Teka-Teki Harlan Suardi: Hengkang dari PSM Makassar atau Dipinjamkan?

Sudah pamit dari tim usai pertandingan pekan ketiga Liga 1

Makassar, IDN Times - Harlan Suardi agaknya tidak lagi menjadi bagian dari skuat PSM Makassar di sisa musim 2023-24. Nama kiper 24 tahun tersebut sudah tidak tercantum dalam Daftar Susunan Pemain (DSP) laga BRI Liga 1 2023-24 kontra Persib Bandung, Sabtu pekan lalu (22/7/2023).

Biasanya, nama Harlan tercantum sebagai kiper kedua di bangku cadangan jika Reza Arya mengalami masalah. Tapi dalam kemenangan 4-2 atas Pangeran Biru, pelatih kepala Bernardo Tavares memilih Muhammad Ardiansyah.

1. Harlan Suardi sudah pamit

Teka-Teki Harlan Suardi: Hengkang dari PSM Makassar atau Dipinjamkan?Kiper PSM Makassar, Harlan Suardi, dalam sesi latihan di Lapangan ABC Jakarta International Stadium pada 2 Juli 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Memang belum ada pengumuman resmi terkait status Harlan saat ini. Manajemen PSM juga masih menutup rapat hal tersebut saat dihubungi IDN Times. Meski begitu, petunjuk bisa didapatkan melalui kanal YouTube resmi Pasukan Ramang. Yakni seri Behind the Field edisi pertandingan pekan ketiga kontra Persikabo 1973, 14 Juli silam.

Pada akhir video, Harlan tampak berpamitan sekaligus mendoakan agar mereka bisa melalui musim ini tanpa halangan. Dalam kesempatan yang sama, ia turut meminta izin kepada seluruh jajaran staf kepelatihan.

2. Tavares minta Harlan beri yang terbaik pada klub barunya

Teka-Teki Harlan Suardi: Hengkang dari PSM Makassar atau Dipinjamkan?Kiper PSM Makassar, Harlan Suardi, dalam sesi latihan di Stadion Brawijaya Kediri pada 24 Juni 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

"Teman-teman, pelatih, Harlan izin pamit dari tim. Sukses terus teman-teman, terutama untuk PSM Makassar. Yang terbaik lah buat kalian semua," ujarnya di kamar ganti, yang langsung disambut dengan tepuk tangan Wiljan Pluim dan kawan-kawan.

Tak lupa, pesan juga datang dari Bernardo Tavares yang sudah mendampingi Harlan selama semusim lebih. "Harlan, berikan yang terbaik untuk klub barumu," pesan juru taktik asal Portugal tersebut.

Baca Juga: PSM Makassar Gaet Kiper Muda Harlan Suardi

3. Masih punya kontrak dua tahun dengan Pasukan Ramang

Teka-Teki Harlan Suardi: Hengkang dari PSM Makassar atau Dipinjamkan?Kiper PSM Makassar, Harlan Suardi, berpose bersama trofi juara BRI Liga 1 2022-23. (Instagram.com/psm_makassar)

Harlan sendiri diikat kontrak berdurasi tiga tahun. Alhasil, kiper asli Makassar itu masih punya dua tahun masa bakti di PSM. Meski begitu, namanya tak muncul dalam daftar pemain yang dilepas pada akhir bursa transfer pada 20 Juli lalu. Rumor menyebut bahwa ia akan dipinjamkan ke salah satu klub Liga 2.

Pemilik postur 1,75 meter tersebut hanya mencatatkan satu penampilan selama berseragam merah marun. Meski begitu, gelar juara PSM musim lalu membuat Harlan catatkan prestasi unik yakni merasakan trofi di tiga level kompetisi sepak bola Indonesia.

Baca Juga: Cerita Unik Harlan Suardi, Sukses Juara Liga di Tiga Kasta

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya