Comscore Tracker

6 Cara Nolak Orang buat Kamu yang Gak Enakan, Super Simple!

Gak ada keraguan lagi untuk menolak

Bagi sebagian orang mungkin akan sulit rasanya untuk menolak permintaan dari orang lain. Meski dirinya memang beneran gak bisa menerimanya karena suatu faktor lain, tapi itu sulit banget untuk diungkapkan.

Mau menerimanya tapi lagi gak bisa, dan juga bingung mau menolaknya seperti apa. Itulah yang dirasa oleh sebagian dari kita. Namun tenang saja, kita bisa mengatasinya supaya tidak ada rasa gak enakan saat mau menolak orang lain.

Ini enam kalimat alternatif yang bisa kamu pilih jika gak enak buat menolak.

Baca Juga: 5 Cara Sopan Menolak Permintaan Orang Lain, Gak Asal Bilang Tidak!

1. Maaf ya aku pikir-pikir dulu, nanti aku kabarin 

6 Cara Nolak Orang buat Kamu yang Gak Enakan, Super Simple!ilustrasi cara nolak orang (pexels.com/Mental Health America (MHA))

Cara untuk bisa menolak orang secara halus yaitu dengan kalimat seperti, "maaf ya aku pikir-pikir dulu, nanti aku kabarin" bisa kamu gunakan. Gunakan kalimat tersebut untuk kamu yang memang beneran gak bisa menerima tawaran darinya.

Dengan melontarkan kalimat nolak seperti itu, orang tersebut akan mengerti posisimu kenapa menolaknya. Ucaplah dengan menggunakan intonasi yang rendah dan halus agar tidak tersinggung.

2. Maaf nanti aja ya, ada yang mau aku selesain dulu 

6 Cara Nolak Orang buat Kamu yang Gak Enakan, Super Simple!ilustrasi cara nolak orang (pexels.com/Monstera)

Cara menolak yang kedua yang bisa kamu ucapin adalah pakai kalimat "maaf nanti aja ya, ada yang mau aku selesain dulu". Kalimat ini bisa kamu gunakan ketika lagi ada kesibukan yang tidak boleh ditinggalkan.

Apabila ada temanmu yang mau ngajak kamu kemana, boleh menolaknya dengan kata ini. Cara menolaknya pun harus dari hati dan perkataannya halus kepada orang yang mengajakmu.

3. Makasih ya tawarannya, tapi maaf aku ada janji lain 

6 Cara Nolak Orang buat Kamu yang Gak Enakan, Super Simple!ilustrasi cara nolak orang (pexels.com/Armin Rimoldi)

Ada kalimat lain lagi yang bisa kamu tolak secara halus dan tidak bikin tersinggung orang itu. Ucapkan dengan kata-kata berikut, "makasih ya tawarannya, tapi maaf aku ada janji lain."

Kalimat yang paling tepat untuk kamu yang merasa gak enakan kalau nolak permintaan orang lain padahal sebenarnya kamu juga ada janji lain. Bisa kamu langsung praktikkan jika waktumu tidak memungkinkan untuk menerimanya.

4. Makasih ya infonya, tapi mungkin lain kali aja 

6 Cara Nolak Orang buat Kamu yang Gak Enakan, Super Simple!ilustrasi cara nolak orang (pexels.com/Keira Burton)

Kalimat alternatif lainnya yang bisa dipake buat nolak orang lain yaitu "makasih ya infonya, tapi mungkin lain kali aja." Ucapan menolak yang sederhana tapi sekaligus membuktikan bahwa kamu juga berterima kasih atas info yang ia kasih ke kamu.

Jadi dengan menolaknya, kamu gak akan merasa gak enak kepadanya. Pakailah kalimat tadi bila waktumu memang belum bisa menyempatkan untuk bareng sama mereka.

5. Kayaknya asyik tuh, tapi maaf ya gak dulu, makasih 

6 Cara Nolak Orang buat Kamu yang Gak Enakan, Super Simple!ilustrasi cara nolak orang (pexels.com/RODNAE Productions)

Kata tolak yang berikutnya adalah "kayaknya asyik tuh, tapi maaf ya gak dulu, makasih." Jangan khawatir dengan kalimat tersebut, kamu bisa ucapkan dengan menyeimbangkan intonasi suaramu juga yaitu dengan rendah dan lembut.

Selain itu, ada kata yang menampilkan sisi kebahagiaan karena orang itu mengajakmu ke tempat yang seru. Jadi sisipkan juga kata yang menyenangkan bila ingin menolaknya dengan cara santai.

6. Aku pengen banget sih, tapi maaf lagi gak bisa 

6 Cara Nolak Orang buat Kamu yang Gak Enakan, Super Simple!ilustrasi cara nolak orang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kalimat terakhir yang bisa kamu ucapkan untuk menolak seseorang yaitu "aku pengen banget sih, tapi maaf lagi gak bisa." Kamu gak usah bingung lagi mau menolaknya seperti apa, jawablah dengan kata-kata alternatif tadi.

Kamu yang ingin banget ikut dengan mereka tapi keadaan memang gak bisa. Bisa dicoba ngomong dengan kalimat tadi sehingga kamu menolaknya tanpa ada rasa gak enakan.

Sekarang udah gak bingung lagi'kan cara menolak orang lain seperti apa. Intip saja dari enam pilihan kalimat di atas yang pas buat kamu ucapkan ke temanmu untuk nolak permintaannya. Jadi kamu bisa menolaknya tanpa ada rasa gak enakan lagi, deh!

Baca Juga: 5 Alasan Perlu Luangkan Waktu untuk Orang-orang di Sekitarmu

Gebialya R. Photo Community Writer Gebialya R.

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya