Comscore Tracker

Termasuk Humas dan Polair, Empat Pejabat Polda Sulsel Dimutasi

Mutasi melalui TR Kapolri

Makassar, IDN Times - Sejumlah pejabat menengah kepolisian di internal Polda Sulawesi Selatan dikabarkan dimutasi. Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri bernomor ST/3488/XII/KEP./2020 dan ST/3489/XII/KEP.2020, tertanggal 21 Desember 2020.

Surat ditandatangani langsung oleh AS SDM Polri, Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan. "Benar, ada 4 pejabat polda (dimutasi)," kata Ibrahim Tompo kepada IDN Times saat dikonfirmasi, Selasa (22/12/2020).

1. Mutasi rutin di tubuh intitusi Polri

Termasuk Humas dan Polair, Empat Pejabat Polda Sulsel DimutasiTribratanews Polda Sulut / Istimewa

Dari empat pejabat yang dimutasi, satu di antaranya adalah Ibrahim Tompo. Perwira berpangkat tiga bunga itu digeser dari jabatan lama ke jabatan baru menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Penerangan Masyrakat Divisi Humas Mabes Polri. Pergeseran jabatan dalam rangka peningkatan kapasitas melalui program Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Jabatan Ibrahim sebagai Kabid Humas Polda Sulsel kemudian digantikan oleh Kombes E Zulpan yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri. Menurut Ibrahim, mutasi adalah hal yang biasa dalam tubuh institusi Polri. "Ini mutasi rutin," ujar mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Utara ini.

2. Direktur Polair Polda Sulsel juga dimutasi

Termasuk Humas dan Polair, Empat Pejabat Polda Sulsel DimutasiDirektur Polair Polda Sulsel Kombes Pol Hery Wiyanto. IDN Times/Sahrul Ramadan

Nama pejabat lain yang ada dalam daftar mutasi adalah Direktur Polair Polda Sulsel, Kombes Pol Hery Wiyanto. Dia diberikan tanggung jawab baru sebagai Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Pengendalian Masyarakat (Dalmas) Ditsamapta Korsabhara Baharkam Polri.

Hery digantikan oleh Kombes Pol Supeno yang sebelumnya menjabat sebagai Dirpolair Polda Gorontalo. Kemudian, Karo Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sulsel, Kombes Pol Anang Pudjijanto juga dimutasi jadi Analis Kebijakan Madya Bidang Watpres SSDM Polri.

Anang digantikan oleh Kombes Pol I Ketut Yudha Karyana, yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Provos Divisi Propam Polri.

Baca Juga: Mutasi 11 Kapolres di Sulsel Didominasi Daerah Penyelenggara Pilkada

3. Pelantikan pejabat baru dilaksanakan Januari 2021

Termasuk Humas dan Polair, Empat Pejabat Polda Sulsel DimutasiIbrahim Tompo dalam sertijab sebagai Kabid Humas Polda Sulsel yang baru di SPN Batua, Makassar, Senin (11/11) kemarin / Istimewa

Pejabat keempat yang dimutasi yakni Karo Logistik Polda Sulsel, Kombes Pol Mukhlis yang ditunjuk menjadi Karo Logistik Polda Sumatera Selatan (Sumsel). Penggantinya adalah Kombes Pol Dian Harianto, yang sebelumnya menjabat Kabagminpers PPNS Rokorwas PPNS Bareskrim Polri.

Ibrahim masih enggan memberikan tanggapan saat ditanya mengenai kesannya selama mengemban jabatan sebagai Kabid Humas Polda Sulsel. "Nanti saja saat serah terima jabatan, Januari (2021)," katanya. Ibrahim diketahui menjabat di Polda Sulsel sejak November 2019.

Baca Juga: Operasi Lilin, Polda Sulsel Antisipasi Ancaman Teror

Topic:

  • Sahrul Ramadan
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya