Pemotor Freestyle yang Tabrak Mobil di Makassar Ditilang di Rumahnya

Pemuda dan rekannya minta maaf telah ugal-ugalan di jalan

Makassar, IDN Times - Petugas Satlantas Polrestabes Makassar bergerak cepat mengidentifikasi pemuda yang videonya sempat viral di media sosial, karena aksinya mengangkat ban motor depan atau freestyle di jalan raya.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Andi Kumara mengatakan, pemuda tersebut meresahkan masyarakat karena berkendara ugal-ugalan di sepanjang Jalan AP Pettarani, pada Rabu, 7 Juli 2021.

"Videonya viral di Instagram karena freestyle di jalan raya. Itu merupakan pelanggaran, jadi tetap kita tindak berupa sanksi tilang," kata Andi Kumara kepada jurnalis saat dikonfirmasi, Kamis (8/7/2021).

1. Aksi pemotor freestyle direkam oleh rekannya

Pemotor Freestyle yang Tabrak Mobil di Makassar Ditilang di RumahnyaPetugas Satlantas Polrestabes Makassar menindak pemuda freestyle yang videonya sempat viral di medsos/Polrestabes Makassar

Kumara menjelaskan, aksi pemotor tersebut sengaja direkam oleh rekannya kemudian diunggah ke media sosial. Pelaku ini bahkan menabrak mobil pengendara lain.

Kumara bilang, petugas menyelidiki video tersebut dan langsung mengidentifikasi nomor kendaraannya. Apalagi, pelaku langsung jatuh tersungkur usai menabrak mobil.

"Kita sudah lihat kondisinya, sempat kita obati dulu. Kemudian memberikan edukasi kepada anak laki-laki (pelaku) serta orangtua yang bersangkutan," jelas Kumara.

2. Setelah ditilang dan motor ditahan, pemotor dan rekannya minta maaf

Pemotor Freestyle yang Tabrak Mobil di Makassar Ditilang di RumahnyaPetugas Satlantas Polrestabes Makassar menindak pemuda freestyle yang videonya sempat viral di medsos/Polrestabes Makassar

Kumara mengungkapkan, petugas telah mendatangi rumah pemuda tersebut. Sebagai sanksi selain ditilang, petugas juga menahan sepeda motormya. "Kita jemput bola (datangi). Kita koordinasi juga dengan orang tuanya untuk memberikan edukasi," jelasnya.

Selain pemuda yang ugal-ugalan, petugas juga mendatangi rumah rekannya yang merekam video tersebut. Di hadapan petugas mereka berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya serupa.

"Saya yang standing-standing angkat ban di Jalan AP Pettarani, saya meminta maaf atas kesalahan saya," akunya.

3. Polisi imbau pihak yang dirugikan melapor

Pemotor Freestyle yang Tabrak Mobil di Makassar Ditilang di RumahnyaKantor Polrestabes Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Dalam video berdurasi 11 detik yang sempat viral, pemuda ini mengangkat ban depan sepeda motornya dan melaju dengan kecepatan tinggi. Setibanya di putaran balik atau U turn, dia hendak menghindari mobil yang lebih dulu memberikan petunjuk berbelok.

Karena tak mampu mengendalikan keseimbangan, dia lantas menabrak bagian depan mobil tersebut sebelum terpental di tengah jalan. "Belum ada laporan juga di Unit Laka. Kami minta kalau ada yang merasa dirugikan, tolong melapor," jelas Kumara.

Baca Juga: Polisi Selidiki Aksi Freestyle Meresahkan di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya