Hashim Spill Amran Sulaiman Tetap Mentan di Kabinet Prabowo-Gibran

Prabowo disebut terkesan dengan kinerja Mentan Amran

Makassar, IDN Times - Andi Amran Sulaiman disebut bakal tetap menjabat Menteri Pertanian pada kabinet menteri saat Prabowo Subianto menjadi Presiden. Hal itu disampaikan adik Prabowo sekaligus Anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Hashim Djojohadikusumo.

Hashim dan Amran sama-sama hadir sebagai narasumber pada dialog kebangsaan yang diselenggarakan Universitas Hasanuddin, di Auditorium Prof. A. Amiruddin, Selasa pagi (20/2/2024). Saat berbicara menyampaikan sambutan di panggung, Hashim membocorkan sedikit informasi mengenai susunan kabinet Prabowo-Gibran, yang bakal dihuni Amran.

"Saya mau sampaikan sedikit rahasia... bisa dipastikan bahwa yang akan meneruskan kebijakan pemerintah di bidang pertanian di masa pemerintahan yang akan datang, hampir dipastikan insya Allah pak Amran," kata Hashim.

Baca Juga: Dijuluki Bapak Modernisasi Pertanian, Mentan Amran Punya Pondasi Kuat

1. Prabowo disebut terkesan dengan kinerja Amran Sulaiman

Hashim Spill Amran Sulaiman Tetap Mentan di Kabinet Prabowo-GibranMenteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman, Wali Kota Medan Bobby Nasution memanen jagung (Dok. Diskominfo Medan)

Hashim mengatakan, Prabowo akan menunjuk Amran untuk melanjutkan kinerja baiknya sebagai Menteri Pertanian. Amran dianggap sebagai orang tepat dengan alasan keberlanjutan, stabilitas, yang berdampak baik terhadap politik.

"Ini saya tahu karena cukup dekat dengan calon presiden yang akan datang. Beliau sangat berkesan dan sangat bangga dengan pekerjaan pak Amran," ucap Hashim.

"Insya Allah yang akan menentukan nanti Tuhan Yang Maha Kuasa. Tapi yang usulkan presiden yang akan datang," dia menambahkan.

2. Hashim bicara pengalaman politik, bisnis, dan filantropi

Hashim Spill Amran Sulaiman Tetap Mentan di Kabinet Prabowo-GibranHasim Djojohadikusumo, Adik Prabowo Subianto, Anggota Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran, saat berbicara di dialog kebangsaan Universitas Hasanuddin di Makassar, Selasa (20/2/2024). (YouTube/Unhas)

Hashim berbicara dalam dialog kebangsaan Unhas sebagai Ketua Yayasan Arsari Djojohadikusumo. Dia berbagi pengalaman di bidang politik, dunia usaha, dan filantropi.

Dalam pemaparannya, Hashim bercerita bahwa telah menggeluti dunia bisnis selama 45 tahun. Dia berpengalaman berbisnis di 44 negara, dari Asia, Eropa, hingga Afrika. "Menjadi politikus, saya kesasar," katanya.

3. Amran bahas krisis pangan sebagai masalah global

Hashim Spill Amran Sulaiman Tetap Mentan di Kabinet Prabowo-GibranMentan Amran Sulaiman. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Di acara tersebut, Andi Amran Sulaiman, putra Bone, Sulawesi Selatan, memaparkan soal ketahanan pangan dan kemandirian bangsa. Dia mengungkapkan bahwa saat ini kondisi pertanian memprihatinkan, di mana masalah pangan jadi persoalan global. Salah saut pemicunya pemanasan global, yakni peningkatan suhu sekitar satu persen.

Amran mengatakan saat ini sepuluh negara di dunia rakyatnya kelaparan. Ada satu juta miliar penduduk yang mengalami masalah tersebut. Sedangkan di Indonesia, sekitar 7 hingga 16 persen penduduk rentan kelaparan. "Kita perlu memitigasi risiko kelaparan," katanya.

Baca Juga: Inspiratif! Mentan Amran akan Berikan Gaji-Tunjangannya ke Yatim Piatu

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya