Comscore Tracker

Ramadan di Makassar, Polisi Larang Sahur on The Road dan Balap Liar

Masyarakat diimbau untuk tidak konvoi selama Ramadan

Makassar, IDN Times - Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Witnu Urip Laksana, mengimbau masyarakat tidak melaksanakan kegiatan yang memicu munculnya kerumunan sepanjang bulan Ramadan.

Salah satu yang menjadi fokus pengawasan kepolisian adalah sahur on the road hingga konvoi kendaraan. "Kita akan (tindak) keras, membubarkan sahur on the road, konvoi, arak-arakan," tegas Witnu saat ditemui di kantornya, Senin (12/4/2021).

1. Balapan liar juga menjadi fokus penindakan kepolisian

Ramadan di Makassar, Polisi Larang Sahur on The Road dan Balap LiarRatusan kendaraan balapan liar disita Poltestabes Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Selain kegiatan sahur jalanan dan konvoi, polisi juga fokus untuk mengawasi kegiatan membahayakan seperti balapan liar. Dalam pengawasan sepanjang Ramadan, polisi berkoordinasi TNI hingga Satpol PP Pemkot Makassar. 

Termasuk menggandeng aparatur masing-masing kecamatan di wilayah hukum Polrestabes Makassar. "Makanya itu kita terus-menerus imbau masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan yang akan merugikan orang lain," tegas Witnu. 

2. Personel Polrestabes Makassar disebar ke sejumlah lokasi untuk memantau keamanan

Ramadan di Makassar, Polisi Larang Sahur on The Road dan Balap LiarIlustrasi. Petugas jajaran Polrestabes Makassar usai menindak tegas residivis jambret di Makassar/Istimewa

Witnu bilang, pihaknya telah menyiagakan personel di sejumlah titik untuk mengantisipasi tindakan kriminal. Selain itu, sebagian dari personel, juga telah ditugaskan untuk intens berpatroli sepanjang malam selama bulan puasa. 

Khusus petugas di masing-masing polsek, lanjut Witnu, telah diminta untuk meningkatkan pengawasan dan membuat kegiatan yang bersifat edukatif kepada masyarakat. "Jangan berkerumun dan menggunakan masker," ucap Witnu. 

Baca Juga: Soal Pembukaan Masjid selama Ramadan, Ini Respons IDI Makassar

3. Kawasan perbatasan juga diawasi petugas kepolisian

Ramadan di Makassar, Polisi Larang Sahur on The Road dan Balap LiarIlustrasi. Pembalap liar saat PSBB di Kota Makassar diamankan petugas gabungan. IDN Times/Polrestabes Makassar

Lebih lanjut kata Witnu, selain patroli pengawasan, beberapa petugas juga disiagakan di wilayah perbatasan Kota Makassar dengan daerah tetangga lainnya. Seperti batas Makassar ke Kabupaten Gowa dan Maros. 

Pengawasan bertujuan untuk mencegah penumpukan kendaraan selama bulan puasa. "Mari kita beribadah dengan sungguh-sungguh dan nyaman, mari kita hindari kegiatan yang menimbulkan keresahan bagi masyarakat yang lain,"kata Witnu.

Baca Juga: Penentuan 1 Ramadan 1442 H, Hilal di Langit Makassar Tidak Terlihat

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya