Tim SAR Temukan 1 Siswa SMK Makassar yang Tewas Tenggelam

Korban yang tenggelam berekreasi bersama rekannya

Makassar, IDN Times - Basarnas Sulawesi Selatan menemukan 1 dari 2 siswa SMK di Makassar yang tenggelam di kawasan wisata air terjun Pung Bunga, Desa Bontomanurung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (10/2/2021).

Koordinator tim Basarnas Sulsel, Djunaidi mengatakan, korban mengalami masalah fisik saat berenang. "Korban mengalami kram dan tenggelam," ujar Djunaidi dalam keterangan tertulisnya kepada jurnalis, Rabu malam.

1. Rekan korban hendak membantu tapi ikut terbawa arus

Tim SAR Temukan 1 Siswa SMK Makassar yang Tewas TenggelamWarga dan beberapa rekan korban yang tenggelam di air terjun Pung Bunga, Tompobulu, Maros/Istimewa

Korban pertama yang ditemukan, kata Djunaidi, bernama Reihan Saputra. Sementara rekannya, Gedion Sima, masih dalam proses pencarian. "Temannya berniat untuk membantu, namun rupanya ikut terbawa arus air terjun," kata Djunaidi.

Keduanya tergabung bersama 10 rekannya yang dikabarkan tengah berekreasi di kawasan wisata air terjun, sekitar pukul 14.00 WITA. Selamat 40 menit berselang, Basarnas Sulsel kemudian mendapat laporan kejadian tersebut. 

2. Satu korban masih dicari

Tim SAR Temukan 1 Siswa SMK Makassar yang Tewas TenggelamTim SAR gabungan mencari siswa SMK Makassar yang tenggelam di kawasan wisata air terjun Pung Bunga, Maros/Basarnas Makassar

Djunaidi menambahkan, hingga saat ini proses pencarian korban masih berlangsung. Namun tidak menutup kemungkinan pencarian akan dihentikan apabila kondisi dianggap tidak memungkinkan.

Proses pencarian melibatkan SAR berbagai unsur. Mulai dari polisi, TNI dan relawan. "Tim SAR gabungan tengah berupaya untuk melaksanakan pencarian. Korban Gedion masih proses pencarian," ungkap Djunaidi. 

Baca Juga: Jalan Poros Maros-Bone Longsor, Ratusan Kendaraan Terjebak Macet

3. Dua remaja tenggelam tengah berekreasi dengan rekannya

Tim SAR Temukan 1 Siswa SMK Makassar yang Tewas TenggelamTim SAR gabungan mengevakuasi siswa SMK Makassar yang tenggelam di air terjun Pung Bunga, Maros/Basarnas Makassar

Kepala Dusun Baru, Desa Bontomanurung, Samsir mengatakan, dua korban yang tenggelam datang bersama rombongannya untuk berekreasi. Beberapa rekannya melapor setelah keduanya sudah tenggelam. 

Beberapa rekan korban meninggalkan lokasi air terjun untuk melapor ke kantor polisi terdekat. Sebagiannya lagi berupaya untuk meminta pertolongan warga setempat. "Sekitar 10 orang datang," ucap Samsir sebelumnya.

Baca Juga: Dua Pelajar SMK Asal Makassar Tenggelam di Permandian Air Terjun Maros

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya