Tantang Bhayangkara, PSM Jangan Anggap Remeh Lawan!

Kubu tuan rumah usung misi bangkit dari tren negatif

Makassar, IDN Times - Pekan kelima BRI Liga 1 2023-24 akan mempertemukan Bhayangkara FC dan PSM Makassar di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Sabtu malam ini (29/7/2023). Tim tuan rumah memang sedang terpuruk di papan bawah, tapi ini bukan alasan bagi Juku Eja untuk jemawa.

Wiljan Pluim dkk datang melawat dengan modal tren positif. Mereka bisa memetik kemenangan dalam dua laga terakhir. Persikabo 1973 mereka tekuk 0-1, sedangkan Persib Bandung dilibas 4-2 pada pekan lepas.

Bhayangkara FC sendiri selalu kalah sejak pekan pertama. Pekan lalu, Persikabo 1973 membungkam Matias Mier beserta kolega dengan skor 1-3. Ini jelas menjadi alarm bagi The Guardian yang musim kemarin konsisten bersaing di 8 besar.

Baca Juga: Jajal Bhayangkara FC, PSM Makassar Waspadai Kejutan Tim Juru Kunci

1. Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, mewaspadai gol cepat tuan rumah

Tantang Bhayangkara, PSM Jangan Anggap Remeh Lawan!Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Juru taktik PSM, Bernardo Tavares, mewanti-wanti anak asuhnya agar tidak memandang remeh sang lawan. Ia yakin laga ini akan berjalan sulit, terlebih Bhayangkara FC selalu mampu mencetak gol lebih dulu di babak pertama. Beberapa pemain inti The Guardian pun masih dipertahankan.

"Mereka (Bhayangkara FC) selalu bisa mencetak gol lebih dulu. Itu membuktikan kualitas mereka sebenarnya," ungkapnya dalam sesi juma pers pra-pertandingan, Jumat kemarin (29/7/2023).

"Ada (Mathias) Mier yang kita tahu kualitasnya sejak musim lalu. Pemain lokal mereka juga sangat bagus," imbuh pelatih asal Portugal tersebut.

Satu-satunya hal yang berpotensi mengganggu persiapan Juku Eja adalah minimnya waktu istirahat jelang pertandingan. Wiljan Pluim dkk baru tiba di Jakarta pada Sabtu dinihari (29/7/2023), lantaran penerbangan mereka mengalani delay lebih dari 9 jam.

2. Meski mental sedang terpuruk, Bhayangkara FC tak mau langsung mengibar bendera putih

Tantang Bhayangkara, PSM Jangan Anggap Remeh Lawan!Pesepak bola Bhayangkara Presisi Indonesia Fc Mati Mier (kanan) dihadang pesepak bola Persikabo 1973 Syahrul L pada lanjutan Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (22/7/2023). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/Spt.

Sementara itu, pelatih kepala Bhayangkara FC yakni Emral Abus mengakui cukup sulit mengangkat mental para pemainnya setelah kalah empat kali beruntun. Tekanan pun berlipat ganda, terlebih jelang bersua sang juara bertahan. Tapi, The Guardian tetap bertekad mengerahkan segala daya upaya untuk memetik kemenangan pertama.

"Kita belum habis segala-galanya. Kita membangun semangat pemain baik itu melalui pendekatan individu maupun secara tim. Anak-anak sadar PSM adalah tim yang cukup kuat. Tapi sekuat apapun, tim tersebut bisa dikalahkan," ujarnya dalam kesempatan terpisah.

"Kita akan berusaha, baik dalam latihan itu sendiri maupun dalam pertandingan besok. Mudah-mudahan dewi fortuna berpihak pada kita," imbuh coach Emral.

Fokusnya sendiri tertuju pada Wiljan Pluim. Emral menyebut bahwa gelandang serang asal Belanda tersebut selalu berbahaya saat menyerang dan menguasi bola. Ia pun sudah menyiapkan strategi untuk membendung kapten tim PSM tersebut.

3. Juku Eja menang dengan skor 3-1 dalam pertemuan terakhir di Parepare

Tantang Bhayangkara, PSM Jangan Anggap Remeh Lawan!Striker PSM Makassar Everton Nascimento menyambut bola umpan dalam laga pekan ke-31 BRI Liga 1 2022-23 kontra Bhayangkara FC yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Jumat 17 Maret 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

Bhayangkara FC (4-2-3-1)

Awan Setho Raharjo (GK); Surya Maulana, Alef Vieira Santos, Anderson Salles, David Maulana; Adam Najem, Reza Kusuma; Dendy Sulistyawan, Matias Mier, Martua Sandeni Sidabutar; Crislan

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Safrufin Tahar, Yuran Fernandes, Yance Sayuri; Victor Dethan, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yakob Sayuri; Wiljan Pluim, Everton Nascimento

Catatan lima pertemuan terakhir :

17/03/2023 PSM 3-1 Bhayangkara FC (Liga 1)

12/12/2022 Bhayangkara FC 0-0 PSM (Liga 1)

25/02/2022 PSM 0-0 Bhayangkara FC (Liga 1)

06/11/2021 Bhayangkara FC 2-0 PSM (Liga 1)

27/03 2021 PSM 1-1 Bhayangkara FC (Piala Presiden)

Siapa yang akan meraih poin penuh di Bekasi? Saksikan duel Bhayangkara FC versus PSM Makassar pada Sabtu malam ini (29/72023), pukul 20.00 WITA.

Baca Juga: Penerbangan Tim PSM Makassar ke Jakarta Delay Sampai 9 Jam

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya