Polrestabes Makassar Kerahkan Kekuatan Penuh Amankan Perayaan Natal

Mereka bertugas mengawal pelaksanaan ibadah agar kondusif

Makassar, IDN Times - Polrestabes Makassar di Sulawesi Selatan akan mengerahkan kekuatan penuh untuk mengawal kelancaran proses pelaksanaan ibadah Natal. Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Yudhiawan Wibisono mengungkapkan, seluruh personel ditugaskan untuk berjaga dan mengawasi aktivitas yang dianggap dapat mengganggu kenyamanan umat kristiani melaksanakan ibadah.

"Kita sudah koordinasi juga dengan gereja-gereja yang ada di Makassar sini, anggota kita tempatkan untuk berjaga di sekitar area gereja dan mengawasi semua aktivitas yang dapat mengganggu kelancaran ibadah saudara-saudara kita nanti," kata Yudhiawan di Makassar, Sabtu (7/12).

1. Pengamanan ekstra ketat dimulai dari pintu masuk gereja

Polrestabes Makassar Kerahkan Kekuatan Penuh Amankan Perayaan NatalANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak terduga, seperti ancaman hingga teror dalam berbagai bentuk, petugas yang disiagakan di gereja dilengkapi dengan peralatan memadai. Mulai dari persenjataan hingga metal detector atau perangkat pendeteksi bahan peledak dan benda berbahaya lainnya.   

Pada saat pengamanan, petugas mulai berjaga dari area pintu masuk gereja. "Di beberapa gereja kita pasang semua anggota lengkap. Kita awasi betul dan pengawasannya seperti katedral itu dan gereja-gereja umum lain. Kita juga patroli bareng yang termasuk tempat keramaian, kita aman semua," ungkap mantan Direktur Dirkrimsus Polda Sulsel ini.

2. Tiap gereja dikawal enam orang petugas kepolisian bersenjata lengkap

Polrestabes Makassar Kerahkan Kekuatan Penuh Amankan Perayaan NatalPersonel Polisi (Dok. Humas Polri)

Pengamanan yang dilakukan, kata Yudhiawan, serupa dengan proses yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Untuk setiap gereja, sebut dia, dijaga dan dikawal empat hingga enam orang petugas bersenjata lengkap.

Teknisnya, mereka akan bertugas melakukan sterilisasi dan pengecekan secara berkala dengan mengitari area gereja untuk memastikan bahwa kondisi betul-betul aman. “Nanti yang bertugas jaga itu anggota pakai shift-shif bergantian mereka. Dan kita utamakan yang muslim, supaya kerukunan bisa semakin kental bahwa kita ingin kondisi ini betul-betul tentram untuk kenyamanan bersama,” ungkapnya.

Baca Juga: Satreskrim Polrestabes Makassar Tangkap  Muncikari Prostitusi Online 

3. Koordinasi pengamanan libatkan unsur pemerintahan

Polrestabes Makassar Kerahkan Kekuatan Penuh Amankan Perayaan NatalIDN Times/Aan Pranata

Lebih lanjut kata Yudhiawan, dalam proses pemantauan hingga sterilisasi kondisi nantinya, pihaknya berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Koordinasi bertujuan memaksimalkan upaya pengamanan yang melibatkan seluruh unsur.

“Supaya kita imbau agar sama-sama dengan masyarakat kita jaga kondisi kita agar kondusif. Menghargai yang melaksanakan ibadah dan saling rangkul satu sama lain,” imbuh mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi ini.

Baca Juga: Cegah Teror Jelang Natal, Polrestabes Makassar Gelar Operasi Khusus

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya