Comscore Tracker

Daftar 6 Proyek Perumahan Mewah Garapan Ciputra Group di Sulsel

Dimulai dari Citraland Celebes di Kabupaten Gowa

Makassar, IDN Times - Pada Rabu, (27/11) Ciputra tutup usia di Singapura akibat penyakit yang dideritanya. Jenazahnya dimakamkan di pemakaman keluarga di Desa Sukamaju, Jonggol, Jawa Barat. Semasa hidup, Ciputra dikenal sebagai salah satu raja bisnis properti di Tanah Air. 

Chairman dan Founder Ciputra Group itu memiiki perumahan yang menjangkau di hampir seluruh wilayah Indonesia. Menurut data yang tertera di situs resmi raksasa pengembang itu, proyek-proyek Ciputra Group sudah tersebar di 23 provinsi, salah satunya di Sulawesi Selatan. 

IDN Times menuliskan enam mega proyek milik Ciputra Group di Sulawesi Selatan, apa saja? Yuk disimak.

1. Citraland Celebes

Daftar 6 Proyek Perumahan Mewah Garapan Ciputra Group di Sulselwww.citralandcelebes.com

Citraland Celebes merupakan salah satu kompleks perumahan yang dikembangkan Ciputra Group yang berada di Kabupaten Gowa, tepatnya di Jalan Tun Abdul Razak. Kawasan ini termasuk strategis karena terletak di jalur utama Mamminasata yang menghubungkan Kota Makassar dengan kabupaten Maros, Gowa, dan Takalar.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Citraland Celebes termasuk salah satu kompleks perumahan paling mahal dan paling prestisius di Sulawesi Selatan. Harga satu unit rumah di kompleks itu bisa mencapai Rp1 miliar hingga Rp5 miliar.

Citraland Celebes mengusung konsep perumahan berwawasan lingkungan. Kompleks perumahan ini sangat mendukung gaya hidup urban yang menyukai lingkungan hijau.

2. Center Point of Indonesia (CPI)

Daftar 6 Proyek Perumahan Mewah Garapan Ciputra Group di SulselCenter Point of Indonesia/citralandcitymakassar.com

Center Point of Indonesia atau lebih dikenal dengan nama CPI merupakan sebuah kawasan reklamasi yang tengah dikembangkan Ciputra Group di Kota Makassar. Mega proyek ini digadang-gadang akan menjadi ikon baru Makassar yang disebut sebagai pintu gerbang Kawasan Timur Indonesia.

Luas lahan kawasan CPI mencapai 157 hektare. Sebanyak 50 hektare akan dikelola pemerintah provinsi Sulawesi Selatan yang digunakan untuk membangun beberapa objek seperti Masjid 99 Kubah dan kawasan ruang terbuka hijau. Sementara 107 hektare sisanya akan dikembangkan oleh Ciputra Group, salah satunya dengan membangun kompleks perumahan Citraland Losari.

Meski begitu, pembangunan CPI juga menuai pro dan kontra. Isu kerusakan lingkungan sebagai akibat dari reklamasi masih terus bergulir. Selain itu, pembangunan ini juga dianggap mengancam kehidupan warga pesisir yang menggantungkan hidupnya di sekitar lokasi pembangunan.

3. Citra Grand Galesong City

Daftar 6 Proyek Perumahan Mewah Garapan Ciputra Group di Sulselhttp://www.citragrandgalesongcity.com/

Citra Grand Galesong City juga disebut sebagai salah satu kompleks perumahan termegah dan terlengkap di Kota Makassar. Perumahan ini dikelilingi lapangan golf sehingga memberikan kesan prestisius.

Untuk saat ini, harga tanah di kawasan ini memang masih sangat murah dibanding kawasan serupa, yakni sekitar Rp4 juta per meter. Namun kenaikan harga masih diyakini terjadi seiring dengan perkembangan kawasan tersebut.

Baca Juga: Pembangunan Patung Kuda di CPI Dinilai Melanggar

4. Citraland City Losari

Daftar 6 Proyek Perumahan Mewah Garapan Ciputra Group di Sulselhttp://citralandcitymakassar.com/

Terletak di atas tanah hasil reklamasi, perumahan mewah yang tengah dibangun Ciputra Group di Makassar bernama Citraland City Losari. Perumahan itu menjadi salah satu bagian dari kawasan reklamasi Center Point of Indonesia (CPI).

Harga rumah di kawasan ini juga terbilang sangat fantastis. Harga satu unit rumah tinggal mencapai Rp2 miliar hingga Rp3 miliar, sedangkan harga kawasan kuliner dalam bentuk ruko mulai dari Rp9 miliar.

5. Apartemen VidaView

Daftar 6 Proyek Perumahan Mewah Garapan Ciputra Group di Sulselhttp://www.vidaviewmakassar.com/

Perkembangan bisnis yang pesat di kawasan Panakkukang Makassar juga tak luput dari pantauan Ciputra Group. Area ini dikelilingi berbagai fasilitas. Hal itulah yang membuat Ciputra mengembangkan VidaView Apartment di pusat Kota Makassar itu sebagai hunian vertikal.

Satu unit apartmen disewakan mulai dari harga Rp500 juta hingga Rp2 miliar dengan jumlah 690 unit. Apartemen ini disebut-sebut memberikan impresi yang indah dan dilengkapi fasilitas modern yang menunjang gaya hidup masyarakat urban Makassar.

6. Citraland Tallasa City

Daftar 6 Proyek Perumahan Mewah Garapan Ciputra Group di Sulselhttp://citralandtallasacity.com/

Citraland Tallasa City kini juga menambah daftar kompleks perumahan mewah hasil tangan Ciputra Group di Makassar. Kawasan ini mengusung konsep grand, green, and beautiful. 

Kompleks perumahan ini baru saja meluncurkan cluster kelimanya yang bernama Silver Sands pada bulan Oktober lalu. Satu unit rumah di kawasan ini dibanderol seharga Rp800 juta hingga Rp2,6 miliar.

Baca Juga: Ciputra Meninggal di Singapura, Ini Rekam Jejaknya di Bisnis Properti

Topic:

  • Asrhawi Muin
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya