Comscore Tracker

Komplotan Begal di Makassar Ditangkap, Satu Orang Ditembak

Satu di antara pelaku tercatat sebagai residivis

Makassar, IDN Times - Tim Resmob Polsek Panakkukang, Kota Makassar, menangkap tiga orang pelaku pencurian dan kekerasan terhadap seorang wanita di Jalan Dr Leimana, Kamis, 15 April 2021, malam.  

Kapolsek Panakkukang, Kompol Jamal Faturakhman menyebut, masing-masing pelaku, yakni HR (18), MF(19), dan AH (17), masih berstatus sebagai pelajar. 

"HR berusaha untuk melarikan diri dengan cara mendorong petugas sehingga ditembak di kaki kirinya," kata Jamal dalam keterangan tertulisnya kepada jurnalis, Jumat (16/4/2021). 

Baca Juga: Polrestabes Makassar Patroli Cegah Balap Liar selama Ramadan

1. Polisi sita sejumlah barang bukti hasil kejahatan

Komplotan Begal di Makassar Ditangkap, Satu Orang DitembakIlustrasi. Aparat Polsek Panakkukang menangkap 7 orang pemuda dalam kasus pelecehan seksual. IDN Times/Polsek Panakkukang

Ketiganya ditangkap setelah petugas mengetahui keberadaan mereka di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Tamalanrea. Mereka ditangkap bersama barang bukti hasil kejahatan, Jumat, dini hari. 

Barang bukti yang disita antara lain dua unit handphone, satu unit sepeda motor serta satu set senjata tajam yang digunakan dalam beraksi. "Lima mata busur dan 1 ketapel," ucap Jamal. 

2. Satu pelaku adalah residivis dalam kasus yang sama

Komplotan Begal di Makassar Ditangkap, Satu Orang DitembakPetugas Resmob Polsek Panakkukang menangkap komplotan begal sadis di Makassar/Polsek Panakkukang

Dari hasil pemeriksaan itu, petugas kemudian mengetahui bahwa kawanan ini merupakan spesialis yang kerap beraksi di sejumlah lokasi di Kota Makassar sepanjang Januari hingga April 2021. 

Mereka disebut kerap beraksi di sejumlah lokasi dalam kota, seperti kawasan fly over Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Sanrangan, hingga Jalan Paccerakkang, Daya. 

Dalam beraksi mereka tak segan melukai korbannya saat melawan. Sedangkan satu di antara pelaku, yakni HR, diketahui merupakan residivis yang baru bebas dari hukuman atas kasus yang sama pada akhir 2020. 

3. Polisi masih buru enam orang dari komplotan ini

Komplotan Begal di Makassar Ditangkap, Satu Orang DitembakIlustrasi Saksi Mata Pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Jamal menyebut, selain tiga pelaku yang ditangkap, petugas hingga saat ini masih memburu enam orang pelaku lainnya. Mereka tergabung dalam komplotan pelaku kejahatan jalanan. 

Tiga yang telah teridentifikasi adalah, RH, WN dan IP. Tiga lainnya adalah rekan dari WN yang masih berupaya diidentifikasi. Mereka yang ditangkap hingga kini masih diperiksa intensif di kantor Polsek Panakkukang. 

Baca Juga: Kesaksian Warga, Detik-detik Densus Sergap Terduga Teroris MT

Topic:

  • Sahrul Ramadan
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya