Polisi Klaim Temukan Lokasi Kelompok DPO MIT Poso

Operasi perburuan terhalang kondisi geografis

Makassar, IDN Times - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengklaim telah mengetahui lokasi persembunyian kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso di Sulawesi Tengah yang masuk daftar pencarian orang. Satgas Mandago Raya tengah mengejar mereka.

"Lokasi mereka sudah terdeteksi," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono dikutip dari Antara, Rabu (19/5/2021).

Baca Juga: Ternyata Ada 4 Petani di Poso yang Dibunuh Kelompok MIT

1. Perburuan terkendala kondisi geografis

Polisi Klaim Temukan Lokasi Kelompok DPO MIT PosoSatgas Madago Raya mencari dan memburu sisa DPO MIT Poso menggunakan Helikopter. Foto : IDN Times/Istimewa

Rusdi menyebut lokasi persembunyian kelompok MIT Poso merupakan kawasan pegunungan dan berbukit yang sulit diakses orang awam. Kondisi geografis wilayah Poso yang berbeda dengan kota-kota lain jadi tantangan dalam perburuan ini.

Di wilayah pegunungan itu, kata Rusdi, kadar oksigennya rendah sehingga tidak semua orang bisa bertahan. Dibutuhkan kondisi tubuh yang sesuai dengan situasi setempat. Selain itu, kelompok DPO MIT juga aktif berpindah-pindah.

"Jadi memerlukan sumber daya yang besar, artinya personelnya, membutuhkan sumber daya yang besar fisik, personel, logistiknya, peralatannya membutuhkan sesuatu yang besar," kata Rusdi.

2. Polisi buru 9 DPO, termasuk pelaku pembunuhan empat petani

Polisi Klaim Temukan Lokasi Kelompok DPO MIT PosoIlustrasi teroris (IDN Times/Mardya Shakti)

Tim Satgas Madago Raya membentuk tiga tim untuk mengejar kelompok DPO MIT Poso. Di antara mereka diduga ada pelaku pembunuhan empat petani Desa Kalimago, Kecamatan Lore Timur, Poso, pekan lalu.

Polisi memburu sembilan orang yang masuk DPO, dipimpin Ali Kalora. "Pelaksnaan penegakan hukum terhadap kelompok DPO MIT masih berjalan, Satgas Operasi Mandago Raya tetap berjalan memburu 9 orang DPO MIT," kata Rusdi.

3. Korban pembunuhan terima santunan

Polisi Klaim Temukan Lokasi Kelompok DPO MIT PosoIDN Times/Istimewa

Keluarga korban pembunuhan oleh pelaku diduga kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Desa Kalimango, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menerima santunan duka dari pemerintah.

Bantuan itu diberikan melalui Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Bantuan diserahkan langsung kepada keluarga korban di Kantor Polda Sulteng, Selasa (18/5/2021).

“Santunan itu telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang pemberantasan tindak pidana terorisme,” kata Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu, Selasa.

Santunan duka diberikan untuk keluarga korban meninggal di Pegunungan Pohu, Desa Kalimago, Kecamatan Lore Timur. Polisi merilis ada empat orang yang jadi korban meninggal.

Edwin mengatakan santunan duka yang diberikan berupa uang tunai sebesar Rp15 juta untuk setiap keluarga korban. Sehingga total bantuan sebesar Rp60 juta yang berasal dari anggaran LPSK.

“Kami fokus pemenuhan dan pemulihan hak korban, seperti santunan dan kompensasi,” ucap Edwin.

Baca Juga: Keluarga Korban Pembunuhan MIT Poso Terima Santunan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya