Pohon Tumbang di Samping Rujab Gubernur Sulsel Timpa 1 Mobil 

Bagian depan dan samping mobil rusak

Makassar, IDN Times - Satu unit kendaraan roda empat tertimpa sisa material pohon yang tumbang di samping rumah jabatan (Rujab) Gubernur Sulawesi Selatan, Jalan Sungai Tangka, Kecamatan Ujungpandang, Jumat (3/1).

Informasi yang diterima dari petugas setempat, kondisi pohon yang tua dan dahan lapuk diduga menjadi penyebabnya tumbang sekitar pukul 14.00 Wita.

Akibat insiden itu, bagian depan dan samping mobil rusak. "Informasi dari Binmasnya, pengemudi mobil tidak ke rumah sakit. Namun pulang ke rumah. Karena kaca depan mobilnya pecah," kata Kasi Humas Polsek Ujungpandang, Bripka Suwandi Salam.

Baca Juga: Hujan Melanda Beberapa Hari, Kota Makassar Siaga Banjir

1. Sisa pohon tumbang menimpa mobil yang tengah melintas di area tersebut

Pohon Tumbang di Samping Rujab Gubernur Sulsel Timpa 1 Mobil Pohon tumbang timpa mobil di Jalan Sungai Tangka, Ujungpandang, Makassar, Jumat (3/1) / Humas Polsek Ujungpandang

Suwandi menjelaskan, peristiwa ini terjadi ketika seorang wanita mengendarai mobilnya melintas di kawasan tersebut. Nahas, karena saat melintas dengan kendaraannya menuju ke arah Jalan Sungai Tangka, pohon tua itu tiba-tiba tumbang.

"Mobil Toyota Rush. DD 1672 UG. Pengemudinya ibu-ibu. Dari arah jalan Jenderal Sudirman (ke Jalan Sungai Tangka)," ucapnya.

2. Petugas DLH Makassar segera melakukan sterilisasi di area pohon tumbang

Pohon Tumbang di Samping Rujab Gubernur Sulsel Timpa 1 Mobil Pohon tumbang timpa mobil di Jalan Sungai Tangka, Ujungpandang, Makassar, Jumat (3/1) / Humas Polsek Ujungpandang

Mendapatkan laporan tersebut, petugas teknis Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kota Makassar bergegas terjun ke lokasi. Kepala DLH Makassar Andi Iskandar mengatakan, telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan sterilisasi di area tumbangnya pohon.

"Sementara ini, anggota masih bekerja di lapangan. Dipangkas, semuanya (batang pohon tumbang) dan dirapikan," ungkap Iskandar saat dikonfirmasi terpisah.

Meningkatnya intensitas curah hujan di Kota Makassar dalam dua hari terakhir, disebutkan Iskandar menjadi pemicu sehingga pohon yang usianya sudah cukup tua tersebut tumbang.

Belum lagi, kondisi fisik yang lapuk membuat batang hingga ranting menjadi rentan patah karena beban air yang diresap tidak dapat lagi ditampung oleh pohon. "Kalau dlihat, tidak ditimpa (mobil) cuman disambar dengan akarnya itu (pohon) kap di depannya dijatuhi," ujarnya.

3. Dalam tiga hari, delapan pohon tumbang di Kota Makassar

Pohon Tumbang di Samping Rujab Gubernur Sulsel Timpa 1 Mobil Pohon tumbang timpa mobil di Jalan Sungai Tangka, Ujungpandang, Makassar, Jumat (3/1) / Humas Polsek Ujungpandang

DLH mencatat, ada delapan pohon tumbang di Kota Makassar dalam tiga hari terakhir. Umumnya, pohon tumbang terletak di tepian jalan umum. Lokasinya disebutkan Iskandar, tersebar di berbagai tempat.

Di antaranya, Jalan Kakatua, Kecamatan Mamajang, Jalan Nuri, Kecamatan Mariso, Jalan Andalas, Kecamatan Bontoala dan Jalan Ade Irma Nasution, Kecamatan Tallo. Hingga yang baru-baru ini terjadi, di Jalan Sungai Tangka, Kecamatan Ujungpandang.

DLH, telah menyediakan posko pelayanan dan pengadun khusus pohon tumbang di Kota Makassar. Iskandar juga mengimbau agar warga segera melaporkan langsung ke posko terpadu di Jalan Kerung-kerung-- tepat di area Kantor Kecamatan Makassar-- jika ada pohon tumbang.

Atau masyarakat juga dapat menghubungi petugas pelayanan posko terpadu pohon tumbang di kotak 112. "Posko itu tetap kami buka sepanjang hari. 24 jam kita standby-kan anggota. Jadi kalau ada laporan langsung kita koordinasi untuk proses evakuasinya," kata Iskandar.

Baca Juga: Bocah di Makassar Tewas karena Tenggelam di Kanal

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya