Comscore Tracker

Opor Ayam dan 10 Tradisi yang Identik dengan Lebaran

Tradisi lebaran mana yang selalu kamu rindukan?

Momen lebaran Idul Fitri menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat, terutama umat muslim. Hari raya tersebut jadi momen untuk bergembira dan berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Terdapat beberapa tradisi yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat saat lebaran. Umumnya, tradisi itu hanya bisa dijumpai saat momen hari raya. Berikut ini sepuluh di antaranya.

Baca Juga: 7 Syarat Wajib Menyetir Mobil Pribadi Saat Mudik Lebaran

1. Mudik

Opor Ayam dan 10 Tradisi yang Identik dengan Lebaranlokadata.id

Banyak orang merantau meninggalkan daerah asal mereka untuk bekerja. Momen lebaran yang biasanya diikuti dengan libur panjang dimanfaatkan para perantau untuk mudik ke kampung halaman. Tradisi mudik menjadi hal yang tidak pernah terlewatkan saat lebaran di setiap tahunnya.

2. Sungkem kepada orang tua

Opor Ayam dan 10 Tradisi yang Identik dengan Lebaranbincangmuslimah.com

Setelah menjalankan salat Id, keluarga biasanya berkumpul untuk saling bermaaf-maafan. Di momen ini orang yang lebih muda akan sungkem kepada orang yang lebih tua atau dituakan.

3. Takbir keliling

Opor Ayam dan 10 Tradisi yang Identik dengan Lebaransukamantri-sukabumi.desa.id

Pada malam sebelum hari raya, orang-orang akan berkumpul untuk kemudian berkeliling bersama dengan mengumandangkan takbir sambil membawa obor. Umumnya orang-orang akan berkeliling di sekitar pemukiman mereka, baik berjalan kaki atau menggunakan kendaraan.

4. Angpao atau THR

Opor Ayam dan 10 Tradisi yang Identik dengan Lebaranwww.stkippgriponorogo.ac.id

Nah, membagi-bagi THR merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu terutama anak-anak. Orang yang lebih tua atau sudah bekerja akan memberikan uang kepada sanak saudaranya yang lebih muda.

5. Bermain petasan

Opor Ayam dan 10 Tradisi yang Identik dengan Lebaranwww.wartatransparansi.com

Bermain petasan mungkin bisa dimainkan kapan saja. Tetapi, setelah melaksanakan Salat Id, beberapa daerah khususnya di desa-desa akan menyalakan petasan yang dilakukan oleh sebagian besar warga desa tersebut.

6. Ketupat dan opor ayam

Opor Ayam dan 10 Tradisi yang Identik dengan Lebaranwww.halodoc.com

Ketupat menjadi makanan yang wajib hadir saat momen lebaran tiba. Ketupat biasanya disajikan bersama dengan opor ayam, rendang, dan sayur. Jangan lupa untuk menambahkan kerupuk agar tambah nikmat.

7. Membeli Baju Baru

Opor Ayam dan 10 Tradisi yang Identik dengan Lebaranbloktuban.com

Membeli baju bisa dilakukan di hari-hari biasa. Namun, membeli baju baru saat menjelang lebaran dilakukan oleh sebagian besar orang di Indonesia. Mereka ingin tampil dengan pakaian terbaik saat menyambut momen yang spesial.

8. Bertukar parsel

Opor Ayam dan 10 Tradisi yang Identik dengan Lebarankbr.id

Bertukar parsel menjelang lebaran tiba dilakukan oleh sebagian masyarakat. Parsel umumnya berisi barang yang berkaitan dengan lebaran. Bertukar parsel bertujuan saling memberi dan berbagi kebahagiaan antar keluarga.

9. Ziarah makam

Opor Ayam dan 10 Tradisi yang Identik dengan Lebaranwww.minews.id

Selesai melaksanakan Salat Id, orang-orang akan pergi ke makam untuk mendoakan sanak saudara yang telah meninggal dunia.

10. Kue lebaran

Opor Ayam dan 10 Tradisi yang Identik dengan Lebaranwww.kompas.com

Menu kue lebaran menjadi menu wajib ada di setiap rumah saat hari raya idul fitri. Ada 4 kue lebaran yang sering disajikan saat lebaran, yaitu kastangel, nastar, putri salju, dan kacang goreng.

Itulah 10 tradisi yang hanya dapat dijumpai saat hari raya lebaran. Pasti seru ya kalau melakukan tradisi lebaran bersama keluarga.

Baca Juga: 10 Penyakit yang Paling Sering Menyerang saat Mudik, Jaga Diri ya

Prayoga Adi Purna Photo Community Writer Prayoga Adi Purna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya