Comscore Tracker

5 Jenis Tanaman Segar yang Cocok untuk Menghias Dapur

Bikin dapur jadi tampak cantik dan segar 

Biasanya tanaman ditempatkan di lahan yang luas. Namun, dengan memerhatikan jenis tanaman dan cara merawatnya, kita juga bisa meletakkan tanaman hidup di dalam rumah, bahkan di dapur.

Memiliki tanaman di dapur tak hanya dapat menambah keindahan. Melainkan juga bisa membuat suasana dapur jadi lebih segar dan menenangkan. Ini karena beberapa jenis tanaman memang dapat membantu untuk membersihkan udara di dalam ruangan.

Apabila kamu ingin menanamnya, sebaiknya letakkan tanaman-tanaman di dekat jendela agar mendapat udara segar dan juga sinar matahari. Berikut lima jenis tanaman yang cocok dijadikan pilihan untuk disimpan di area dapur.

Baca Juga: 8 Jenis Tanaman Keladi Ini Bikin Rumah Cantik dan Nyaman

1. Tanaman herbal 

5 Jenis Tanaman Segar yang Cocok untuk Menghias Dapurilustrasi tanaman herbal (mashed.com)

Ada banyak jenis tanaman herbal yang bisa kamu tanam di dalam pot dengan drainase yang baik. Beberapa yang mudah tumbuh diantaranya daun ketumbar, basil, oregano, mint, dan parsley.

Tanaman herbal menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin membuat suasana dapur tampak berbeda. Sekaligus kalau kamu ingin merasakan kesegaran bahan-bahan masakan yang dipetik secara langsung.

Untuk perawatannya, secara umum tanaman herbal membutuhkan sinar matahari penuhdengan media tanam yang sedikit berpasir. Sebelum menanamnya, jangan lupa perhatikan karakteristik tanamannya agar kamu dapat memberikan perlakuan yang sesuai.

2. Philodendron 

5 Jenis Tanaman Segar yang Cocok untuk Menghias Dapurilustrasi tanaman philodendron (thespruce.com/Alexandra Shytsman )

Philodendron merupakan salah satu jenis tanaman yang tengah digemari banyak orang di masa sekarang. Tanaman ini memiliki banyak sekali jenis. Dua tipe yang bisa kita temui adalah yang panjang merambat dan yang tidak merambat.

Secara umum, tanaman ini cenderung menyukai suhu yang hangat namun tetap lembab dan ternaungi. Maka, kamu bisa menyimpannya di dapur dekat jendela. Jangan ragu untuk menyemprotnya dengan sprayer apabila lingkungan terlalu kering karena philodendron menyukai kelembapan.

3. Sukulen 

5 Jenis Tanaman Segar yang Cocok untuk Menghias Dapurilustrasi tanaman sukulen di dapur (balconygardenweb.com)

Sebagai tanaman yang tak butuh banyak perawatan, sukulen sering dipilih sebagai tanaman hias di dalam rumah. Tanaman ini memiliki karakteristik yang kuat dan tahan berada di lingkungan bersuhu tinggi hanya dengan sedikit air.

Untuk menanamnya di dapur, ada banyak variasi sukulen yang bisa kamu pilih, contohnya antara lain aloe vera, echeveria, haworthia, dan donkey’s tail.

4. Lidah mertua 

5 Jenis Tanaman Segar yang Cocok untuk Menghias Dapurilustrasi tanaman lidah mertua atau snake plants (unsplash.com/Kara Eads)

Tanaman lidah mertua atau yang juga dikenal dengan nama snake plants termasuk tanaman yang cukup populer di kalangan masyarakat. Tanaman berdaun kaku ini cukup mudah untuk tumbuh dan, sama seperti sukulen, juga mudah untuk dirawat.

Lidah mertua tak memerlukan banyak air untuk terus hidup. Maka, gunakanlah tanah berpasir dengan drainase yang sempurna dan pastikan tanah sudah kering sebelum kamu menyiram kembali tanaman ini.

Agar tak memakan banyak tempat, pilih tanaman lidah mertua yang berukuran kecil, serta letakkan di area dapur yang terkena cahaya matahari.

5. Spider plant (chlorophytum) 

5 Jenis Tanaman Segar yang Cocok untuk Menghias Dapurilustrasi spider plant (unsplash.com/Lucian Alexe)

Berdaun tipis dan panjang menjuntai dengan gradasi warna hijau-kuning menjadi ciri kahs dari tanaman spider plant. Tanaman ini akan tampak cantik meski ditanam di dalam pot gantung.

Meski tak membutuhkan perawatan yang sulit, spider plant tidak suka dengan banyak air serta tidak cocok dengan sinar matahari langsung. Ini karena paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama akan membuat daunnya mudah terbakar dan menjadi layu.

Oleh karena itu, tempat paling ideal untuk tanaman ini adalah di balik jendela, dimana lokasi tersebut membuat tanaman tetap mendapat sinar matahari namun tidak langsung mengenai tanaman karena terhalang kaca.

Itulah 5 jenis tanaman yang cocok untuk menghias dapur. Dari yang sudah disebutkan di atas, tanaman apa yang paling kamu suka?

Baca Juga: 9 Dekorasi untuk Dapur Serba Putih, Bersih bak Dapur Restoran!

Halifa Photo Community Writer Halifa

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya