Comscore Tracker

Wali Kota Makassar Ingatkan Larangan Mudik, Minta Warga Lebih Bersabar

Warga Makassar disarankan bersilaturahmi secara virtual

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto kembali  mengingatkan masyarakat agar mengurungkan rencana mudik lebaran Idulfitri tahun ini. Danny meminta warganya bersabar demi membantu pemerintah mencegah penyebaran COVID-19 akibat mudik.

"Saya minta tolong semua warga, sayangiki keluarga-ta di kampung. Kita tidak pernah tahu siapa yang menjadi carrier. Bersabarlah hingga kondisi kondusif," kata Danny di Makassar, Sabtu (1/5/2021).

Baca Juga: Sopir Angkutan Antar Daerah di Sulsel Risau soal Larangan Mudik 

1. Menurut Dany warga bisa manfaatkan fasilitas silaturahmi virtual

Wali Kota Makassar Ingatkan Larangan Mudik, Minta Warga Lebih BersabarWali Kota Makassar Danny Pomanto. IDN Times/Sahrul Ramadan

Menurut Danny, masyarakat tetap bisa bersilaturahmi dengan keluarga di kampung pada hari raya Idulfitri dengan beragam cara. Salah satu cara yang umum digunakan adalah memanfaatkan fasilitas silaturahmi virtual.

Menghindari silaturahmi tatap muka juga dianggap efektif mencegah potensi penyebaran virus corona. "Silaturahim bukan hanya bertemu langsung. Saling memberi kabar maupun memanfaatkan teknologi juga salah satu cara menyambung tali persaudaraan," ucap Danny. 

2. Danny juga ingatkan warga patuhi prokes

Wali Kota Makassar Ingatkan Larangan Mudik, Minta Warga Lebih BersabarProtokol kesehatan di pasar tradisional Makassar diperketat. Humas Pemkot Makassar

Selain mudik lebaran, Danny juga mengimbau warganya, terutama pelaku usaha, agar agar semua pelaku usaha sekaligus warga tetap mematuhi protokol kesehatan dan menghindari kerumunan saat beraktivitas. Aktivitas prokes diawasi oleh satgas pengurai kerumunan (Raika). 

"Jadi ada itu satgas yang akan ingatkan warga atau siapa saja yang terlihat berada dalam kerumunan. Agar perlahan namun pasti masyarakat bisa lebih menyadari pentingnya menjaga kesehatan dan waspada," ucapnya. 

3. Pemprov Sulsel juga terbitkan surat edaran mudik

Wali Kota Makassar Ingatkan Larangan Mudik, Minta Warga Lebih BersabarPlt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Humas Pemprov Sulsel

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman melarang aparatur sipil negara (ASN) dan keluarganya bepergian ke luar daerah atau pulang kampung. Larangan berlaku sepanjang periode larangan mudik yang ditetapkan pemerintah, yakni 6 hingga 17 Mei 2021. 

Aturan tertuang dalam surat edaran tentang pembatasan bepergian ke luar daerah, mudik dan cuti bagi ASN serta pemeliharaan ketenteraman dan ketertiban masyarakat dalam masa pandemik COVID-19 dan Idul Fitri. 

"Edaran ini kita keluarkan juga setelah video conference bersama Menkopolhukam dan beberapa menteri terkait, pada 12 April lalu. Beberapa poin diatur dalam surat edaran tersebut," kata Sudirman dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/4/2021). 

Baca Juga: Jemaah Bisa Salat Malam dan Iktikaf Ramadan di Masjid Raya Makassar

Topic:

  • Sahrul Ramadan
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya