Comscore Tracker

8 Barang Ini Wajib Kamu Punya Saat Mau Ngekos

Cek daftarnya, mana saja yang udah kamu punya

Ngekos  atau tinggal sendirian yang jauh dari tempat tinggal sering dilakukan oleh mahasiswa atau anak rantauan. Untuk itu kamu harus bisa untuk hidup mandiri. Untuk itu kamu harus mencari indekos yang nyaman agar betah di kamar.

Tinggal sendirian membuat kamu perlu mempersiapkan barang yang harus kamu bawa di kamar indekos. Ini di luar barang yang biasanya sudah disediakan, seperti kasur dan lemari pakaian.

Lalu, barang apa yang kamu perlukan selain itu? Simak daftarnya di bawah ini, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Kangen saat Ngekos, Masakan Rumah Emang The Best 

1. Peralatan makan

8 Barang Ini Wajib Kamu Punya Saat Mau Ngekosilustrasi alat makan(pexels/cottonbro)

Peralatan makan wajib banget kamu bawa. Tentunya kamu yang mesti makan minimal 3 kali sehari pasti butuh alat makan. Kebanyakan indekos tidak menyediakan alat makan.

Jadi, alat makan harus banget kamu bawa. Minimal alat makan yang harus kamu bawa adalah piring, mangkuk, sendok, garpu, dan gelas. 

2. Galon dan dispenser

8 Barang Ini Wajib Kamu Punya Saat Mau Ngekosilustrasi air galon (dok.pribadi/Farras Salsa Nabila)

Selain makan, tentunya kamu pasti perlu minum. Kamu perlu minum yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. Sehingga kamu perlu air minum di dalam indekos untuk mencukupi kebutuhan minum kamu. 

Di zaman sekarang dispenser sudah ada banyak jenisnya. Mulai dari dispenser elektrik hingga dispenser pompa. Dispenser jenis ini minim tempat dan mudah digunakan.

3. Alat kebersihan

8 Barang Ini Wajib Kamu Punya Saat Mau Ngekosilustrasi alat kebersihan(unsplash/Heather Ford)

Alat kebersihan juga harus banget kamu bawa. Kamar kamu harus bersih dan rapi agar kamu nyaman saat menempatinya. Kamu harus membersihkannya setiap hari agar kamar terawat dan terhindar dari serangga.

Alat yang bisa kamu bawa adalah sapu, alat pel, pengki, dan kain lap. Kamu bisa beli alat kebersihan di tempat yang dekat dengan kosan kamu.

4. Rice cooker

8 Barang Ini Wajib Kamu Punya Saat Mau Ngekosilustrasi dari rice cooker(unsplash/Katherine Chase)

Rice cooker  juga wajib banget kamu punya. Rice cooker  menjadi salah satu alat yang penting karena tidak hanya digunakan untuk memasak nasi saja, melainkan juga bisa digunakan untuk memasak lauk.

Rice cooker  juga bermanfaat untuk menghemat uang saku kamu. Kamu juga bisa beli rice cooker  mini agar dapat hemat listrik dan tempat.

5. Gantungan pakaian

8 Barang Ini Wajib Kamu Punya Saat Mau Ngekosilustrasi gantungan baju(unsplash/Markus Winkler)

Saat hidup sendiri kamu harus mencuci pakaian kamu sendiri. Dengan begitu kamu pasti butuh gantungan baju untuk menjemur pakaian agar lebih cepat kering.

Kamu juga bisa pakai gantungan baju untuk menggantung pakaian kamu agar tidak mudah kusut. Sehingga lemari kamu bisa tertata lebih luas dan rapi.

6. Terminal listrik/stop kontak

8 Barang Ini Wajib Kamu Punya Saat Mau Ngekosilustrasi terminal listrik (dok.pribadi/Farras Salsa Nabila)

Di kamar kosankamu juga perlu terminal listrik yang berkabel panjang. Biasanya di kamar cuma disediakan satu colokan listrik yang menempel di dinding. Sehingga kamu perlu terminal listrik yang panjang agar mudah dipindah.

Tidak hanya butuh terminal listrik yang panjang. Kamu juga perlu terminal listrik berstop kontak banyak agar bisa digunakan secara bersamaan.

7. Alat mandi

8 Barang Ini Wajib Kamu Punya Saat Mau Ngekosilustrasi alat mandi(pexels/Karolina Grabowska)

Jangan lupakan kegiatan yang harus dilakukan minimal dua kali sehari yaitu mandi. Kamu perlu alat mandi disertai dengan keranjangnya. Karena saat mandi kamu harus bergantian dengan teman kosan yang lain.

Alangkah baiknya kamu punya tempat sendiri untuk menyimpan alat mandi kamu agar tidak tertukar dengan teman lainnya.

8. Selimut dan seprai

8 Barang Ini Wajib Kamu Punya Saat Mau Ngekosilustrasi memasang sarung bantal(pexels/cottonbro)

Saat tidur kamu perlu selimut untuk menutupi dari dinginnya angin malam. Salah satu yang tidak disediakan oleh tempat kosan adalah selimut dan seprai. Untuk itu kamu harus membawa dari rumah.

Kamu juga perlu cadangan selimut dan seprai agar nanti saat dicuci sudah ada penggantinya. Jangan lupakan juga untuk penutup dari bantal dan guling yang akan kamu gunakan.

Banyak juga ya, daftarnya? Jadi, dari banyaknya list di atas mana saja yang sudah kamu punya?

Baca Juga: Bertetangga, 5 Attitude yang Perlu Kamu Terapkan saat Ngekos

Farras Salsa Photo Community Writer Farras Salsa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya