Comscore Tracker

Dilantik, Harpen Reza Ingin Bangkitkan Kejayaan Tinju Sulsel

Komaruddin Simanjuntak melantik pengurus Pertina Sulsel

Makassar, IDN Times - Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Mayjen TNI (Purn.) Komaruddin Simanjuntak melantik Harpen Reza Ali sebagai Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Pertina Sulawesi Selatan di Makassar, Sabtu malam (3/12/2022).

Harpen Reza Ali dilantik bersama Sekretaris Sri Syahril serta 50-an pengurus Pengprov Pertina Sulsel periode 2022-2026. Dia terpilih memimpin Pertina Sulsel melalui Musyawarah Provinsi, pada 5 Februari 2022.

"Ini bukan untuk gagah-gagahan. Ini jadi tugas dan tanggung jawab bersama, bagaimana membangkitkan kembali prestasi dan kejayaan tinju di Sulsel," kata Harpen pada pidatonya usai dilantik.

Baca Juga: Tinju Indonesia yang Belum Mati

1. Pertina Sulsel agendakan turnamen internasional bertajuk Piala Wapres

Dilantik, Harpen Reza Ingin Bangkitkan Kejayaan Tinju SulselKetua Pengprov Pertina Sulsel Harpen Reza Ali (kiri) bersama Ketua Umum PP Pertina Mayjen TNI (Purn.) Komaruddin Simanjuntak. (Dok. Pertina Sulsel)

Harpen menyatakan dia ingin memimpin kepengurusan Pertina Sulsel karena berlandaskan niat pengabdian. Dia menyatakan tidak punya kepentingan selain mengembangkan olahraga tersebut di Sulsel.

Usai dilantik, Pertina Sulsel mempersiapkan sejumlah agenda. Salah satunya adalah menggelar kejuaraan internasional bertajuk Piala Wakil Presiden. PP Pertina menunjuk Sulsel sebagai tuan rumah pada kejuaraan yang rencananya digelar pada Agustus 2023.

"Salah satu keputusan rakernas pada November adalah, program kami di Pengprov, ingin adanya satu event kejurnas. Di mana pada keputusannya ditetapkan Sulsel jadi tuan rumah Piala Wapres," kata Harpen.

2. Peluncuran website sebagai pusat data dan informasi tinju

Dilantik, Harpen Reza Ingin Bangkitkan Kejayaan Tinju SulselIlustrasi tinju. ANTARA FOTO /INASGOC/Ari Bowo Sucipto/RAV/18

Pada acara pelantikan, Pertina Sulsel sekaligus meluncurkan website resminya dengan alamat pertinasulsel.or.id. Laman itu, kata Harpen, akan jadi pusat data dan informasi maupun berita terkait seluruh kegiatan Pengprov Pertina Sulsel.

Harpen sekaligus meminta dukungan kepada pemerintah provinsi untuk bersama-sama mengembangkan olahraga tinju daerah. Sebab olahraga tinju dianggap mencerminkan karakter orang Sulsel sebagai petarung dan pejuang. Pada pelantikan itu, Gubernur Andi Sudirman Sulaiman diwakili staf ahli Mujiono.

"Kami mohon doa dan dukungan penuh Pemprov. Karena boxing ini sangat identik dengan karakter orang Sulsel," kata Harpen.

3. Ketua Umum Pertina semangati pengurus Pengprov Sulsel

Dilantik, Harpen Reza Ingin Bangkitkan Kejayaan Tinju SulselPelantikan Pengurus Provinsi Pertina Sulsel, Sabtu (3/12/2022). (Istimewa)

Ketua Umum PP Pertina Komaruddin menyampaikan sejumlah pesan kepada pengurus Pertina Sulsel yang dilantik. Dia mengatakan, kehadiran pengurus, terutama ketua, sangat dibutuhkan untuk memacu atlet mengejar prestasi.

Menurut Komaruddin, cabang olahraga di Indonesia punya masalah yang hampir sama. Masalahnya adalah serba keterbatasan, baik anggaran, pelatih, hingga sarana dan prasarana. Dan hanya satu jalan keluar untuk masalah itu, yakni hadirnya pemimpin.

Komaruddin menyemangati Pertina Sulsel agar mampu menunjukkan prestasi lebih baik. Menurut dia, Sulsel sejatinya punya potensi besar untuk mencetak atlet tinju berprestasi.

"Sulsel gudang petinju, potensinya sangat banyak. Kita harus banyak bertanya jika dari Sulsel tidak punya juara. Karena karakternya sudah jagoan, sifat petarung," ucapnya.

Baca Juga: Pertina Keluhkan Anggaran Porprov Sulsel: Beli Sarung Tinju Tak Cukup

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya