebesar Rp52,5 juta di Hasanuddin juga, dan lokasi ketiga sebesar 3 juta. Motivasi pelaku ini membobol untuk kebutuhan sehari-hari. Mereka warga di luar Sulsel," tambahnya.

Baca Juga: 3 Warga Gowa Tewas Disambar Petir di Tengah Sawah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya