Comscore Tracker

15 Film dengan Rating Tertinggi menurut Situs IMDb, Mana Favoritmu?

Jangan sampai melewatkan daftar film terbaik ini

Tak bisa dipungkiri, film merupakan salah satu hiburan yang paling disukai banyak orang, mulai dari anak-anak, remaja, maupun kalangan dewasa. Di antara Mereka ada yang menyukai film bergenre kartun, horor, fiksi, petualangan, laga, bahkan drama. Dari genre-genre favorit, alur cerita yang menarik, sampai bintang film kesayangan memainkan peran, jadi pemicu alasan kita untuk menghabiskan waktu menonton film.

Nah, sobat IDN Times, kali ini penulis akan merangkum, apa saja film dengan rating tertinggi menurut situs bergengsi IMDb.com atau Internet Movie Database, sebuah anak perusahaan Amazon yang bergerak di bidang situs basis data daring yang membahas mengenai Film dan Acara TV.

Kira-kira, ada gak film favorit Kalian di bawah ini? Yuk, simak ulasan tentang 15 film dengan rating tertinggi menurut situs IMDb!

Baca Juga: 5 Serial TV Netflix yang Siap Ditonton Juni 2022!

15. Forrest Gump 1994 (8,8/10)

https://www.youtube.com/embed/bLvqoHBptjg

Forrest Gump adalah film drama Amerika Serikat tahun 1994, diangkat berdasarkan novel tahun 1986 karya Winston Groom. Film ini berdurasi 142 menit yang digarap oleh produsen dan distributor film Paramount Pictures.

Forrest Gump berhasil meraih total 13 nominasi Academy Awards, di antaranya kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Robert Zemeckis), dan Aktor Terbaik (Tom Hanks).

Film dengan anggaran US$55 juta dan pendapatan kotor lebih dari US$677 juta ini dapat Anda saksikan di layanan streaming Netflix.

14. FIght Club 1999 (8,8/10)

https://www.youtube.com/embed/qtRKdVHc-cE

Fight Club diliris tahun 1999, diadaptasi dari novel yang juga berjudul Fight Club karya Chuck Palahniuk. Film ini mengisahkan tentang kehidupan seseorang tanpa nama yang juga menjadi narator di film ini (Edward Norton), Tyler Durden (Brad Pitt), Marla Singer (Helena Bonham Carter), dan disutradarai oleh David Fincher.

Film yang berdurasi 139 menit ini membutuhkan anggaran US$63 juta dengan mendapatkan pendapatan kotor sebesar US$100 juta.

13. The Lord of The Rings: The Two Towers 2002 (8,8/10)

https://www.youtube.com/embed/hYcw5ksV8YQ

The Lord of the Rings: The Two Towers adalah film fantasi/petualangan. Sekuel dari trilogi The Lord of the Rings ini dirilis pada tahun 2002. Disutradarai oleh Peter Jackson, diangkat berdasarkan novel legendaris dengan judul yang sama karya J.R.R. Tolkien.

Film ini dibintangi oleh Elijah Wood, Viggo Mortensen, Andy Serkis, Ian McKellen, Orlando Bloom, Liv Tyler, dan Sean Astin. Diproduksi oleh salah satu studio film terbesar Amerika Serikat, New Line Cinema, menelan anggaran produksi sebesar US$94 juta dan meraup pendapatan kotor lebih dari US$924 juta, hampir 10x lipat, wow!

12. Inception 2010 (8,8/10)

https://www.youtube.com/embed/YoHD9XEInc0

Film laga & fiksi ilmiah yang dirilis tahun 2010 ini, disutradarai oleh Christopher Nolan, diproduseri oleh Christopher Nolan dan Emma Thomas. Dibintangi oleh artis ternama, seperti Leonardo DiCaprio, Joseph Gordon-Levitt, Elliot Page, Tom Hardy, Ken Watanabe, Cillian Murphy, Marion Cotillard, Tom Berenger dan Michael Caine.

Film ini berdurasi 148 menit, total pendapatan kotor yang dihasilkan film ini mencapai US$828 juta, melebihi 5x lipat anggaran produksinya yang hanya US$160 juta.

11. The Batman 2022 (8,8/10)

https://www.youtube.com/embed/-FZ-pPFAjYY

The Batman adalah film superhero Amerika Serikat yang dirilis di Indonesia pada 2 Maret 2022, berdasarkan karakter yang diterbitkan oleh DC Comics. Film ini diproduksi oleh DC Films, 6th & Idaho, dan Dylan Clark Productions, dan didistribusikan oleh Warner Bros. Pictures.

Film yang berdurasi 176 menit ini disutradarai oleh Matt Reeves dan dibintangi oleh Robert Pattinson, Zoë Kravitz, Paul Dano, Jeffrey Wright, John Turturro, Peter Sarsgaard, Andy Serkis, dan Colin Farrell.

10. Pulp Fiction 1994 (8,9/10)

https://www.youtube.com/embed/s7EdQ4FqbhY

Pulp Fiction adalah film drama kriminal tahun 1994 yang dibintangi oleh John Travolta, Samuel L. Jackson, Uma Thurman, Bruce Willis, Tim Roth, Ving Rhames. Karya sutradara Quentin Tarantino, dan menulis bersama naskah cerita film Roger Avary.

Film yang hanya beranggaran US$8.5 juta, mampu mendapatkan pendapatan kotor US$212.9 juta, 24x lipat dari biaya anggarannya. Film ini mendapatkan nominasi untuk tujuh Piala Oscar, termasuk di antaranya Film Terbaik, Quentin Tarantino dan Roger Avary memenangi Oscar untuk kategori Best Original Screenplay.

9. The Lord of the Rings: The Fellowship of the Rings 2001 (8,9/10)

https://www.youtube.com/embed/V75dMMIW2B4

The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring merupakan bagian pertama atau pembuka dari trilogi film The Lord of The Rings. Film ini merupakan film fantasi epik petualangan yang dirilis tahun 2001, disutradarai oleh Peter Jackson. Dibintangi oleh Elijah Wood, Ian McKellen, Liv Tyler, Viggo Mortensen, Sean Astin, Cate Blanchett, John Rhys-Davies, Billy Boyd danDominic Monaghan.

Film yang berdurasi 178 menit ini, mempunyai anggaran produksi sebesar US$94 juta dengan pendapatan kotor lebih dari US$871 juta, lebih dari 9x lipat anggaran produksinya. Film ini mengantongi empat piala Oscar, yaitu untuk kategori Best Cinematography, Best Makeup, Best Original Score dan Best Visual Effect.

8. 12 Angry Men 1957 (9/10)

https://www.youtube.com/embed/_13J_9B5jEk

Film drama Amerika Serikat tahun 1957 ini, diadaptasi dari serial tv “Teleplay” dengan judul yang sama karya Reginald Rose. Ditulis dan diproduksi ulang oleh Reginald Rose dan disutradarai oleh Sidney Lumet.

Film lawas ini menceritakan12 Orang Pria yang berdiskusi menentukan nasib seseorang, pada satu latar tempat perundingan. Nyatanya, film ini tidak membuatmu bosan menonton kok, karena jalan ceritanya sangat menarik yang tidak kamu duga-duga.

Film ini dibintang Martin Balsam, John Fiedler, Lee J. Cobb, EG Marshall, Jack Klugman, Edward Binns, Jack Warden, Henry Fonda, Joseph Sweeney, Ed Begley, George Voskovec, Robert Webber.

7. The Godfather: Part II 1974 (9/10)

https://www.youtube.com/embed/9O1Iy9od7-A

The Godfather: Part II adalah sebuah film yang disutradarai oleh Francis Ford Coppoladan bekerja sama dengan Mario Puzo dalam penulisan naskah. Film ini mengangkat tema drama kejahatan epik Amerika dirilis pada tahun 1974. Dibintangi oleh Al Pacino, Robert Duvall, Diane Keaton, Robert De Niro,Talia Shire, Morgana King, John Cazale, Marianna Hill, dan Lee Strasberg.

Film ini adalah sekuel dan prekuel dari The Godfather 1972, yang berdurasi 200 menit dan beranggaran produksi US$13 juta. Wajib banget nonton nih, bagi Kamu yang suka film-film tentang mafia.

6. Schindler's List 1993 (9/10)

https://www.youtube.com/embed/gG22XNhtnoY

Schindler's List merupakan film yang diadaptasi berdasarkan novel Schindler's Ark karya Thomas Keneally, yang diterbitkan di Amerika Serikat dengan judul Schindler's List yang dirilis pada tahun 1993. Film yang diadaptasi oleh Steven Zaillian dan disutradarai oleh Steven Spielberg, dibintangi oleh Liam Neeson, Ralph Fiennes, Ben Kingsley, Caroline Goodall, Jonathan Sagall Embeth Davidtz, dan Anna Mucha.

Film dengan anggaran US$22 juta mampu mendapatkan pendapatan kotor sebesar US$321 juta, dengan durasi film yang mencapai 197 menit.

5. The Lord of the Rings: The Return of the King 2003 (9/10)

https://www.youtube.com/embed/r5X-hFf6Bwo

The Lord of the Rings: The Return of the King adalah sebuah film epik fantasi petualangan yang dirilis pada tahun 2003. The Lord of the Rings: The Return of the King menjadi salah satu film yang menerima kritik terbanyak dan merupakan film tersukses di box office sepanjang masa.

Film ini mampu meraih sebelas piala Academy Award dari sebelas nominasi yang diterimanya, juga mampu memenangkan kategori Film Terbaik Oscar, menjadikan satu-satunya film fantasi dalam sejarah yang mampu meraih kategori Film Terbaik Oscar.

Tak hanya itu saja, film ini juga menjadi film kedua terlaris di dunia setelah Titanic, yang mampu mendapatkan pendapatan kotor lebih dari US$1,11miliar dengan anggaran yang sekitar US$94 juta. Waww!

4. The Dark Knight 2008 (9,1/10)

https://www.youtube.com/embed/EXeTwQWrcwY

The Dark Knight 2008 merupakan sekuel kedua dari Batman Begins tahun 2005. Film yang disutradarai oleh Christoper Nolan, dan ditulis bersama Jonathan Nolan ini diangkat berdasarkan karakter yang muncul di buku komik yang diterbitkan oleh DC Comics. Film ini diperankan oleh Christian Bale, Michael Caine, Heath Ledger, Gary Oldman, Aaron Eckhart, Maggie Gyllenhaal dan Morgan Freeman. Diproduksi oleh perusahaan sahaan Warner Bros. Pictures, Legendary Pictures, DC Comics dan Syncopy.

Berdurasi 152 menit, film ini menghabiskan anggaran produksi sebesar US$185 juta dengan pendapatan kotor lebih dari US$1 miliar di seluruh dunia. The Dark Knight menerima delapan nominasi penghargaan pada 81st Academy Award, dan mendapatkan penghargaan untuk kategori pengeditan suara terbaik dan Ledger secara anumerta dianugerahi aktor pendukung terbaik.

3. The Godfather 1972 (9,2/10)

https://www.youtube.com/embed/UaVTIH8mujA

The Godfather merupakan film drama kriminal yang diliris tahun 1972. Disutradarai oleh Francis Ford Coppola, diproduksi oleh Albert S. Ruddy dan naskah skenario ditulis oleh Mario Puzo dan Coppola. Film ini dibintangi oleh Marlon Brando, Al Pacino, James Caan, Robert Duvall dan Diane Keaton.

Film yang berdurasi 177 menit ini  berhasil memenangkan tiga piala Oscar untuk kategori Best Picture, Best Actor dan kategori Skenario Adaptasi Terbaik. Film ini juga dianggap sebagai salah satu film terbesar di dunia perfilman, dan salah satu film yang paling berpengaruh, terutama dalam film berjenis gangster kriminal.

2. The Shawshank Redemption 1994 (9,3/10)

https://www.youtube.com/embed/PLl99DlL6b4

The Shawshank Redemption dirilis pada tahun 1994, ditulis dan disutradarai oleh Frank Darabont. Film yang merupakan hasil adaptasi dari novel karya Stephen King yang berjudul Rita Hayworth and Shawshank Redemption, mengisahkan tentang sosok Andy Dufresne (Tim Robbins) yang berusaha melarikan diri dari penjara yang telah mengekang hidupnya selama dari 40 tahun, bersahabat dengan Ellis Boyd Redding (Morgan Freeman).

Walau banyak yang mengatakan bahwa film ini gagal dalam box office, karena hanya menerima pendapatan kotor sebesar US$28 juta dari anggaran produksi yang mencapai US$25 juta, tetapi film ini mampu menerima 7 nominasi Oscar dan mendapatkan ulasan positif dari penonton dan kritikus film.

1. Jai Bhim (9,5/10)

https://www.youtube.com/embed/nnXpbTFrqXA

Jai Bhim merupakan film India dengan genre drama hukum berbahasa Tamil India yang dirilis pada November 2021. Film ini mampu merajai puncak rating tertinggi di situs IMDb untuk saat ini, dan mampu menggeser film-film produksi Hollywood, berkat ditulis dan disutradarai oleh TJ Gnanavel, diproduksi oleh perusahaan film 2D Entertainment dan didistribusikan oleh Amazing Prime Video.

Film yang berdurasi selama 164 menit ini dibintangi oleh Suriya dan Lijomol Jose.

Jadi, film apa nih yang akan kalian tonton segera?

Baca Juga: 13 Film Hollywood yang Akan Rilis Juni 2022, Ada Elvis!

Muhamad Endika Photo Community Writer Muhamad Endika

Symphony No.28

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya