Comscore Tracker

5 Manfaat Memberi Maaf di Hari Raya, Bikin Hati Tenang! 

Buat hari rayamu semakin bermakna dengan saling memberi maaf

Hari raya Idul Fitri sebentar lagi tiba. Semua amalan-amalan yang dikerjakan selama bulan Ramadan atas izin-Nya berpahala beberapa kali lipat jika dilakukan dengan niat tulus dan ikhlas.

Namun apalah daya jika bulan yang penuh berkah dan pahala ini harus berpisah dengan kita. Berganti dengan babak final yang akan menyambut kita yakni hari raya Idul Fitri.

Momen berpisah dengan bulan Ramadan ini ditandai dengan usaha saling memaafkan kepada sanak saudara. Momen memaafkan menjadi sesuatu yang bernilai, supaya diringankan dalam menjalani kehidupan.

Ingin tau mengenai beberapa manfaat yang kamu dapatkan saat kamu mampu memberi maaf di Hari raya nanti? Scroll ke bawah!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Netflix untuk Libur Lebaran Bersama Keluarga

1. Menjadi tenang dan bahagia 

5 Manfaat Memberi Maaf di Hari Raya, Bikin Hati Tenang! ilustrasi bahagia (freepik.com/tirachardz)

Saat kita mampu memberi maaf kepada orang yang pernah menyakiti kita, yang akan kita rasakan ialah ketenangan dan kebahagiaan. Hal ini dikarenakan kita sudah memutuskan untuk tidak memikirkan hal-hal di luar kendali kita. Tidak semua hal di dunia ini harus sejalan dengan keinginan kita. Seperti sikap orang lain ke kita.

Kesalahan orang lain terhadap kita merupakan tindakan di luar kontrol diri kita. Berilah maaf kepada mereka sesegera mungkin agar hidupmu lebih tenang, terlebih ketika hari raya tiba memaafkan orang lain menjadi hal yang membahagiakan.

2. Tambah bijaksana 

5 Manfaat Memberi Maaf di Hari Raya, Bikin Hati Tenang! ilustrasi baijak (freepik.com/tirachardz)

Manfaat yang kedua apabila kamu mampu memaafkan orang lain saat hari-hari biasa atau pada saat lebaran nanti yakni, kamu sudah naik tingkat menjadi seseorang yang bijak. Keputusan memberi maaf adalah pilihan yang baik.

Tidak semua orang mampu dan mau menurunkan egonya untuk memaafkan kesalahan orang lain. Maka beruntunglah kamu yang sudah bisa memilih kebaikan untuk mendewasakan diri dengan cara yang bijaksana.

3. Mempererat tali silaturami 

5 Manfaat Memberi Maaf di Hari Raya, Bikin Hati Tenang! ilustrasi persaudaraan (freepik.com/rawpixel.com)

Permasalahan dapat merenggangkan hubungan sesama saudara. Perbedaan pendapat maupun pola pikir dapat memicu terjadinya kesalah pahaman. Meski berbeda, bukan berarti kita boleh menyalahkan orang lain. belum tentu apa yang kita sangka selamanya benar. maka jangan sampai kesalah pahaman tersebut, menimbulkan kemarahan dan kebencian. Lebih baik di bicarakan baik-baik dan memaafkannya. 

Jika kedua belah pihak telah sepakat untuk mengakui kesalahan masing-masing dan saling memaafkan, ini merupakan dasar untuk membangun kembali kepercayaan antar kedua belah pihak. Kepercayaan yang terbangun kembali akan menguatkan persatuan dan kesatuan. Persatuan yang terjalin akan mempererat tali silaturahmi.

4. Banyak yang menyenangi 

5 Manfaat Memberi Maaf di Hari Raya, Bikin Hati Tenang! ilustrasi senang (freepik.com/wayhomestudio)

Sudah menjadi kodrat sebagai manusia tidak terlepas dari kesalahan dan ketidaksempurnaan dalam perbuatan. Demikianlah manusia diciptakan untuk saling bersabar atas perbuatan orang lain.

Di saat kita mampu menerima kesalahan yang diperbuat dan kita dapat memaafkannya, akan muncul suatu energi positif dalam diri kita. Lantaran memaafkan sendiri adalah perbuatan yang baik, pasti banyak orang-orang yang menyukai perilaku kita dan akan disenangi siapa pun.

5. Mencegah dan meredakan stress 

5 Manfaat Memberi Maaf di Hari Raya, Bikin Hati Tenang! ilustrasi stres (freepik.com/master1305)

Secara umum, memaafkan merupakan salah satu cara seseorang untuk melepas dendam. Memaafkan menjadi media untuk menghindar dari segala macam penyakit yang menyerang tubuh.

Tidak dapat dipungkiri dengan memaafkan akan ada banyak manfaat seperti mencegah dan meredakan stres. Stres tercipta karena adanya rasa khawatir berlebih terhadap sesuatu diluar kendali kita. Dengan memaafkan, besar kemungkinan dapat mencegah stres.

Memaafkan menjadi suatu sikap yang harus kita latih. Sebab kita tidak bisa memastikan jalan selalu mulus sesuai harapan. Kesalahan menjadi ciri manusia yang tidak sempurna. Meskipun memaafkan tidak bisa dilakukan secara langsung, mengetahui manfaatnya seperti di atas dapat mempermudah proses memaafkan. Jadikan momen lebaran menjadi momen kebahagiaan untuk bisa saling memaafkan satu sama lain.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Tak Perlu Malu Bergaya Tanpa Baju Baru di Hari Raya

Maftukhatul Azizah Photo Community Writer Maftukhatul Azizah

Menulis adalah caraku untuk mengekspresikan rasa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya