Danny Sarankan Stadion Mattoanging Dipindahkan ke Barombong, Setuju?

Danny sebut Mattoanging di Jalan Cendrawasih tidak ada Amdal

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar, Danny Pomanto menyarankan agar Stadion Mattoanging dipindahkan ke daerah Barombong di Kecamatan Tamalate. Menurutnya, lokasi pembangunan kembali stadion di Jalan Cendrawasih tidak memenuhi analisis masalah dampak lingkungan dan lalu lintas atau Amdal dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Walau begitu, Danny mengaku tidak menganulir ide orang lain termasuk ide merehabilitasi Stadion Mattoanging. Menurutnya, ide Gubernur Sulawesi Selatan nonaktif, Nurdin Abdullah, itu sudah bagus hanya saja lokasinya yang tidak sesuai tata ruang.

"Saya tidak batalkan ide itu. Yang saya mau adalah cari tempat yang sesuai tata ruang dan itu di Barombong. Kalau mau bangun di sampingnya Stadion Barombong. Jadi ada dua stadion tidak apa-apa," kata Danny.

1. Proyek Twin Tower di CPI Makassar disebut tidak memiliki IMB

Danny Sarankan Stadion Mattoanging Dipindahkan ke Barombong, Setuju?DED Twin Tower di CPI Makassar. Dok. Humas Pemprov Sulsel

Selain Stadion Mattoanging, Danny juga menyoroti IMB untuk proyek Twin Tower di lahan reklamasi CPI Makassar. Bukan itu saja, dia menyebut proyek tersebut berdiri di atas ruang terbuka hijau (RTH) Kota Makassar.

Danny pun menegaskan bahwa harus ada IMB jika pembangunan Twin Tower tetap dilanjutkan. Jika tidak, maka dia mengancam akan menggunakan buldozer untuk menghentikan proyek tersebut.

"Kalau tidak, masa kasihan rumah rakyat yang tidak ada IMB digusur, dihancurkan, baru pemerintah di pelupuk mata begini tapi tidak ada IMB-nya, bagaimana caranya? Contoh yang jelek sekali," katanya.

2. Andi Sudirman akan mengevaluasi sejumlah proyek infrastruktur

Danny Sarankan Stadion Mattoanging Dipindahkan ke Barombong, Setuju?IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan jajarannya terlebih dahulu mengenai kelanjutan sejumlah proyek infrastruktur.

"Kita akan berkoordinasi secara internal. Tunggu saja," ujar Sudirman saat ditemui di sela kegiatan Forum OPD Dinas PUTR Sulsel di Hotel Four Points Makassar, Rabu (3/3/2021).

Ketika disinggung soal kelanjutan proyek Stadion Mattoanging dan Twin Tower di lahan reklamasi CPI, Sudirman memilih tak berkomentar lebih jauh.

"Pokoknya, no comment dulu untuk itu, paling tidak kita akan melakukan pembayaran utang," kata Sudirman.

Baca Juga: Plt Gubernur Sulsel akan Evaluasi Proyek-Proyek Impian Nurdin Abdullah

3. Sudirman mengaku tidak membuat visi misi baru setelah Nurdin Abdullah ditahan KPK

Danny Sarankan Stadion Mattoanging Dipindahkan ke Barombong, Setuju?Humas Pemprov Sulsel

Sudirman menegaskan tidak ada visi misi baru setelah dia ditunjuk menjadi Plt Gubernur Sulsel. Visi misi yang dipegangnya tetap sama saat dia masih bersama Nurdin Abdullah.

"Jadi saya Plt, apa yang sudah kita tetapkan bersama di 2018 kita akan jalankan. Tapi kita menghadapi COVID-19, ada beberapa penyesuaian, pertama kita refocusing dulu, dan akan bertahap," kata Sudirman.

Andi Sudirman Sulaiman ditunjuk menjadi Plt Gubernur Sulsel setelah KPK menetapkan Gubernur Nurdin Abdullah sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji dan gratifikasi oleh Penyelenggara Negara atau yang mewakilinya untuk pengadaan barang dan jasa, perizinan dan pembangunan infrastruktur di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, Nurdin diduga menerima suap senilai Rp5,4 miliar dari sejumlah kontraktor untuk memuluskan proyek-proyek di Sulsel.

Baca Juga: Danny Pomanto Ancam Gunakan Buldozer Hentikan Proyek Twin Tower di CPI

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya