Comscore Tracker

Jemaah An Nadzir Gowa Tetapkan Lebaran Idul Adha Hari Senin

Penentuan 10 Zulhijjah melalui musyawarah internal

Makassar, IDN Times - Jemaah An Nadzir yang bermukim di Desa Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, akan merayakan lebaran Idul Adha tahun ini lebih awal. Ini merupakan kebiasaan mereka setiap tahun, demikian juga pada hari raya lain seperti Idul Fitri.

"Insya Allah jemaah An Nadzir akan lebaran hari Senin (19/7/2021)," kata Pimpinan Jemaah An Nadzir, ustaz Samiruddin Pademmui saat dikonfirmasi, sabtu (17/7/2021).

Pemerintah sebelumnya menetapkan hari raya Idul Adha atau 10 Zulhijjah 1442 jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021.

Baca Juga: Pemerintah Larang Masyarakat Mudik Saat Idul Adha

1. Penetapan tanggal berdasarkan pemantauan alam dan musyawarah internal

Jemaah An Nadzir Gowa Tetapkan Lebaran Idul Adha Hari SeninMusyawarah jemaah An Nadzir di Gowa. IDN Times/Istimewa

Samiruddin mengungkapkan, penetapan hari raya kurban 1442 Hijriah melalui proses seperti tahun-tahun sebelumnya. Yakni diawali  pemantauan tanda-tanda alam oleh tim 9.

Salah satunya pemantauan purnama yang menandai tanggal 14,15, dan 16 pada penanggalan Hijriah. Hasil pemantauan kemudian dimusyawarahkan.

"Hasil musyawarah tim pemantau bulan dan dihadiri jemaah," ucapnya.

2. Tim 9 juga sempat mengamati fenomena alam gerhana bulan

Jemaah An Nadzir Gowa Tetapkan Lebaran Idul Adha Hari SeninMusyawarah jemaah An Nadzir di Gowa. IDN Times/Istimewa

Samiruddin menjelaskan, tim 9 sebelumnya juga telah memantau fenomena alam lain yang sempat terjadi. Beberapa di antaranya seperti gerhana bulan penuh dan tanda-tanda alam lainnya.

Menurutnya proses penentuan itu yang menjadi pembeda bila dibandingkan dengan penentuan lebaran Idul Fitri. "Idul Adha pada Dzulhijjah itu tidak seperti saat menentukan 1 Syawal di Idul Fitri," katanya.

3. Masih akan membahas untuk menentukan panitia kurban

Jemaah An Nadzir Gowa Tetapkan Lebaran Idul Adha Hari SeninJemaah An-Nadzir saling berpelukan usai melaksanakan Salat Id di halaman masjid perkampungan mereka, Gowa, Sulsel, Rabu (12/5/2021). IDN Times/Istimewa

Pelaksanaan salat Idul Adha 1442 Hijrah akan dilaksanakan di pekarangan dekat Masjid Baitul Muqaddis An Nadzir, Kelurahan Romang Lompoa, Bontomarannu.

Samiruddin mengatakan, pihaknya masih akan membahas kembali penentuan panitia hewan kurban. Termasuk metodenya, mengingat saat ini masih di masa pandemik COVID-19.

"Supaya bisa diurus dan diketahui jemaah yang ingin berkurban," kata dia.

Baca Juga: Jemaah An Nadzir di Sulsel Rayakan Hari Lebaran Rabu 12 Mei 2021

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya