Jemaah Bisa Salat Malam dan Iktikaf Ramadan di Masjid Raya Makassar

Pengawasan melibatkan kepolisian

Makassar, IDN Times - Pengurus Masjid Raya Kota Makassar menginzinkan jemaah untuk melaksanakan iktikaf di masjid tersebut, dengan menerapkan protokol kesehatan dan pengawasan ketat.

"Kami juga sudah jalin komunikasi dengan polisi untuk pengamanan apabila jemaah yang melaksanakan salat malam iktikaf menumpuk," kata Imam Masjid Raya Makassar Ustaz Syahrir saat ditemui IDN Times di Masjid Raya Makassar, Jumat (30/4/2021).

1. Jemaah iktikaf wajib menerapkan protokol kesehatan di Masjid Raya Makassar

Jemaah Bisa Salat Malam dan Iktikaf Ramadan di Masjid Raya MakassarMasjid Raya Makassar, Jumat (30/4/2021). IDN Times/Sahrul Ramadan

Syahrir menjelaskan, pengurus masjid telah menyediakan tempat khusus bagi jemaah iktikaf sepanjang bulan Ramadan tahun ini, untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan orang di dalam masjid. 

Menurut Syahrir, rencana pelaksanaan iktikaf itu juga telah dikoordinasikan dengan pihak kepolisian. "Kalau lokasi ini tidak memungkinkan untuk ditempati lagi maka pintu (masjid) di tutup dan diarahkan ke bagian belakang (masjid) kalau tidak hujan," ujar Syahrir. 

Lokasi yang disediakan untuk jemaah iktikaf, kata Syahrir, adalah selasar bagian belakang Masjid Raya Makassar. Lokasi ini menurutnya bisa menampung banyak jemaah. Namun jemaah diimbau untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan seperti menjaga jarak hingga menggunakan masker.

2. Pelaksanaan iktikaf yang baik menurut Ustaz Syahrir

Jemaah Bisa Salat Malam dan Iktikaf Ramadan di Masjid Raya MakassarSuasana Masjid Raya Makassar saat bulan Ramadan, Jumat (23/4/2021). IDN Times/Sahrul Ramadan

Syahrir menjelaskan, pelaksanaan iktikaf yang baik adalah dengan tidak menentukan waktu kapan akan berhenti. "Cuman yang susah kalau kita menentukan waktu bahwa iktikaf satu hari, dia harus keluar setelah dia melewati waktu yang ditentukan," ucapnya. 

Sebaiknya, lanjut Syahrir, jemaah yang hendak iktikaf tidak menentukan durasi waktu saat melaksanakan ibadah malam itu. "Iktikaf itu bisa selesai walaupun kita hanya lima menit, selama niatnya orang beriktikaf begitu keluar dari masjid iktikafnya selesai," imbuhnya. 

Baca Juga: Mudahkan Jemaah, Masjid Al Markaz Sediakan Wadah Donasi Elektronik 

3. Kegiatan keagamaan di Masjid Raya Makassar tetap berjalan

Jemaah Bisa Salat Malam dan Iktikaf Ramadan di Masjid Raya MakassarMasjid Raya Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Di sisi lain, lanjut Syahrir, pelaksanaan kegiatan religi lainnya di Masjid Raya Makassar tetap berjalan. Lagi-lagi dengan pengawasan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari pengajian yang diselenggarakan majelis taklim hingga buka puasa bersama. 

Khusus untuk kegiatan buka puasa bersama, jemaah dianjurkan untuk membawa bekal masing-masing. "Masjid tidak lagi menyediakan (makanan) karena itu tadi kita mengansitipasi ada kerumunan kembali," ungkap Syahrir.

Baca Juga: Masjid Raya Makassar Mulai Gelar Kegiatan Religi Secara Tatap Muka 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya