Lolos ke AFC Cup, Pelatih PSM Makassar Puas dengan Performa Timnya

Juku Eja lolos setelah menang 4-0 atas Yangon United

Makassar, IDN Times - Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, memuji performa anak asuhnya setelah merebut satu tiket ke AFC Cup 2023-24. Mereka melibas tim asal Myanmar, Yangon United, empat gol tanpa balas dalam laga play-off yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar pada Rabu malam (23/8/2023).

"Saya pikir kita menunjukkan permainan yang bagus. Kami menciptakan banyak peluang dan bisa mengonversinya menjadi empat gol. Dari tim lawan sendiri, mereka adalah tim yang bagus," ungkapnya dalam sesi jumpa pers selepas laga rampung.

"Jadi ini adalah kemenangan yang bagus dan penting. Dibanding laga sebelumnya, kita membuat banyak peluang tapi tidak mencetak gol. Jadi senang rasanya dengan hasil yang kita dapat malam ini," imbuh Tavares.

Baca Juga: Libas Yangon United 4-0, PSM Makassar Genggam Tiket Fase Grup AFC Cup!

1. Bernardo Tavares ingin timnya tetap maksimal meski sedang alami banyak masalah

Lolos ke AFC Cup, Pelatih PSM Makassar Puas dengan Performa TimnyaPelatih PSM Makassar Bernardo Tavares dalam laga Grup H AFC Cup 2022 kontra Tampines Rovers di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (the-afc.com)

Ketimbang edisi tahun lalu, Tavares menyebut bahwa AFC Cup musim ini akan berjalan lebih sulit. Salah satunya yakni lantaran masalah di luar lapangan yang saat ini sedang menyeret PSM Makassar. Meski begitu, ia tetap ingin anak asuhnya mengerahkan segala kemampuan di ajang level benua.

"Saya pikir musim ini akan berbeda dengan musim lalu. Dengan masalah-masalah yang ada, target kita tetap untuk meningkatkan performa di Liga 1," papar pelatih asal Portugal tersebut di depan awak media.

"Sementara itu untuk AFC Cup, kita ingin menikmati perjuangan di setiap pertandingan. Juga sekaligus berusaha mendapat poin untuk meningkatkan posisi kompetisi Indonesia di ranking AFC," sambung Tavares.

2. Persaingan di fase grup AFC Cup 2023-24 sendiri disebut akan semakin ketat

Lolos ke AFC Cup, Pelatih PSM Makassar Puas dengan Performa TimnyaPesepak bola PSM Makassar Muhammad Rizky Pratama (kanan) berusaha melewati hadangan pesepak bola tim asal Myanmar Yangon United Zar Ni Htet (kiri) saat pertandingan babak playoff AFC Cup 2023?di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (23/8/2023). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.

Berbicara tentang para calon lawan di AFC Cup, Tavares menyinggung jomplangnya kemampuan finansial antara tim asuhannya dengan mereka. Ini juga membuat kualitas Pasukan Ramang di atas kertas jauh dari kata ideal. Meski demikian, bukan berarti Wiljan Pluim dan kawan-kawan langsung mengibar bendera putih.

"Kalau kalian lihat calon-calon lawan kita di AFC Cup, kalian juga harus membandingkan anggaran mereka. Sangat jauh berbeda dengan kita. Tapi kita harus tetap rendah hati dan melakukannya bersama-sama. Mulai dari manajemen klub, suporter hingga pemain," jelas Tavares.

AFC Cup musim ini sendiri dipastikan kian sengit dengan keikutsertaan dua tim dari Australia. Mereka adalah Macarthur FC (pemenang Australia Cup 2022) dan Central Coast Mariners (runner-up A-League 2022-23).

3. Proses drawing sendiri akan berlangsung di Kuala Lumpur pada Kamis siang (24/8/2023)

Lolos ke AFC Cup, Pelatih PSM Makassar Puas dengan Performa TimnyaPesepak bola PSM Makassar Muhammad Rizky Pratama (kanan) dihadang pesepak bola tim asal Myanmar Yangon United Zar Ni Htet (kiri) saat pertandingan babak playoff AFC Cup 2023?di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (23/8/2023). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.

Lebih jauh, Tavares juga berterima kasih dengan kedatangan para suporter di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Dukungan mereka disebut menjadi suntikan semangat tambahan untuk tim yang sedang oleng akibat diterpa badai.

"Terima kasih kepada suporter yang datang. Inilah yang kami butuhkan. Untuk laga selanjutnya, sangat penting bagi para pemain untuk melihat suporter memenuhi stadion. Di momen kali ini, dengan masalah-masalah yang ada, suporter sangat penting untuk mendukung kami sepenuhnya," ungkap sosok 43 tahun tersebut.

PSM Makassar kini sedang menunggu hasil pengundian sekaligus pembagian grup AFC Cup 2023-24. Proses drawing sendiri akan berlangsung di Kuala Lumpur pada Kamis siang (24/8/2023) waktu setempat.

Baca Juga: Komdis PSSI Jatuhkan Sanksi Tambahan ke Pemain dan Pelatih Kiper PSM

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya