TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Antarlini Persib Vs PSM: Adu Tajam Striker Asing

Catatan Anco Jansen lebih baik daripada Wander Luiz

Skuad PSM Makassar dan Persib Bandung di BRI Liga 1 2021/22 (Instagram.com/psm_makassar - Instagram.com/persib)

Makassar, IDN Times - Laga klasik Persib Bandung kontra PSM Makassar bakal jadi sajian pekan keenam BRI Liga 1 2021/22. Berlangsung di Stadion Wibawa Mukri Cikarang, Sabtu malam (2/10/2021), kedua tim siap bersaing demi poin penuh.

Anak asuh Robert Rene Alberts hendak mengakhiri catatan buruk selalu imbang di tiga pertandingan terakhir. Sementara kubu Milomir Seslija menegaskan siap menyerang total sebagai penebusan hasil buruk pekan lalu, saat kalah dari Barito Putera.

Sebagai pengantar menuju duel Pangeran Biru dan Juku Eja, berikut IDN Times menyajikan pemain-pemain kunci di seluruh lini kedua tim.

Baca Juga: Catatan 5 Pertemuan Terakhir Persib dan PSM

1. Kiper: Teja Paku Alam - Syaiful Syamsuddin

Kiper Persib, Teja Paku Alam - Kiper PSM, Syaiful Syamsuddin (Instagram.com/persib - Instagram.com/psm_makassar)

Teja Paku Alam: 1 kali main

Teja tampil meyakinkan di laga Persib terakhir. Ia mencatatkan clean sheet dengan 4 kali penyelamatan, menggagalkan seluruh shot on target pemain PS TIRA-Kabo. Meski agaknya diturunkan oleh Robert Rene Alberts sebagai rotasi untuk Muhammad Natshir, bukan tak mungkin kiper 27 tahun itu kembali dipercaya sebagai starter usai tampil ciamik pekan lalu. Ujiannya? Menghadapi trisula PSM yang pergerakannya sukar ditebak.

Syaiful Syamsuddin: 4 kali main, 6 kebobolan

Pemilik nomor punggung 51 ini sudah turun sebanyak 4 kali. Tapi tercatat ia telah memungut bola dari jala gawang sendiri sebanyak 6 kali. Artinya, Syaiful kebobolan tiap 60 menit pertandingan. Tapi di sisi lain, persentase penyelamatannya lumayan baik. Total ada 12 saves ia lakukan dari total 18 peluang on target tim lawan (66 persen). Berhadapan dengan penyerang Persib yang kaya pengalaman, ia bakal dituntut menjaga konsentrasi.

2. Belakang: Supardi Nasir - Zulkifli Syukur

Bek Persib, Supardi Nasir - Bek PSM, Zulkifli Syukur (Instagram.com/persib - Instagram.com/psm_makassar)

Supardi Nasir: 4 kali main

Sang kapten tim Persib sejatinya baru bermain sebagai starter sebanyak 3 kali. Tapi kontribusi Supardi sejauh ini memang amat terasa. Total ia sudah melakukan 9 kali intercept dan 9 clearance. Bek gaek berusia 38 tahun itu juga termasuk taktis dan disiplin saat menghentikan pergerakan lawan. Dari 198 menit penampilannya hingga pekan kelima, ia cuma melakukan 3 pelanggaran.

Zulkifli Syukur: 5 kali main

Beroperasi di sisi kanan pertahanan, Zulkifli Syukur belum tergantikan dari tim utama. Perannya pun termasuk vital. Ia tercatat sudah melepas 188 umpan sukses, atau 37,6 kali per laga. Capaian itu bahkan lebih banyak ketimbang rekan-rekannya di sektor tengah. Pemilik nomor punggung 3 itu juga telah melakukan 11 kali intercept dan 12 clearance. Zulkifli pun kerap mengirim umpan silang ke rekan-rekannya di lini depan. Tapi, menghadapi winger Persib yang dikenal lincah, ia harus berhati-hati. Sejauh ini, sosok 37 tahun itu telah melalukan 7 pelanggaran.

3. Tengah: Mohammad Rashid - Wiljan Pluim

Gelandang Persib, Mohammad Rashid - Gelandang PSM, Wiljan Pluim (Instagram.com/persib - Instagram.com/psm_makassar)

Mohammad Rashid: 5 kali main, 2 gol

Legiun asing Persib asal Palestina ini mulai nyetel dengan skema racikan Robert Rene Alberts. Jadi starter sejak pekan pertama, Rashid jadi orang ketiga di kubu Pangeran Biru yang paling aktif melepas umpan selain Marc Klok dan Victor Igbonefo. Total ada 177 umpan sukses ia hasilkan, atau 35,4 kali per laga. Gelandang 26 tahun itu juga terbilang taktis saat membangun serangan. Saat mandek, Rashid bisa menjadi opsi lain memecah kebuntuan. Ia sudah menciptakan dua gol dari total empat tembakan on target yang sudah diciptakan.

Wiljan Pluim: 5 kali main, 1 gol, 2 asis

Masuk tahun kelimanya bersama PSM, Pluim masih menjadi nyawa permainan Juku Eja. Pergerakan individunya jadi senjata ampuh untuk membongkar sektor belakang tim lawan. Hingga pekan kelima, sang kapten tim tercatat sudah menghasilkan 140 umpan sukses. Meski terbilang sedikit, masuknya Sutanto Tan membuat Pluim jadi lebih leluasa bergerak ke seluruh sisi lapangan. Beberapa operan kunci juga telah ia ciptakan. Selain satu gol, dua umpan terukur pemain berpaspor Belanda itu telah dikonversi jadi gol oleh Ilham Udin Armaiyn.

Baca Juga: Persib dan PSM Sama-sama Pusing Lini Depannya Tumpul

Berita Terkini Lainnya