Profil Victor Dethan, Winger Muda PSM yang Cetak Gol Pertama

Sempat menekuni futsal, binaan Akademi PSM sejak 2019

Makassar, IDN Times - Nama Victor Dethan turut mencuat dalam kemenangan PSM Makassar atas Persib Bandung pada Sabtu pekan lalu (22/7/2023). Dia menyumbang satu gol pada laga yang berakhir dengan skor 4-2.

Dipasang sebagai winger kanan, tembakan jarak jauh dari luar kotak penalti itu juga menjadi gol pertama dalam kariernya. Capaian tersebut kian lengkap berkat asis untuk Everton Nascimento pada menit ke-39.

Lantas, bagaimana sepak terjang pemuda 19 tahun yang digadang-gadang sebagai winger masa depan Juku Eja ini? Berikut ini IDN Times menyajikan profil lengkapnya untuk pembaca.

Baca Juga: Bekuk Persib 4-2, Pelatih PSM Sebut Timnya Memang Layak Menang

1. Victor Dethan sudah menjadi bagian dari Akademi PSM sejak tahun 2019

Profil Victor Dethan, Winger Muda PSM yang Cetak Gol PertamaAksi Victor Dethan saat memperkuat PSM Makassar U-16 dalam ajang Elite Pro Academy (EPA) U-16 2019. (Instagram.com/akademipsmmakassar)

Pemilik nama lengkap Victor Johnson Benjamin Dethan tersebut lahir di Kupang, Nusa Tenggara Timur, pada 11 Juli 2004. Sebelum mantap berkarier di sepak bola, pemuda blasteran Indonesia-Kanada ini justru menekuni lebih dulu futsal pada masa SD hingga SMP.

Ia baru beralih ke sepak bola jelang masuk SMA. Dalam sebuah wawancara, perubahan olahraga ini diakui ternyata perlu waktu penyesuaian. Mulai dari stamina hingga cara menjalankan strategi.

Pada 2019, di usia 14 tahun, Victor resmi masuk Akademi PSM Makassar. Ia ikut diboyong dalam skuat PSM U-16 yang saat itu terjun ke ajang Elite Pro Academy (EPA). Mereka bisa melaju hingga babak 8 besar.

2. Mengantar PSM U-18 melaju ke babak perempat final ajang EPA U-18 musim 2021

Profil Victor Dethan, Winger Muda PSM yang Cetak Gol PertamaAksi Victor Dethan saat memperkuat PSM Makassar U-18 dalam ajang Elite Pro Academy (EPA) U-18 2021. (Dok. Ofisial PSM Makassar)

Masuk tahun 2020, ia kembali mengikuti seleksi PSM U-16 dan dinyatakan lolos. Tapi, sayangnya EPA tak digelar lantaran sepak bola tiarap akibat pandemik COVID-19. Meski begitu, Victor dipanggil ke pemusatan latihan Timnas U-16 asuhan Bima Sakti.

EPA baru kembali dihelat pada 2021. Victor pun "naik kelas" ke tim U-18 bersama sejumlah rekannya di tim U-16 seperti kiper M. Asyurah Al Faqih, bek tengah Egi Niko Satrio dan gelandang M. Dwiky Hardiansyah.

Di EPA U-18 musim 2021, Victor dan kawan-kawan lolos ke perempat final dengan status juara grup. Sayangnya, mereka takluk dari Persebaya U-18 dengan skor 1-3.

3. Victor catatkan 16 penampilan bersama Pasukan Ramang pada musim lalu

Profil Victor Dethan, Winger Muda PSM yang Cetak Gol PertamaAksi Victor Dethan saat memperkuat PSM Makassar dalam laga pekan ketiga BRI Liga 1 2023-24 kontra Persikabo 1973. (Instagram.com/victordethan777)

Masuknya Bernardo Tavares sebagai pelatih kepala PSM membawa angin segar bagi para talenta binaan akademi. Pelatih asal Portugal tersebut mempromosikan sejumlah pemain U-18 ke tim utama jelang Liga 1 2022-23. Salah satunya adalah Victor.

Musim lalu, pemilik postur 1,74 meter itu mencatatkan 16 kali penampilan dengan total waktu bermain mencapai 256 menit dan menyumbang satu asis. Beroperasi di sayap kanan, ia kerap diplot sebagai pengganti Yakob Sayuri jika absen. Musim debut Victor di tim senior berakhir manis dengan trofi Liga 1.

Sempat kecewa lantaran agenda Timnas U-20 yang buyar, Victor tentu tak perlu berkecil hati. Jika terus konsisten, bukan tak mungkin ia akan dipanggil Timnas U-24 untuk Asian Games 2023, atau Timnas U-23 pada Piala AFF U-23 dan kualifikasi Piala Asia U-23.

Baca Juga: Dari Renaldi ke Mufli, Nasib 5 Pemain PSM Jebolan Garuda Select

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya