Comscore Tracker

Lagu "Fibrin", Cara Akram Hadinata Temani Pendengarnya Move On

Berencana menggarap album perdana pada tahun depan

Makassar, IDN Times - Penyanyi pop asal Makassar, Akram Hadinata, merilis single keempatnya pada 7 Oktober lalu di bawah label rekaman Stay Music. Berjudul Fibrin, alunan gitar akustik Akram berpadu dengan sentuhan musik elektronik yang iringi vokal Akram selama 4 menit.

Lewat lagu ini, ia mengajak pendengar untuk menetapkan hati bila ingin melupakan kenangan-kenangan indah bersama orang yang harusnya sudah jadi masa lalu. Proses moving on nan melakolis tapi sarat rasa rapuh jadi topik yang diangkatnya dalam Fibrin.

1. Mengangkat tema penolakan pada seseorang pemberi luka di masa lalu yang datang lagi

Lagu Fibrin, Cara Akram Hadinata Temani Pendengarnya Move OnArtwork sampul single keempat Akram Hadinata, "Fibrin", yang rilis pada Oktober 2022. (Dok. Istimewa)

"Ceritanya tentang seseorang yang pernah memberi luka yang dalam di masa lampau, tapi mengajak untuk mengulang kembali cerita yang sama. Tapi jelas sudah tak ada lagi ruang dan kesempatan untuk kembali," ungkapnya kepada IDN Times pada Selasa (29/11/2022).

Menurut Akram, liriknya sudah ia tulis sejak masih SMA. Tapi, sama sekali bukan dari pengalamannya saat masih berseragam putih abu-abu.

"Lagunya bukan dari pengalaman personal, sih. Tapi lebih ke brainstorming tema, terus bangun cerita. Habis itu membayangkan bagaimana kalau itu terjadi pada saya. Baru setelah itu susun liriknya," tutur pria yang juga dikenal sebagai vocal director itu.

2. Teman-teman dekat Akram diberi keistimewaan jadi pendengar pertama

Lagu Fibrin, Cara Akram Hadinata Temani Pendengarnya Move OnPenampilan musisi asal Makassar, Akram Hadinata. (Instagram.com/akram.hadinata)

Untuk proses kreatif, Akram masih setia dengan mazhab awal sejak ia mulai merintis karier pada 2015, yakni Japan pop nan manis di telinga. Beberapa referensinya antara lain Gen Hoshino, Radwimps, Utada Hikaru, Yonezu Kenshi, Super Sale, The Charm Park dan masih banyak lagi.

Fibrin sendiri digarap sejak bulan Juli lalu, dan memakan waktu selama tiga bulan. Tapi, ternyata dirilis secara "diam-diam" lebih dulu ke orang-orang terdekat.

"Rilisnya memang 7 Oktober. Tapi pengumumannya terbatas di list teman dekat (close friends, red.) akun Instagram," ceritanya. Alhasil, para karib Akrab yang dapat kehormatan mendengar karya terbarunya lebih dulu.

Baca Juga: Hirah Sanada, Seniman Muda Makassar yang Menggugat Stereotip Gender

3. Akram berencana menggarap album perdananya pada tahun 2023

Lagu Fibrin, Cara Akram Hadinata Temani Pendengarnya Move OnPenampilan musisi asal Makassar, Akram Hadinata. (Instagram.com/akram.hadinata)

Fibrin adalah karya kelima dalam diskografi Akram Hadinata. Sebelumnya pada Februari silam, ia sudah melepas single berjudul Kura-Kura. Dan di tahun 2019, ia merilis Kebun (OST. Webseries Jalankote Rasa Keju) serta Romansa (OST. Cinta - Cindolo' Na Tape) bersamaan.

Masih di tahun 2019, ada juga lagu Embun yang direkam bersama duo folk kakak-beradik Natinson.

Selanjutnya, ada sesuatu yang lebih besar untuk kariernya sedang disiapkan. "Rencananya tahun depan mau garap album, kalau tidak ada halangan," pungkas Akram.

Baca Juga: RIC Live Show Audition, Ajang Mencari Band Jagoan Tuan Rumah

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya