Comscore Tracker

5 Tips Merawat Kulit Telapak Kaki agar Tidak Kering dan Mengelupas

Anti pecah-pecah, lho

Tak hanya kulit wajah yang perlu dirawat, kulit telapak kaki juga penting mendapat perhatian, lho. Telapak kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan kering sehingga membuatnya kasar bahkan mudah mengelupas. Telapak kaki juga kerap menganggu penampilan.

Selain dapat menganggu penampilan, kulit telapak kaki yang kasar terkadang menyebabkan rasa tidak nyaman saat berjalan ataupun berdiri lama, lho. Tapi tenang, kamu bisa gunakan tips berikut ini untuk atasi kulit telapak kaki yang kasar dengan beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah, yuk simak!

1. Gunakan foot mask 1-2 kali dalam seminggu

5 Tips Merawat Kulit Telapak Kaki agar Tidak Kering dan Mengelupasilustrasi sedang perawatan kaki (pexels.com/rodnae productions)

Kulit kamu kering, kasar, mengelupas bahkan kapalan? Tak perlu khawatir kamu bisa gunakan foot mask untuk menghidrasi dan melembapkan kulit telapak kaki secara maksimal, lho. Foot mask mengandung essence yang kaya nutrisi untuk kesehatan kulit kakimu.

Dengan rutin memakai foot mask kamu bisa dapatkan kulit telapak kaki yang halus seperti bayi, lho. Kamu bisa membeli foot mask di platform e-commerce atau toko kosmetik secara langsung, ya. 

2. Rendam dengan air yang hangat

5 Tips Merawat Kulit Telapak Kaki agar Tidak Kering dan MengelupasIlustasi perawatan kaki (unsplash.com/Klara Kulikova)

Tips selanjutnya kamu bisa mencoba rendamkan kaki dengan air hangat selama 15-20 menit. Tips ini akan melunakkan kulit telapak kaki agar tidak kering, kasar, mengelupas dan kapalan.

Kamun bisa campurkan bahan lain seperti garam epsom atau sari lemon agar memberikan hasil yang maksimal. Kulit telapak kakimu akan halus, lembut dan lembap deh!

3. Gunakan scrub atau batu apung untuk eksfoliasi

5 Tips Merawat Kulit Telapak Kaki agar Tidak Kering dan Mengelupasilustrasi produk perawatan kaki (pexels.com/monstera)

Kalau tadi kamu sudah merendam kaki dengan air hangat, setelahnya kamu bisa memulai melakukan eksfoliasi kulit telapak kaki dengan scrub atau batu apung. Pastikan kamu melakukan eksfoliasi saat kulit telapak kaki lembap, ya.

Hal itu akan mempermudah mengangkat sel kulit mati pada telapak kaki, lho. Sebaiknya hindari saat kondisi kering karena bisa memperburuk kondisi kakimu. Caranya gampang! Cukup gosokan scrub atau batu apung sehingga akan terasa lebih lembut, lho.

4. Gunakan pelembap sebelum tidur

5 Tips Merawat Kulit Telapak Kaki agar Tidak Kering dan Mengelupasilustrasi pelembap (pexels.com/armin rimoldi)

Tak hanya kulit wajah yang perlu pelembap. Pelembap menjadi hal penting dilakukan agar kulit telapak kaki tidak kering, kasar, mengelupas dan kapalan, lho. Cukup oleskan pelembap secara rutin sebelum tidur.

Pastikan kamu memilih pelembap dengan kandungan yang bagus untuk melembapkan serta menghaluskan kulit telapak kaki dengan baik. Kamu bisa memilih pelembap seperti vaseline petroleum jelly, nivea creme atau bio oil.

5. Gunakan cuka apel

5 Tips Merawat Kulit Telapak Kaki agar Tidak Kering dan Mengelupasilustrasi produk perawatan kaki (pexels.com/monstera)

Tahukah kamu, cuka apel tak semata hanya berfungsi sebagai mendesinfeksi luka atau mencegah infeksi, lho. Namun, cuka apel juga berfungsi untuk merawat kulit telapak kaki yang kering dan mengelupas.

Caranya gampang! Tuangkan cuka apel secukupnya ke dalam wadah yang sudah kamu sediakan kemudian rendamkan kaki dan diamkan sejenak. Rendaman cuka apel bisa membantu menghaluskan kulit telapak kaki dan menghilangkan sel-sel kulit mati, lho. Kamu bisa gunakan cuka apel sebagai pilihanmu!

Nah, itulah kelima tips merawat kulit telapak kaki yang bisa kamu coba lakukan sendiri dirumah. Jangan lupa lakukan dengan konsisten ya agar kulit telapak kaki tidak kering, kasar, mengelupas bahkan kapalan. Semoga membantu!

Anggraini R Photo Community Writer Anggraini R

Enjoy readers!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya