Comscore Tracker

Pekan Awal Ramadan, Belum Ada Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Makassar

Petugas pelabuhan antisipasi warga mudik lebih awal

Makassar, IDN Times - Petugas Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar terus memantau situasi penumpang yang hendak mudik melalui Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Sulawesi Selatan. 

"Minggu pertama bulan Ramadan kondisinya masih normal seperti biasa," kata Humas Kesyahbandaran Utama Makassar, Musafir kepada IDN Times saat dihubungi, Senin (19/4/2021).

1. Lonjakan penumpang biasanya terjadi sepekan jelang lebaran

Pekan Awal Ramadan, Belum Ada Lonjakan Penumpang di Pelabuhan MakassarIlustrasi. IDN Times/Hisyam Keleten Kelin

Menurut Musafir, seperti tahun-tahun sebelumnya, lonjakan penumpang yang hendak mudik biasanya terjadi dua hingga sepekan jelang lebaran Idulfitri. "Di minggu-minggu itu biasanya mulai ada tanda-tandanya," ucapnya.

Musafir menjelaskan, pihaknya pelabuhan menyiapkan langkah antisipasi jika terjadi lonjakan penumpang. Salah satunya yaitu dengan menyiapkan aturan agar para penumpang tidak berkerumun saat hendak mudik dengan kapal laut.

"Tapi kita terus memantau agar bisa diatur apalagi ini masih kondisi pandemik COVID-19," ujar Musafir. 

2. Peraturan Menteri Perhubungan jadi rujukan

Pekan Awal Ramadan, Belum Ada Lonjakan Penumpang di Pelabuhan MakassarIlustrasi Kapal Feri (Kapal Penyeberangan) (IDN Times/Sukma Shakti)

Syahbandar juga berkoordinasi dengan sejumlah petugas gabungan, mulai dari otoritas pelabuhan hingga TNI-Polri. Mereka akan membahas bagaimana langkah untuk mengantisiapsi lonjakan penumpang.

Apalagi menurut Musafir, Kementerian Perhubungan telah menerbitkan kebijakan soal mudik dalam masa pandemik COVID-19. "Jadi tentunya kita juga merujuk dalam kebijakan peraturan itu," imbuhnya.

Kebijakan tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021 Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Baca Juga: Warga Kawasan Mamminasata di Sulsel Boleh Mudik Lokal

3. Transportasi laut nonmudik berjalan seperti biasa

Pekan Awal Ramadan, Belum Ada Lonjakan Penumpang di Pelabuhan MakassarTanjung Perak. ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus Purnomo, mengatakan aktivitas angkutan laut nonmudik tetap berjalan normal pada masa Idulfitri 1442 Hijriah, mulai 6 hingga 17 Mei mendatang.

"Mudik menggunakan kapal laut dilarang untuk mencegah terjadinya kerumunan yang berpotensi menularkan virus corona (COVID-19)," ujarnya Sabtu, 17 April 2021 yang dilansir dari ANTARA.

Agus memastikan pada masa Idulfitri nanti aktivitas angkutan laut nonmudik akan tetap berjalan seperti biasa. Seperti kapal kargo yang akan tetap melayani pengiriman barang ke sejumlah wilayah.

Baca Juga: Cegah Mudik Lebaran, Polda Sulsel akan Bentuk Pos Penyekatan

Topic:

  • Sahrul Ramadan
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya